• Emergency
  • 150 108
  • Chatbot

Persiapan Melahirkan dengan Hypnobirthing

Persiapan Melahirkan dengan Hypnobirthing

Persiapan melahirkan adalah pengalaman seribu rasa. Ada rasa gembira, lega, dan semangat tinggi, tapi ada pula rasa khawatir, cemas, takut, dan bahkan stres. Semua bercampur aduk di dalam pikiran orang tua, terutama sang ibu. Pada umumnya, penantian buah hati memang menggembirakan. Namun tak jarang perasaan yang mendominasi justru kekhawatiran. Meski demikian, ada sejumlah cara untuk mengatasi perasaan itu, misalnya dengan teknik hypnobirthing.

 


Mengenal Hypnobirthing

Hypnobirthing adalah suatu teknik persiapan melahirkan yang bertujuan meredakan rasa sakit dan kecemasan yang berkaitan dengan persalinan menggunakan metode hipnosis, meditasi, relaksasi, pernapasan dalam, serta sugesti dan afirmasi positif. Asal katanya “hypnosis” dan “birthing”.

Hipnosis memainkan peran penting dalam teknik ini. Dengan hypnobirthing, ibu berusaha menghipnosis diri sendiri untuk memfokuskan perhatian dan berkonsentrasi lebih dalam sehingga mengurangi tingkat kesadaran. Tapi, dalam prosesnya, ibu masih bisa merespons sugesti dan afirmasi.

Afirmasi dalam persiapan melahirkan dengan teknik ini misalnya “saya pasti mampu melahirkan bayi saya” atau “saya percaya bayi saya akan lahir dengan lancar dan selamat”. Teknik ini dianggap berguna karena saat akan bersiap melahirkan, ibu biasanya merasa tegang, kaku, dan memproduksi hormon stres lebih banyak. Ibu akan lebih mudah merasakan sakit sehingga mempengaruhi persalinan.

Ibu berupaya melawan perasaan itu dengan teknik hypnobirthing yang dapat meningkatkan produksi hormon oksitosin dan endorfin yang membuatnya tetap tenang dan rileks sehingga proses persalinan lebih lancar.

Sejak ditemukan pertama kali pada 1940-an, teknik ini masih banyak dipakai dalam persiapan melahirkan hingga sekarang. Sejumlah penelitian juga telah dilakukan untuk mengetahui efektivitas dan keamanan hipnosis dalam persalinan.

 

Siapa Saja yang Memerlukan Hypnobirthing

Tinjauan Cochrane terhadap sembilan penelitian yang melibatkan kurang dari 3.000 perempuan pada 2016 mendapati bahwa tidak semua ibu memperoleh manfaat hypnobirthing saat persalinan. Beberapa mengaku frustrasi dan kecewa karena pengalaman persalinannya tidak sesuai dengan harapan.

Baca Juga:  Persiapan Melahirkan Untuk Ibu Positif Covid-19

Sejumlah ibu yang lain kesulitan merasa rileks dengan teknik ini meski telah berusaha keras. Mereka tak mampu membuat diri dalam keadaan rileks dan merespons sugesti serta afirmasi positif. Ada pula ibu yang skeptis terhadap teknik ini dan tak melihat manfaatnya.

Di sisi lain, beberapa ibu yang telah memakai hypnobirthing merasa seperti bermimpi di siang hari. Mereka merasa sangat tenang, rileks, tapi tidak sampai tertidur. Mereka juga menjadi lebih percaya diri untuk melahirkan. Karena itu, tinjauan tersebut menyimpulkan bahwa tidak semua ibu memerlukan teknik hypnobirthing.

Dengan demikian, apakah seorang ibu memerlukan teknik ini dalam persiapan melahirkan atau tidak tergantung keputusan si ibu sendiri. Sebab, hanya ibu yang mengetahui kondisi diri sendiri. Yang harus digarisbawahi adalah perlu konsultasi dengan dokter kandungan bila hendak melahirkan dengan hypnobirthing. Dokter bisa membantu memberikan saran dan nasihat mengenai hypnobirthing sesuai dengan hasil pemeriksaan terhadap ibu dan janin dalam kandungan.

 

Bagaimana Metode Hypnobirthing Dilakukan

Untuk dapat melahirkan secara lancar, ibu harus sepenuhnya tenang, tidak cemas, dan yakin. Dalam kondisi tersebut, otot rahim dapat bekerja secara alami sesuai dengan yang diinginkan dalam proses persalinan. Hypnobirthing dilakukan untuk membantu menciptakan kondisi itu.

Ibu bisa berlatih hypnobirthing dulu sebelum masuk masa hari perkiraan lahir. Tapi biasanya perlu ada fasilitator ahli hipnosis yang hadir saat ibu hendak bersalin dengan metode hypnobirthing. Hypnobirthing umumnya dilakukan dalam persalinan di rumah.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menciptakan situasi dan kondisi yang mendukung, yakni tenang dan menenteramkan. Musik yang lembut dan aromaterapi yang menenangkan bisa membantu. Setelah itu, lakukan gerakan relaksasi untuk mengendurkan otot-otot, dari kaki, tangan, hingga leher.

Baca Juga:  Stimulasi Prenatal Untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Janin

Kemudian pusatkan pikiran dengan mengatur napas. Pandang satu titik agar lebih terfokus pikirkan hal positif. Setelah muncul rasa kantuk, tutup mata dan dengarkan suara musik serta fasilitator lebih dalam. Fasilitator akan memberikan sugesti dan afirmasi positif seputar persalinan yang membuat ibu tenang hingga dapat melahirkan secara lancar.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Hypnobirthing adalah teknik yang membutuhkan latihan. Ibu sebaiknya tidak tiba-tiba memutuskan menggunakan metode ini pada hari-H persalinan. Dibutuhkan setidaknya tiga kali latihan dengan fasilitator agar ibu dapat menguasai teknik tersebut sepenuhnya sebagai persiapan melahirkan. Ikuti arahan fasilitator dan dokter demi keamanan ibu dan sang buah hati.

Setelah mendapat pelatihan di kelas, ibu juga bisa berlatih mandiri di rumah dengan video hypnobirthing dan membaca buku tentang teknik tersebut. Tentukan apakah ibu akan melahirkan di rumah atau di rumah sakit. Rumah sakit juga memiliki fasilitas hypnobirthing bagi ibu yang membutuhkan. Beri tahu dokter bila hendak mempraktikkan teknik itu untuk membantu persalinan. Dengan demikian, dokter, bidan, dan perawat di rumah sakit dapat menyiapkan diri untuk persiapan melahirkan ibu.

 

Narasumber

dr. Sri Kusumawati, Sp. OG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Primaya Hospital Betang Pambelum

 

Referensi:

Pain management for women in labour: An overview of systematic reviews. https://www.cochranelibrary.com/cdsr/doi/10.1002/14651858.CD009234.pub2/full. Diakses 8 Agustus 2020

Hypnosis for pain management during labour and childbirth. https://www.cochranelibrary.com/cdsr/doi/10.1002/14651858.CD009356.pub3/full. Diakses 8 Agustus 2020

Hypnosis: Practical applications and theoretical considerations in normal labour. British Journal of Obstetrics and Gynaecology. https://obgyn.onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1471-0528.1993.tb15234.x. Diakses 8 Agustus 2020

Pain relief in labour. http://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/pages/pain-relief- labour.aspx#Alternative. Diakses 8 Agustus 2020

What is Hypnobirthing? https://myexpertmidwife.com/blogs/my-expert-midwife/what-is- hypnobirthing. Diakses 8 Agustus 2020

Bagikan ke :

Promo

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.