Persiapan Melahirkan Normal di Rumah Sakit, Bunda Harus Tahu

Persiapan Melahirkan Normal di Rumah Sakit, Bunda Harus Tahu

Persiapan melahirkan secara normal kerap menjadi faktor yang menimbulkan kekhawatiran bagi para calon ibu baru. Sebab, tidak ada pengalaman ketika menanti kehadiran sang buah hati sebelumnya. Padahal kedatangan putra atau putri baru semestinya menjadi momen yang menyenangkan.

Meski begitu, wajar jika masih ada perasaan khawatir saat persiapan melahirkan. Bahkan tak mustahil ibu yang sudah punya momongan masih cemas apakah semua persiapannya sudah matang ketika hendak melahirkan lagi.

 

Prosedur Melahirkan di Rumah Sakit

Prosedur melahirkan normal di rumah sakit bisa jadi berbeda, tergantung kelas dan jenis layanan serta aturan rumah sakit itu sendiri. Namun secara umum terdapat kesamaan prosedur yang memudahkan pasien.

Agar tidak terjadi kesalahpahaman, sebaiknya bunda memahami dulu prosedur operasi standar (SOP) rumah sakit yang akan menjadi tempat melahirkan. Pastikan suami dan anggota keluarga lain juga paham. Prosedur itu biasanya meliputi:

– Pendaftaran calon ibu

– Pembayaran

– Pemilihan kelas

– Penanganan persalinan, misalnya soal infus dan induksi

– Aturan di kamar bersalin dan kamar perawatan

Baca Juga:  Persiapan Melahirkan Normal Agar Berjalan Lancar

Yang pasti, rumah sakit akan membantu persiapan melahirkan sepenuhnya dengan memastikan suasana yang tenang dan relaks serta aman bagi bunda serta anggota keluarga. Dari pihak keluarga, satu hal yang paling vital dalam persiapan melahirkan adalah biaya.

Sebelum memilih rumah sakit, bandingkan tarif melahirkan untuk mendapatkan rumah sakit yang sesuai dengan bujet. Jangan hanya melihat tarif melahirkan normal, tapi juga secara caesar untuk berjaga-jaga. Sebab, tarif operasi caesar lebih tinggi ketimbang persalinan normal. Bukan tidak mungkin dari awalnya persalinan normal diubah menjadi caesar karena pertimbangan kondisi calon ibu atau janin.

Prosedur persiapan melahirkan ini berbeda bagi peserta BPJS Kesehatan. Sebab, tarif persalinan menggunakan BPJS bebas biaya alias gratis. Namun ada sederet syarat dan ketentuan yang mesti dipatuhi untuk bisa menikmati layanan tersebut.

 

Perlengkapan Melahirkan untuk Dibawa ke Rumah Sakit

Dalam persiapan melahirkan normal, jangan lupa juga untuk memastikan perlengkapan untuk dibawa ke rumah sakit. Perlengkapan ini mencakup kebutuhan untuk bunda dan bayi yang baru dilahirkan.

Baca Juga:  Mengapa Bisa Menopause Dini?

 

Perlengkapan untuk bunda saat melahirkan

– Baju tidur dan jubah mandi

– Baju berkancing agar mudah menyusui

– Sandal

– Pembalut

– Bra dan bra menyusui

– Breast pad

– Kaus kaki (beberapa pasang)

– Celana dalam

– Ikat rambut

– Perlengkapan mandi: sikat gigi, pasta gigi, sampo, sabun, losion, deodoran

 

Perlengkapan untuk bayi

– Pakaian untuk pulang ke rumah

– Selimut

– Pakaian hangat

– Kaus kaki dan sarung tangan bayi

– Topi

– Popok

– Tisu basah

– Tisu kering

 

Segala jenis perlengkapan untuk persiapan melahirkan tersebut harus disiapkan untuk kebutuhan setidaknya tiga hari. Sebab, masa persalinan hingga perawatan untuk pemulihan bunda dan bayi biasanya memakan waktu tiga hari.

Bagi suamiĀ  atau pendamping, mungkin diperlukan identitas diri seperti kartu tanda penduduk untuk pendaftaran. Khusus buat peserta BPJS Kesehatan, jangan lupa bawa surat rujukan dan kartu BPJS.

Menjalani persiapan melahirkan bisa menjadi pengalaman mendebarkan yang tak terlupakan, terutama untuk anak pertama. Rumah sakit lazimnya menyediakan kursus atau kelas persalinan bagi yang hendak menyambut kedatangan buah hati. Tanyakan ke dokter kandungan perihal kursus tersebut.

Baca Juga:  Tips Pemeriksaan Kehamilan Selama Pandemi Covid-19

Manfaatkan kursus ini untuk mendapat pengetahuan seputar persiapan melahirkan. Pengetahuan itu tak hanya mencakup prosedur dan perlengkapan melahirkan, tapi juga teknik dan cara agar persalinan berjalan lancar. Bagi calon ibu baru, kursus ini akan sangat memberikan manfaat.

 

Ditinjau oleh:

dr. Christina Sitorus,Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi (Kebidanan dan Kandungan)

Primaya Hospital Bekasi Barat

 

Referensi:

https://id.theasianparent.com/perlengkapan-melahirkan-bayi

https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000543.htm

https://www.ibi.or.id/id/article_view/A20150117018/konsep-persalinan-normal.html

https://www.ibupedia.com/artikel/kehamilan/17-pertanyaan-wajib-sebelum-melahirkan-dengan-bpjs

Bagikan ke :