CABG, Operasi Jantung

operasi jantung cabg, rumah sakit awal bros, operasi jantung

Primaya Hospital menyediakan layanan Coronary Artery Bypass Graft (CABG) sebagai salah satu bagian dari Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah. Operasi jantung CABG adalah tindakan by pass atau tindakan operasi jantung dengan menggunakan fasilitas termuktahir yaitu dengan heart lung machine. Alat tersebut dapat menggantikan fungsi jantung di saat jantung tersebut sedang dilakukan operasi.


Operasi Jantung CABG dan Penyakit Jantung Koroner

Perlu kita sadari, jantung kita berdetak tanpa berhenti setiap saat. Untuk dapat melakukan fungsinya, jantung kita membutuhkan aliran darah yang tidak berhenti melalui 3 pembuluh darah yang ada di jantung yaitu pembuluh darah koroner di sebelah kanan, di kiri depan, dan di kiri belakang. Penyakit jantung koroner terjadi ketika terdapat penyumbatan pada pembuluh darah.

CABG adalah operasi jantung yang merupakan salah satu metode pengobatan jantung koroner. Dalam operasi jantung ini, akan dibuat saluran baru untuk mengatasi pembuluh darah yang mengalami penyempitan atau penyumbatan. Penyempitan salah satunya diakibatkan oleh akumulasi lemak di dinding pembuluh darah yang muncul dari gaya hidup yang kurang baik. Namun, tidak semua penyakit jantung koroner membutuhkan operasi jantung CABG. Pengobatan jantung koroner dapat menggunakan cara lainnya tergantung tingkat keparahannya.


Tujuan Operasi Jantung CABG

CABG bertujuan untuk mengatasi kurang atau terhambatnya aliran darah akibat adanya penyempitan bahkan penyumbatan darah ke otot jantung yang akan menyebabkan penyakit jantung. Sumbatan bisa juga disebabkan oleh gumpalan yang akan menghambat supply darah ke jantung sehingga menyebabkan serangan jantung. Sebelumnya, Dokter Spesialis Jantung Anda akan memastikan daerah yang mengalami penyempitan atau penyumbatan melalui kateterisasi jantung. CABG adalah tindakan yang diambil dengan rekomendasi dari Dokter Spesialis Jantung. Dengan melakukan CABG, pasien akan dapat melakukan kegiatan dengan lebih luas, tidak seperti sebelum CABG yang memiliki banyak kegiatan pantangan penyakit jantung.


Operasi Jantung CABG untuk Pengobatan Jantung Koroner

Operasi jantung CABG dilakukan pada pasien yang tidak dapat disembuhkan dengan pemasangan ring jantung atau jika terdapat lebih dari satu arteri koroner yang tersumbat. Operasi jantung CABG merupakan salah satu metode pengobatan jantung koroner. Meskipun risiko operasinya dianggap tinggi, operasi CABG sendiri memiliki manfaat yang sangat banyak untuk pengobatan jantung koroner. Pasien yang melakukan operasi jantung CABG dapat hidup beberapa tahun tanpa gejala penyakit jantung yang muncul sehingga pasien dapat memiliki kualitas hidup yang meningkat.

Operasi CABG merupakan bagian dari Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah Primaya Hospital. Selain operasi CABG, Anda juga dapat melakukan pemeriksaan Elektrofisiologi, pemeriksaan Elektrokardiogram (EKG) jantung, tes treadmill jantung, pemasangan ring jantung, dan lain sebagainya.

Tersedia di :
Primaya Hospital Tangerang Primaya Hospital Bekasi Barat