COVID-19 VARIAN B117 UK: DAMPAKNYA  BAGI MASYARAKAT & PROGRAM VAKSINASI

Jakarta, 7 Maret 2021 – Kemenkes telah memberikan informasi resmi terkait ditemukannya kasus pasien yang terinfeksi Covid-19 varian B117 UK. Apa itu Covid-19 varian B117 UK dan bagaimana virus tersebut dapat terbentuk?

Menurut dr. Haryanto Utama, Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Tangerang, Covid-19 varian B117 UK adalah salah satu varian virus Covid-19 yang telah mengalami mutasi secara struktur.

dr. Kathi Swaputri, Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Bekasi Utara mengatakan bahwa huruf B pada B117 sendiri memilki arti British dan angka 117 itu merupakan kode jenis virus Covid yang ada di British (UK). Penamaan itu sendiri terdaftar dalam Gisaid.com. Covid-19 varian B117 UK ini sudah ada di 37 negara termasuk Florida, California, and Colorado. “Dengan semakin tidak terkontrolnya Covid-19, maka akan ada kecenderungan virus tersebut termutasi,” ujar dr. Kathi Swaputri, Sp.PD.

dr. Kathi Swaputri, Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Bekasi Utara menambahkan bahwa cara penyebaran Covid-19 varian B117 UK ini serupa dengan penyebaran Covid-19 yaitu:

  1. Menghirup percikan ludah atau droplet dari pasien saat batuk atau bersin.
  2. Kontak erat dengan orang yang sudah terinfeksi (bersentuhan, berjabat tangan, dan berbicara dengan jarak dekat tanpa menggunakan masker).
  3. Kontak dengan benda-benda yang terkontaminasi virus dan menyentuh area hidung, mata, dan mulut tanpa cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu.

 

DR. dr. M. Harun Iskandar, Sp.PD, Sp.P (K), Dokter Spesialis Paru di Primaya Hospital Makassar mengatakan bahwa penyebaran Covid-19 varian B117 UK memiliki tingkat transmisi yang lebih tinggi 70% dari Covid-19 sebelumnya yang belum termutasi.

“Menurut peneliti, karakterisik Covid-19 varian B117 UK ini lebih mudah menempel pada sel inang dan menginfeksinya dibandingkan Covid-19 yang belum termutasi. Covid-19 varian B117 UK sendiri tidak lebih berbahaya akan tetapi tingkat penyebarannya dapat dikatakan sangat tinggi,” ujar dr. Haryanto Utama, Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Tangerang.

Kemudian, bagaimana cara pembentukan Covid-19 varian B117 UK di dalam tubuh manusia? dr. Kathi Swaputri, Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Bekasi Utara menjelaskan bahwa sama hal nya dengan Covid-19 yang merupakan Sars Cov 2, virus menempelkan dirinya pada sel dalam tubuh kita terutama sel di bagian respiratory (paru) dan selanjutnya melakukan replikasi dengan jumlah yang cukup besar hingga menimbulkan gejala sistemik (baik ringan maupun berat).

Adapun gejala yang dirasakan antara Covid-19 varian B117 UK dengan Covid-19 yang belum termutasi dapat dikatakan hampir sama. “Hanya saja Covid-19 varian B117 UK lebih mudah menular,” ujar DR. dr. M. Harun Iskandar, Sp.PD, Sp.P (K), Dokter Spesialis Paru di Primaya Hospital Makassar.

dr. Haryanto Utama, Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Tangerang mengatakan bahwa bentuk penyakit awal yang dapat muncul dari Covid-19 varian B117 UK ini sama dengan Covid-19 sebelum termutasi yaitu sesak napas, gangguan penciuman, diare, batuk pilek, dan demam. “Gejala yang timbul mirip ISPA namun memang menurut para ahli di UK, beberapa pasien mengalami kondisi berat akibat gangguan pernapasan,” ujar dr. Kathi Swaputri, Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Bekasi Utara.

dr. Haryanto Utama, Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Tangerang menjelaskan bahwa untuk pengobatan pasien yang terpapar Covid-19 varian B117 UK ini masih sama dengan Covid-19 yang belum termutasi yaitu jika gejala ringan atau tanpa gejala bisa dengan melakukan isolasi mandiri dengan tetap menjaga asupan nutrisi yang seimbang. Jika pasien mengalami gejala sedang atau berat, maka sebaiknya pasien memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan agar mendapatkan terapi yang sesuai. “Segera periksakan diri Anda ke fasilitas kesehatan terdekat untuk melakukan skrining dan pengobatan yang sesuai jika Anda mengalami gejala-gejala Covid-19 varian B117 UK ini,” ujar dr. Haryanto Utama, Sp.PD.

“Selalu terapkan social distancing, gunakan masker, hindari kerumunan, rutin mencuci tangan, jaga imunitas, dan ikut vaksinasi untuk mencegah terpapar Covid-19 varian B117 UK,” ujar DR. dr. M. Harun Iskandar, Sp.PD, Sp.P (K), Dokter Spesialis Paru di Primaya Hospital Makassar.

Berbicara tentang pengaruh Covid-19 varian B117 UK dengan program Vaksinasi Covid-19, DR. dr. M. Harun Iskandar, Sp.PD, Sp.P (K), Dokter Spesialis Paru di Primaya Hospital Makassar menyarankan agar masyarakat tetap mengikuti vaksinasi karena secara teori virus ini hanya berubah sebagian dari Covid-19 yang belum termutasi sehingga antibodi yang terjadi setelah vaksin masih dianggap bisa mencegah paparan Covid-19 varian B117 UK.

dr. Haryanto Utama, Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Tangerang mengatakan bahwa terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa perubahan struktur virus Covid-19 varian B117 UK tidak terlalu signifikan dari Covid-19 yang belum termutasi sehingga program Vaksinasi Covid-19 masih cukup ampuh dalam menghalang penyebaran virus.

——-

Primaya Hospital Group adalah Rumah Sakit yang menyediakan standar pelayanan prima yang mengutamakan mutu keselamatan pasien. Hal tersebut tercermin dari telah terakreditasinya Primaya Hospital Group tingkat nasional oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dan dua dari rembilan  rumah sakit kami telah terakreditasi internasional oleh Joint Commission International (JCI). Kami memberikan layanan kesehatan yang menyeluruh untuk masyarakat Indonesia dan warga negara asing (WNA) serta memberikan layanan pasien dengan jaminan Perusahaan/Asuransi/BPJS/KIS dengan teknologi terbaik. Untuk menjangkau kebutuhan kesehatan masyarakat. Primaya Hospital Group tersebar di wilayah dan kota-kota besar di Indonesia dengan lokasi strategis dan mudah diakses sehingga kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan dapat terpenuhi dengan baik. Kami memiliki layanan unggulan bagi para pasien yaitu pusat layanan jantung dan pembuluh darah, layanan ibu dan anak, layanan trauma, serta layanan kanker. Primaya Hospital Group memiliki fasilitas pelayanan yang lengkap diantaranya layanan Gawat Darurat, Radiologi, Laboratorium, dan Farmasi yang hadir selama 24 jam. Selain itu, kami memiliki area parkir yang luas, ruang edukasi pasien, ruang poli yang nyaman, ruang laktasi, area bermain di Poli Anak, ATM Center, Musholla, WiFi untuk keluarga pasien, kantin, dan area lobi.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

Hanie Dewita (Hanie)

Head of Marketing and Corporate Communication

Primaya Hospital Group

Bagikan ke :