Imunisasi Anak

imunisasi anak, rumah sakit primaya

Perlindungan terhadap kesehatan anak Anda adalah prioritas bagi kami. Primaya Hospital memahami bahwa kesehatan Anda dan keluarga adalah hal yang sangat penting, terutama kesehatan buah hati. Imunisasi adalah cara terbaik untuk melindungi buah hati Anda dari penyakit. Jadwalkan imunisasi anak Anda sejak kelahirannya karena bayi dan balita sangat rentan terhadap penyakit. Dengan melakukan imunisasi anak, Anda dapat melindungi keluarga Anda dan lingkungan Anda agar tetap sehat.

Imunisasi perlu dipahami bahkan dalam masa kehamilan karena terdapat imunisasi yang perlu diberikan pada hari lahir bayi. Pastikan untuk bertanya pada Dokter Spesialis Kandungan Anda mengenai imunisasi anak yang perlu langsung dilakukan. Berkonsultasilah dengan Dokter Spesialis Anak untuk menangani buah hati Anda bahkan sesaat setelah proses melahirkan.

Beberapa orang berkeyakinan bahwa imunisasi hanya bisa diberikan setelah masuk sekolah. Namun, imunisasi ketika bayi dan imunisasi ketika usia sekolah biasanya merupakan imunisasi yang berbeda. Imunisasi anak pada dasarnya adalah sebuah langkah pencegahan agar buah hati Anda selalu terlindungi ketika masuk dalam lingkungan sosial. Oleh sebab itu, pemberian imunisasi sebaiknya dilakukan sebelum anak Anda berhubungan dengan lingkungan luar atau lingkungan sosial dan penting untuk memastikan agar jadwal imunisasi buah hati Anda tidak terlewat.


Jadwal Imunisasi Anak

Ketika bayi baru lahir Hepatitis B-1
Polio-0
BCG
Usia 2 bulan Hepatitis B-2
Polio-1
DTP-1
Hib-1
PCV-1
Rotavirus-1
Usia 3 bulan Hepatitis B-3
Polio-2
DTP-2
Hib-2
Usia 4 bulan Hepatitis B-4
Polio-3
DTP-3
Hib-3
PCV-2
Rotavirus-2
Usia 6 bulan PCV-3
Rotavirus-3
Influenza
Usia 9 bulan Campak-1
Usia 12 bulan Varisela
PCV-4
Japanese encephalitis-1
Usia 15 bulan Hib-4
MMR-1
Usia 18 bulan Polio-4
DTP-4
Campak-2
Influenza
Usia 24 bulan Tifoid
Hepatitis A
Japanese encephalitis-2


Dampak Imunisasi Anak

Biasanya, anak-anak tidak mendapatkan dampak serius dari imunisasi yang dilakukan. Efek samping yang paling umum terjadi adalah rasa pegal sementara pada bagian yang disuntik. Selain itu, terdapat dampak ringan lain yang dapat terjadi setelah buah hati Anda melakukan imunisasi yaitu seperti ruam pada daerah suntikan, demam rendah, menggigil, atau pusing.

Dampak imunisasi anak yang serius biasanya sangat jarang terjadi. Hanya terdapat 1 atau 2 anak dari 1 juta anak yang mengalami dampak serius setelah imunisasi. Hal ini biasanya terjadi karena alergi.

Konsultasikan dengan Dokter Spesialis Anak Anda mengenai imunisasi yang akan dilakukan oleh anak Anda. Catat dan pahami setiap imunisasi yang dilakukan, terutama imunisasi dasar wajib. Amati anak Anda setelah imunisasi dan bawa anak Anda ke dokter apabila terdapat efek yang janggal. Perlu diingat bahwa imunisasi anak penting untuk menjaga anak Anda dari penyakit-penyakit serius yang dapat dicegah.

Baca juga : Pentingnya Imunisasi Anak Saat Pandemi Covid-19


Pengertian dan Jenis Imunisasi Anak

Pengertian Imunisasi Hepatitis B adalah imunisasi untuk mencegah virus Hepatitis B yang dapat menyerang dan merusak hati. Bila virus ini terus menjangkit hingga usia anak dewasa, maka virus ini dapat berpotensi menjadi kanker hati.

Definisi Imunisasi Polio adalah imunisasi anak untuk mencegah serangan virus polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan. Sedangkan, pengertian Imunisasi BCG adalah imunisasi anak untuk mencegah tuberkulosis paru, kelenjar, tulang dan radang otak yang bisa menimbulkan kematian atau kecacatan.

Imunisasi DPT adalah imunisasi anak untuk mencegah 3 penyakit yaitu Difteri, Pertusis dan Tetanus. Penyakit Difteri dapat menyebabkan pembengkakan dan sumbatan jalan nafas serta mengeluarkan racun yang dapat melumpuhkan otot jantung. Penyakit Pertusis berat dapat menyebabkan infeksi saluran nafas berat (Pneumonia). Sedangkan, Tetanus dapat mengeluarkan racun yang menyerang saraf otot tubuh sehingga otot menjadi kaku, sulit bergerak, dan bernafas. Pengertian imunisasi anak lainnya adalah:

Primaya Hospital menyediakan Dokter Spesialis Anak untuk melayani buah hati Anda. Pusat Layanan Ibu dan Anak merupakan salah satu layanan unggulan Primaya Hospital. Lihat jadwal Dokter Spesialis Anak kami  di sini.

Simak artikel kesehatan mengenai imunisasi lainnya di sini

Tersedia di :
Primaya Hospital Karawang Primaya Hospital Bekasi Utara Primaya Hospital Inco Sorowako Primaya Hospital Bekasi Barat Primaya Hospital Bekasi Timur Primaya Evasari Hospital Primaya Hospital Betang Pambelum Primaya Hospital Makassar Primaya Hospital Tangerang