• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Endoscopic Hidung, Cek Kesehatan Rongga Hidung dan Sinus

Endoscopic Hidung, Cek Kesehatan Rongga Hidung dan Sinus

Endoskopi hidung alias Nasal endoscopic  adalah prosedur diagnostik yang kerap menjadi pilihan ketika ada gangguan kesehatan yang bersumber dari hidung pasien. Dengan prosedur ini, dokter dapat memeriksa bagian dalam hidung pasien secara langsung tanpa lewat pembedahan.

Mengenal Endoscopic Hidung

Endoscopic hidungl adalah salah satu prosedur diagnostik yang bertujuan memeriksa rongga hidung dan sinus menggunakan endoskop. Endoskop adalah perangkat medis yang terdiri atas tabung tipis yang dilengkapi kabel serat optik untuk penerangan dan kamera mungil. Alat ini terhubung dengan layar komputer di mana dokter dapat mengamati bagian dalam hidung dengan detail. Endoskop berukuran kecil dan ramping sehingga gampang dimasukkan lewat lubang hidung guna mengecek kondisi saluran sinus dan struktur hidung.

buat jani dokter primaya

Dokter kerap menjalankan prosedur endoscopic hidung untuk mendiagnosis berbagai kondisi medis yang berkaitan dengan rongga hidung, antara lain dengan pengambilan sampel jaringan untuk diperiksa lebih lanjut di laboratorium. Prosedur ini juga bisa sekaligus dilakukan untuk mengobati kondisi tersebut. Menurut riset, endoskopi hidung merupakan teknik diagnostik yang lebih baik dalam mendeteksi berbagai masalah kesehatan pada rongga hidung dan sinus, termasuk anatominya.

Endoscopic hidung membuat dokter dapat menegakkan diagnosis yang akurat serta merancang perawatan yang sesuai dengan masalah kesehatan yang teridentifikasi. Sebagai prosedur minimal invasif, endoskopi hidung juga bisa dijalankan tanpa perlu rawat inap bagi pasien.

Siapa Saja yang Memerlukan

Seseorang mungkin memerlukan endoscopic hidubg ketika mengalami masalah tertentu yang berkaitan dengan saluran atau anatomi hidung. Berikut ini di antaranya:

  • Sinusitis kronis: orang yang mengalami peradangan berulang pada rongga sinusnya bisa jadi membutuhkan endoscopic hidungl untuk memperoleh diagnosis dan perawatan yang lebih tepat
  • Polip hidung: endoskopi hidung bisa membantu pemantauan dan pengendalian pertumbuhan jaringan berlebih di dalam hidung yang dapat mengganggu pernapasan
  • Mimisan berulang: bila seseorang kerap mengalami mimisan atau perdarahan hidung, endoscopic hidungl mungkin dibutuhkan untuk mengidentifikasi penyebabnya serta menentukan penanganan medis yang sesuai
  • Cedera hidung: endoskopi hidung berguna untuk menilai kerusakan yang terjadi di dalam hidung ketika terjadi cedera seperti patah tulang hidung
Baca Juga:  Neuro Spine, Solusi Gangguan Sistem Saraf Tulang Belakang

Kapan Seseorang Memerlukan Tindakan

Seseorang mungkin membutuhkan endoscopic hidungl jika dokter membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai masalah kesehatan terkait dengan hidung yang dialami, misalnya:

  • Hidung mampet
  • Hidung tersumbat
  • Infeksi rongga dan sinus hidung
  • Polip
  • Tumor
  • Mimisan
  • Kehilangan kemampuan penciuman
  • Kebocoran cairan serebrospinal

Manfaat/Tujuan

Endoscopic hidungl dapat memperlihatkan detail spesifik seperti titik mimisan atau pembengkakan jaringan hidung. Adanya pertumbuhan massa di dalam hidung yang diduga kanker juga dapat terlihat lewat prosedur endoscopic hidung. Kadang endoskopi hidung juga dibutuhkan untuk memastikan hasil pemeriksaan dengan metode lain sebelumnya.

Dalam kasus tertentu, endoskopi hidung juga bisa diterapkan sebagai bagian dari prosedur perawatan. Misalnya mengangkat benda asing di dalam hidung. Selain itu, dokter dapat menjalankan endoscopic hidung guna mengecek seberapa efektif pengobatan yang sebelumnya dilakukan. Contohnya apakah polip hidung sudah mengecil atau belum.

Persiapan Sebelum Menjalani Endoscopic Hidung

Dokter akan menginformasikan apa saja persiapan yang perlu dilakukan sebelum menjalani endoscopic hidungl. Termasuk berpuasa makan dan minum sejak semalam sebelumnya. Sebelum prosedur, pasien juga perlu memberitahukan kepada dokter bila sedang mengonsumsi obat atau suplemen tertentu. Pasien harus memastikan apakah ada obat-obatan yang perlu dihentikan konsumsinya karena bisa meningkatkan risiko komplikasi atau mempengaruhi prosedur, misalnya obat pengencer darah.

Prosedur dan Pelaksanaan

Dokter memulai prosedur endoscopic hidungl dengan menyemprotkan atau meneteskan dekongestan dan obat anestesi lokal untuk membuat hidung mati rasa. Dengan begitu, pasien tak merasakan apa pun pada hidungnya nanti tatkala prosedur berlangsung.

Bila efek obat-obatan sebelumnya sudah bekerja, dokter akan memasukkan endoskop lewat lubang hidung pasien. Dari kamera dan cahaya yang menyinari, hasilnya adalah gambar saluran dan sinus hidung pasien pada layar komputer di ruang tindakan.

Baca Juga:  Terapi Wicara, Solusi untuk Keterlambatan Bicara?

Dokter lantas memeriksa bagian dalam hidung tersebut dan mengambil tindakan sesuai dengan hasil pemeriksaan.

Perawatan Pasca Endoscopic Hidung

Seusai tindakan endoscopic hidungl, pasien umumnya perlu menjalani pemulihan yang sebentar lalu bisa pulang setelahnya. Banyak orang yang setelah menjalani tindakan endoskopi nasal masih bisa berkegiatan secara normal. Namun sebaiknya pasien tidak melakukan aktivitas yang sibuk dan berat hingga berisiko menambah beban pada hidung.

Untuk merawat kondisi hidung, dokter bisa memberikan pedoman mengenai cara membersihkan hidung dengan perlahan dan lembut. Semprotan hidung khusus atau larutan garam bisa digunakan untuk membersihkan sekaligus menekan risiko infeksi.

Adakah Efek Samping

Secara umum, endoscopic hidungl adalah prosedur medis yang relatif memiliki risiko rendah. Namun, seperti layaknya prosedur medis lain, ada risiko efek samping atau komplikasi yang membutuhkan perhatian. Di antaranya:

  • Perdarahan
  • Hidung terasa gatal dan tidak nyaman
  • Hidung membengkak
  • Alergi

Endoscopic Hidung di Primaya Hospital

Primaya Hospital dapat menjalankan prosedur endoscopic hidung  sebagai bagian dari layanan telinga-hidung-tenggorokan umum. Prosedur ini penting dalam diagnosis dan pengobatan sederet masalah hidung yang mempengaruhi kualitas hidup. Dengan tim medis yang profesional dan peralatan canggih, Primaya Hospital mengutamakan kenyamanan dan keamanan pasien dalam endoskopi nasal dan prosedur lain.

 

Narasumber:

dr. Tantri Kurniawati, SpTHT- KL, M. Kes

Spesialis THT

Primaya Hospital Karawang

 

Referensi:

  • What is a Nasal Endoscopy Procedure? (Indications, Side Effect & Uses). https://www.houstonent.com/blog/what-is-a-nasal-endoscopy-procedure-indications-side-effect-uses. Diakses 7 November 2023
  • Nasal Endoscopy. https://www.hopkinsmedicine.org/health/treatment-tests-and-therapies/nasal-endoscopy. Diakses 7 November 2023
  • Nasal Endoscopy. https://my.clevelandclinic.org/health/diagnostics/22156-nasal-endoscopy. Diakses 7 November 2023
  • Nasal Endoscopy. https://emedicine.medscape.com/article/1890999-overview?form=fpf. Diakses 7 November 2023
  • Nasal Endoscopy Versus Other Diagnostic Tools in Sinonasal Diseases. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4899354/. Diakses 7 November 2023
  • Nasal Endoscop Sinus Center. https://med.stanford.edu/ohns/OHNS-healthcare/sinuscenter/resources/patient_guides/endoscopy.html. Diakses 7 November 2023
Share to :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.