• Ambulance
  • 150 108
  • Chatbot

Kebiasaan Baik Yang Perlu Diajarkan Orang Tua Kepada Anak

Kebiasaan Baik Yang Perlu Diajarkan Orang Tua Kepada Anak

Semua orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh sehat serta bahagia. Namun, tidak sedikit orang tua yang belum mengajarkan bagaimana hidup sehat serta bahagia dengan benar. Semua orang tua harus tahu bahwa rutinitas di masa kecil berdampak pada masa depan anaknya. Berikut ini adalah 7 kebiasaan baik yang perlu diajarkan orang tua kepada anak untuk kesehatan serta hari esok anak-anak kita, yuk simak apa saja hal-hal tersebut.

  1. Melindungi Gigi

Kesehatan gigi merupakan kunci dari kesehatan tubuh. Bila anak tidak diajarkan untuk melindungi kesehatan gigi dan mulut sejak dini, maka hal ini dapat berdampak pada kesehatannya kelak. Kenalkan ia pada sikat serta pasta gigi sejak usia balita, serta anjurkan anak untuk menggosok gigi 2 kali dalam sehari. Ajarkan anak cara menggosok gigi dan menjaga kesehatan rongga mulut.

buat jani dokter primaya
  1. Olahraga

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat anak lebih tertarik bermain bersama gawainya dibandingkan dengan permainan tradisional yang dilakukan di luar ruangan. Hal ini meningkatkan risiko kurangnya aktivitas fisik pada anak. Mereka akan bermain seharian dirumah dan diam duduk tanpa bergerak. Aktivitas fisik yang rendah meningkatkan risiko berbagai penyakit, maka tetap anjurkan anak untuk olahraga, walau sekedar hanya bermain sepeda atau jalan santai. Yakinkan mereka hal ini bermanfaat untuk kesehatannya.

  1. Makan Bergizi

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan industri makanan saat ini berdampak pada pola makan anak. Sebagai akibatnya, banyak ditemukan masalah gizi berupa obesitas dan gizi kurang pada anak. Sebagai orang tua tetap anjurkan anak untuk mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang sehingga tidak mengakibatkan obesitas maupun gizi kurang. Sebab, membiasakan mengkonsumsi makanan bergizi serta sehat dapat menghindarkan anak dari berbagai penyakit di masa depannya.

  1. Menjaga Kesehatan diri
Baca Juga:  Jadwal Vaksin Anak: Jenis dan Jadwal Imunisasi IDAI 2020

Selain menjaga kesehatan gigi, hal yang perlu diajarkan kepada anak sejak dini adalah menjaga kesehatan diri termasuk kebersihan alat kelamin. Ajak anak mengenal cara membersihkan badan dan alat kelaminnya sehingga dapat mencegah dari penyakit. Orang tua juga perlu mengajak anaknya memahami proses pubertas karena pada proses tersebut terdapat banyak perbahan fisik, hormonal serta emosi yang terjadi. Orang tua dapat memberikan penjelasan kepada anak dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti bahwa hanya mereka yang bisa menjaga tubuh mereka sendiri agar selalu sehat, bersih dan terjaga.

  1. Imunisasi

Kesehatan adalah hak setiap anak. Imunisasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar dapat terhindar dari penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi. Dengan kata lain, orang tua berkewajiban memberikan hak anak berupa imunisasi agar anak tetap sehat dan dapat tumbuh berkembang sesuai usianya. Sebagaimana diketahui bahwa anak yang sering sakit dapat berdampak pada proses pertumbuhan dan perkembangannya di masa depan.

  1. Menjaga Emosi
Baca Juga:  Cara Menurunkan Panas pada Bayi

Topik lain yang harus diajarkan pada anak yaitu kesehatan psikologis termasuk menjaga emosi. Ajarkan anak untuk mengelola emosi sejak dini, memahami perasaan anak ketika sedih, marah, maupun bahagia. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mampu mengelola emosi dapat berprilaku lebih baik dan dapat menghindarkannya dari stres sejak kecil.

  1. Menjadi Teladan

Orang tua ada sekolah pertama bagi anak-anaknya, Sehingga sebanyak apapun teori yang diajarkan kepada anak, jika tidak diberikan contoh oleh kedua orang tuanya di rumah, maka mereka belum dapat memahami dan mengaplikasikannya dengan baik. Begitu juga dengan kebiasaan kesehatan yang perlu dimiliki oleh anak, peran orang tua sebagai teladan sangat dibutuhkan agar anak dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari untuk masa depannya. Dan kelak, anak-anak inipun akan menjadi orang tua yang akan mendidik anaknya.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini tentang 7 Kebiasaan baik Yang Perlu Diajarkan Orang Tua Kepada Anak. Semoga bisa memberikan informasi dan menambah wawasan khususnya bagi orangtua dalam mengawasi tumbuh kembang buah kita. Semoga dapat bermanfaat, terimakasih.

 

Narasumber:

dr. Ricca Fauziyah, Sp. A

Spesialis Anak

Primaya Hospital Bekasi Utara

Bagikan ke :

Buat Janji Dokter

Promo

Search

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.