Cara Menyuburkan Kandungan Setelah Berhenti KB

Cara Menyuburkan Kandungan Setelah Berhenti KB

Keluarga Berencana atau KB adalah program pemerintah merencanakan kehamilan. Pasangan menikah diimbau mengikuti program ini demi kepentingan bersama, terutama setelah memiliki anak atau untuk menjaga jarak kelahiran anak. Namun ada kalanya muncul keinginan berhenti KB dengan alasan tertentu. Yang menjadi pertanyaan kemudian adalah bagaimana cara menyuburkan kandungan selepas menjalani program KB.

 

Terdapat berbagai jenis KB yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, di antaranya:

– IUD: singkatan dari intrauterine device, berupa alat yang dimasukkan ke uterus perempuan untuk mencegah sperma membuahi sel telur.

– Kondom: alat kontrasepsi yang umumnya dikenakan oleh pria untuk mencegah sperma masuk ke tubuh perempuan.

– Pil hormon: pil yang mengandung hormon progesteron atau progesteron-estrogen yang harus dikonsumsi rutin.

– Implan: pemasangan alat hormonal di dalam lengan atas yang bisa menghindari kehamilan hingga setidaknya tiga tahun.

– Suntik: mirip dengan metode pil, suntikan harus dilakukan secara rutin dan karena sifat efektivitasnya sementara.

– Tubektomi: jenis KB permanen dengan cara menutup tuba falopi lewat prosedur operasi supaya rahim tak bisa dimasuki sel telur.

Baca Juga:  Trimester Kehamilan Pertama, Terdeteksi Potensi Kelainan Kandungan?

 

Kapan Bisa Hamil Setelah Berhenti KB

Terdapat sejumlah faktor yang mempengaruhi kapan seorang perempuan bisa hamil lagi setelah berhenti KB. Yang pasti, jenis KB yang digunakan akan sangat berpengaruh. Umumnya, periode yang dibutuhkan untuk bisa hamil lagi setelah berhenti KB adalah berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Makin lama KB yang dijalani sebelumnya, makin lama pula cara menyuburkan kandungan kembali.

 

Tips Cara Menyuburkan Kandungan Setelah Berhenti KB

Cara menyuburkan kandungan setelah berhenti KB pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya tak mengikuti KB. Selain dari pihak perempuan, ada peran pihak laki-laki atau suami dalam upaya menyuburkan kandungan setelah lepas KB.

  1. Jaga kesehatan

Menjaga kesehatan adalah cara menyuburkan kandungan yang amat penting. Anda dapat mengupayakannya dengan menerapkan hidup sehat, seperti rajin berolahraga dan makan makanan bergizi seimbang. Jauhi pula kebiasaan yang mengganggu kesehatan, misalnya merokok dan kerap begadang. Bila perlu, konsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh.

  1. Cegah stres
Baca Juga:  Sariawan Pada Ibu Hamil

Stres dapat mempengaruhi kesuburan perempuan. Perempuan yang kerap dilanda stres umumnya memiliki siklus menstruasi yang tak teratur. Ini akan membuat penghitungan masa subur lebih sulit. Stres akan membuat kerja hormon terganggu yang pada akhirnya bisa menghalangi kesuburan.

  1. Jalani tes

Tes medis bisa menjadi cara menyuburkan kandungan setelah lepas dari KB juga sekaligus dapat digunakan untuk mendeteksi adanya gangguan yang mungkin memicu risiko fatal jika perempuan hamil. Tes tersebut antara lain:

Tiga cara menyuburkan kandungan setelah berhenti KB di atas bukanlah penentu utama. Sebab, banyak faktor lain yang bisa menghambat kehamilan lantaran perempuan tak subur lagi, seperti usia yang makin tua, ada penyakit, dan berat badan tidak ideal.

 

Peluang Hamil Setelah Berhenti KB

Peluang hamil setelah berhenti KB tentu lebih rendah dibandingkan dengan perempuan yang tak mengikuti KB. Meski begitu, tetap ada kemungkinan hamil begitu lepas dari KB. Namun sekali lagi mesti ditekankan bahwa peluang itu tergantung jenis KB yang dijalani.

Baca Juga:  Perkembangan Janin Terhambat, Penyebab, Risiko, dan Cara Mencegahnya

Jika sebelumnya mengikuti KB hormonal, peluang hamil lebih rendah. Sebaliknya, bila KB yang dijalani non-hormonal, potensi hamil lebih tinggi. Cara menyuburkan kandungan pada perempuan yang baru lepas dari KB hormonal membutuhkan upaya ekstra. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter bila punya rencana hamil lagi setelah berhenti KB.

 

Ditinjau oleh:

dr. Putu Aditya,M.Biomed, Sp.OG

Spesialis Obstetri & Ginekologi (Kebidanan dan Kandungan)

Primaya Hospital Betang Pambelum

 

Referensi:

http://kesga.kemkes.go.id/images/pedoman/ABPK%20Final.pdf

https://www.sehatq.com/forum/mengembalikan-kesuburan-setelah-suntik-kb-tiap-1-bulan

https://www.sehatq.com/forum/apakah-setelah-lepas-kb-bisa-langsung-hamil

https://www.sehatq.com/forum/efek-ikut-kb-suntik-3-bulan-1x-q15081

Sumber gambar : https://www.freepik.com/premium-photo/doctor-consulting-patient-using-uterus-anatomy-model_6591943.htm#page=1&query=fertilize%20the%20womb&position=11

Bagikan ke :