• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Makanan Penyembuh Infeksi Saluran Kemih dan Pencegahannya

Salah satu cara mengatasi ISK adalah konsumsi makanan penyembuh infeksi saluran kemih. Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk membantu proses penyembuhan. Makanan ini mengandung zat yang dibutuhkan oleh penderita ISK lho!

Saat mengalami ISK atau infeksi saluran kemih biasanya penyembuhan menggunakan obat antibiotik dari dokter. Namun, penderita ISK juga dapat mengkonsumsi makanan sehat yang dianjurkan. Apa saja? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

buat jani dokter primaya

Tentang Infeksi Saluran Kemih (ISK)

infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah suatu kondisi ketika sistem kemih mengalami infeksi yang terjadi pada bagian ureter, kandung kemih, uretra, dan ginjal. Penyebab infeksi ini karena bakteri Escherichia Coli yang menyerang kandung kemih dan uretra.

ISK yang tidak segera mendapat penanganan, infeksi bisa sampai ke ginjal. Bahkan, infeksi ini juga dapat menyebar dan menyebabkan respons peradangan di seluruh tubuh.

Sementara tanda atau gejala seseorang terkena ISK adalah sering buang air kecil tetapi urin yang keluar sedikit, rasa sakit saat buang air kecil, dan warna urine keruh atau merah.

Jika mengalami gejala lebih parah, maka periksakan ke dokter untuk mendapat pengobatan. Pengobatan biasanya dengan obat antibiotik pembasmi bakteri penyebab ISK. Selain itu, pengobatan juga bisa dengan makanan penyembuh ISK.

Makanan Penyembuh Infeksi Saluran kemih

infeksi saluran kemih

Pola makan sehat adalah cara efektif mencegah berbagai penyakit, termasuk salah satunya infeksi saluran kemih. Lalu, apa saja jenis makanan penyembuh infeksi saluran kemih yang baik untuk penderita konsumsi? Berikut makanannya:

1. Sayuran Hijau

Makanan tinggi serat yang dikombinasikan dengan minum cukup air dapat membantu meningkatkan pencernaan yang sehat dan buang air besar lebih teratur. Hal ini tidak akan memberi tekanan lebih pada saluran kemih yang terinfeksi.

Ketika pergerakan usus tidak teratur serta saluran kemih tertekan dan menghalangi aliran urine, ini memungkinkan bakteri berkembang. Hal ini menyebabkan infeksi saluran kemih.

Oleh karena itu, makanan serat tinggi secara tidak langsung membantu penderita ISK mengurangi risiko lebih parah. Adapun beberapa sumber makanan kaya serat dapat Anda peroleh dari roti gandum, pisang, apel, dan kacang-kacangan.

2. Sayuran Hijau

Menurut penelitian dalam Journal of Biological Chemistry menunjukan bahwa pola makan sayuran dapat membantu mengatasi ISK. Hal ini karena kandungan dalam sayuran hijau dapat membantu mengurangi keasaman urine.

Baca Juga:  Kandungan Gizi Takjil, Tetap Jaga Asupan Anda!

Penelitian lebih lanjut menunjukan hasil bahwa urine kurang asam dan lebih netral dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab penyakit ISK.

Adapun jenis sayuran yang dapat pengidap ISK konsumsi seperti kubis, brokoli, bayam, selada, dan sayuran hijau lainnya. Sayuran hijau ini memiliki kandungan antioksidan yang secara aktif membantu dalam meminimalkan gejala ISK.

3. Konsumsi Cranberry 

Berdasarkan WebMD menyebutkan cranberry adalah obat alami untuk menyembuhkan ISK selama bertahun-tahun. Hal ini karena fenolik pada buah berry dapat menghambat bakteri E. Coli penyebab ISK tidak masuk ke dalam uretra.

Selain itu, cranberry juga mengandung asam quinic yang berfungsi membunuh bakteri di saluran kemih. Berry lainnya seperti blueberry, strawberry, dan blackberry juga mengandung senyawa yang sama untuk menghambat bakteri ISK.

Meski demikian, Anda harus memperhatikan penggunaan cranberry untuk pengobatan ISK. Jangan konsumsi jus cranberry ketika sedang konsumsi obat pengencer darah

4. Makanan Probiotik

Makanan probiotik adalah jenis makanan sehat yang dapat membantu mengurangi infeksi saluran kemih. Secara khusus, makanan probiotik yang termasuk ke dalam kelompok Lactobacillus dapat membantu pengobatan infeksi saluran kemih.

Adapun jenis makanan probiotik yang dapat Anda konsumsi untuk mengobati ISK adalah yogurt dan produk fermentasi lainnya, termasuk kedelai fermentasi dan mentega susu.

Pada makanan probiotik biasanya dapat kandungan bakteri baik yang dapat membantu mencegah infeksi ISK dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, makanan probiotik juga secara aktif menjaga sistem pencernaan berfungsi dengan baik.

5. Makanan Kaya Vitamin C

Makanan yang mengandung vitamin C merupakan salah satu makanan penyembuh infeksi saluran kemih yang efektif. Makanan dengan kandungan vitamin C ini bisa diperoleh dari jeruk, lemon, strawberry dan sayuran berdaun hijau.

Makanan tinggi vitamin C akan membuat urine lebih asam. Hal ini membantu mencegah bakteri berkembang biak di saluran kemih. Selain itu, makanan vitamin C juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan imun tubuh.

Vitamin C juga bereaksi dengan nitrat dalam urine untuk membentuk nitro oksida yang dapat membunuh bakteri. Hal ini dapat menurunkan pH urine dan membantu mengurangi kemampuan bakteri di dalam saluran kemih bertahan hidup.

Baca Juga:  Menu Sehat Berbuka dengan Kandungan Gizi yang Lengkap

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih

infeksi saluran kemih

Ada beberapa cara mencegah infeksi saluran kemih (ISK), salah satunya yakni minum air putih yang cukup sehingga bakteri dapat keluar dari tubuh melalui urine. Selain itu, terapkan pola hidup yang baik dengan konsumsi makanan sehat.

Ada beberapa makanan dan minuman yang menjadi pantangan bagi penderita ISK. Makanan dan minuman ini tidak boleh konsumsi selama masa penyembuhan, yaitu:

  • Kopi, teh, dan minuman berkarbonasi
  • Hindari makanan pedas
  • Hindari gula dan pemanis buatan
  • Hindari minuman beralkohol

Imbangi pola makan sehat Anda dengan konsumsi makanan kaya akan antioksidan seperti makanan kaya serat, sayuran hijau, dan buah-buahan. Pastikan Anda juga tetap terhidrasi dan jangan menahan keinginan untuk buang air kecil

Kapan Harus ke Dokter?

infeksi saluran kemih

Jika infeksi saluran kemih tidak kunjung sembuh, maka konsultasikan dengan dokter. Dokter mungkin akan memberikan resep obat untuk membantu membasmi bakteri di saluran kemih berupa obat antibiotik yang aman Anda konsumsi.

ISK akan menjadi berbahaya ketika infeksi menyebar ke ginjal. Segera hubungi dokter jika mengalami demam, mual dan muntah. Ini menjadi tanda infeksi yang lebih serius.

Jadi, jika ingin mengatasi ISK supaya tidak berisiko pada ginjal, Anda dapat mengkonsumsi makanan penyembuh infeksi saluran kemih. Ini dapat menjadi upaya mengobati ISK secara alami dengan konsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi.

Narasumber:

dr. A. Faradillah, Sp. GK (K)

Spesialis Gizi Klinik

Primaya Hospital Makassar

Referensi:

  • 8 Herbs and Natural Supplements for UTIs. https://www.healthline.com/nutrition/herbs-for-uti. Diakses 31 Desember 2023.

  • What foods are good to eat when you have a UTI?. https://www.avogel.co.uk/health/cystitis/what-foods-are-good-to-eat-when-you-have-a-uti/. Diakses 31 Desember 2023.

  • 7 Best UTI Home Remedies: How to Treat a UTI without Antibiotics. https://www.medicalnewstoday.com/articles/treat-uti-without-antibiotics. Diakses 31 Desember 2023.

  • Urinary tract infection (UTI) – Symptoms and causes. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/urinary-tract-infection/symptoms-causes/syc-20353447. Diakses 31 Desember 2023.

  • Remedies for UTI. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/remedies-uti. Diakses 31 Desember 2023.

Share to :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.