• Emergency
  • 150 108
  • Chatbot

Tumor Jantung: Bagaimana Cara Penanganan yang Tepat?

Tumor Jantung Bagaimana Cara Penanganan yang Tepat

Tumor jantung adalah salah satu kasus penyakit jantung yang jarang dijumpai. Tapi, ketika dokter mendiagnosis penyakit ini dan ada gejala yang muncul, diperlukan penanganan untuk mencegah perkembangan lebih lanjut sel tumor. Sebab, ada kemungkinan tumor menyebar dari jantung ke organ tubuh lain atau berkembang menjadi kanker yang ganas.

 


Mengenal Tumor Jantung

Tumor adalah jaringan massa abnormal yang terbentuk dari pertumbuhan sel tubuh yang tidak wajar dan di luar kendali. Ketika pertumbuhan jaringan itu berada di jantung, terjadilah tumor jantung. Kebanyakan tumor yang berkembang di jantung adalah tumor sekunder atau bermula dari tumor di organ lain. Tumor primer jantung, yakni tumor yang memang bermula dari jantung, sangat jarang terjadi.

Tumor dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu jinak dan ganas. Tumor disebut jinak jika pertumbuhannya lambat, sedangkan tumor ganas terjadi bila sel yang abnormal berkembang sangat cepat. Tumor ganas sangat mungkin tumbuh menjadi kanker yang lebih berbahaya dan menjalar ke organ tubuh lain di sekitarnya.

Baik tumor jantung jinak maupun ganas sama-sama dapat mengganggu fungsi jantung. Walau demikian, jantung merupakan organ yang terdiri atas sel otot dan jaringan ikat yang pergantian selnya relatif lambat. Karena itu, kemungkinan terjadinya pertumbuhan sel tumor sangat kecil. Jikapun terjadi tumor, umumnya sel berasal dari organ lain, seperti paru-paru, payudara, atau ginjal.

Contoh tumor jinak pada jantung antara lain:

  • Rhabdomyoma: sel tumbuh dari jaringan ikat dan otot. Tumor jantung yang paling banyak ditemui.
  • Fibroma: terbentuk dari sel dan jaringan penghubung, biasanya di ventrikel jantung.
  • Myxoma: sel yang tumbuh tak terkendali berasal dari dinding membagi dua bilik atas jantung.

Sedangkan tumor ganas di jantung di antaranya rhabdomyosarcoma dan fibrosarcoma, yang asalnya sama dengan rhabdomyoma dan fibroma.

 

Gejala Tumor Jantung

Banyak kasus tumor jantung tidak disertai gejala atau tak ada gejala spesifik. Karena itulah diagnosis untuk penyakit ini tidak selalu mudah. Gejala biasanya bergantung pada lokasi tumor dan apakah tumor itu menghambat aliran darah atau menimbulkan gangguan lain pada fungsi jantung.

Baca Juga:  Beragam Prosedur Medis untuk Mengobati Sakit Jantung

Gejala yang mungkin terjadi termasuk:

  • Irama detak jantung tak normal
  • Jantung berdebar-debar
  • Kehilangan kesadaran
  • Kepala terasa ringan
  • Batuk-batuk; batuk berdarah
  • Napas pendek
  • Persendian terasa nyeri
  • Gagal jantung

 

Penyebab Tumor Jantung

Penyebab pasti tumor jantung belum diketahui. Namun ada beberapa faktor risiko atau kondisi tertentu yang diduga bisa menyebabkan pertumbuhan sel abnormal pada jantung. Salah satunya adalah genetik atau riwayat keluarga. Bila ada anggota keluarga yang menderita tumor jantung, anggota keluarga lain kemungkinan besar memiliki penyakit yang sama.

Faktor lainnya termasuk gaya hidup dan konsumsi obat-obatan. Misalnya punya kebiasaan merokok dan/atau menyalahgunakan obat-obatan berbahaya. Masalah pada sistem imun yang membuatnya tak mampu mendeteksi dan melawan pertumbuhan sel abnormal juga bisa berujung pada tumor jantung. Terapi radiasi juga disebut bisa menyebabkan tumor hingga kanker.

 

Diagnosis Tumor Jantung

Karena gejala tumor jantung yang tidak spesifik, sulit untuk mendiagnosis penyakit ini. Dokter harus menjalankan serangkaian pemeriksaan guna menegakkan diagnosis. Pertama-tama, dokter akan memeriksa fisik pasien dan mendengarkan suara jantung menggunakan stetoskop. Bila ada masalah, biasanya terdengar suara mendesir dari jantung. Irama detak jantung juga akan diperiksa.

Guna menunjang diagnosis, dokter perlu melakukan tes pencitraan, antara lain:

  • CT scan: pencitraan menggunakan sinar-X dan komputer untuk mengambil gambar bagian-bagian jantung secara detail
  • Echocardiogram: melihat kondisi jantung menggunakan teknologi gelombang suara
  • Elektrokardiogram: merekam aktivitas kelistrikan jantung
  • Angiografi: pemeriksaan pembuluh darah dengan sinar-X dan cairan kontras
  • MRI: menggunakan medan magnet dan gelombang radio untuk menghasilkan gambar jantung

Dokter juga mungkin akan meminta pasien menjalani tes darah, seperti complete blood count untuk menghitung sel darah.

Baca Juga:  Sering Berdebar Saat Hamil, Apakah Tanda Penyakit Jantung?

 

Pengobatan Tumor Jantung

Sebagian besar tumor jantung adalah tumor jinak dan tak memerlukan pengobatan selama tidak menimbulkan gejala. Jenis tindakan yang tepat untuk tumor pada jantung bergantung pada posisi tumor, jinak atau ganas, sudah menjalar atau masih di satu tempat, serta primer atau sekunder.

Bila diagnosis menemukan tumor ganas, dokter mungkin menjalankan kemoterapi atau komeradiasi atau keduanya sekaligus dengan cara kombinasi. Tujuannya adalah mengecilkan ukuran tumor serta meringankan gejala yang terjadi. Adapun bila tumor berasal dari organ lain, dokter akan menangani tumor primer itu terlebih dulu.

Kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan dan usia pasien juga mempengaruhi pilihan pengobatan. Operasi pengangkatan tumor bisa dilakukan jika memungkinkan. Seusai operasi biasanya pasien masih harus menjalani terapi untuk mencegah kembalinya sel tumor.

 

Pencegahan Tumor Jantung

Upaya pencegahan tumor jantung yang paling utama adalah penerapan gaya hidup sehat. Dengan menjalankan gaya hidup ini, bukan hanya tumor yang bisa dicegah, tapi juga berbagai penyakit lain. Contohnya:

  • Rutin berolahraga
  • Makan makanan gizi seimbang
  • Tidak merokok
  • Tidak menyalahgunakan obat-obatan
  • Menjaga berat badan

Bila ada anggota keluarga yang memiliki tumor atau kanker, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan nasihat medis guna memperkecil risiko terkena penyakit serupa.

 

Narasumber:

dr. Edwin Chandra, Sp.JP

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

Primaya Hospital Sukabumi

 

Referensi:

Cardiac tumours: diagnosis and management. https://heart.bmj.com/content/85/2/218. Diakses 31 Agustus 2021

Cardiac Tumor Imaging and Diagnosis. https://emedicine.medscape.com/article/347878-overview. Diakses 31 Agustus 2021

Cardiac Tumors. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3195386/. Diakses 31 Agustus 2021

Overview of Heart Tumors. https://www.msdmanuals.com/home/heart-and-blood-vessel-disorders/heart-tumors/overview-of-heart-tumors. Diakses 31 Agustus 2021

Characteristics and survival of malignant cardiac tumors. https://www.cardioaragon.com/wp-content/uploads/SurvivalofMalignatCardiacTumors.Circulation.2015.pdf. Diakses 31 Agustus 2021

Atrial myxoma. https://medlineplus.gov/ency/article/007273.htm. Diakses 31 Agustus 2021

Bagikan ke :

Promo

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.