• Emergency
  • 150 108

Ambulance Call Center: Kondisi Gawat Darurat? Hubungi 150 108

Ambulance Call Center: Kondisi Gawat Darurat? Hubungi 150 108

Sudah punya nomor ambulance di ponsel masing-masing? Jika belum, kini saatnya mencatat nomor layanan ambulance. Ketika ada kondisi gawat darurat, entah pada diri sendiri ataupun orang lain, nomor itu bisa cepat dihubungi guna mendapat pertolongan medis sesegera mungkin.

 


Mengenal Ambulance

Ambulance adalah sarana transportasi yang menyediakan layanan pengangkutan dari ataupun ke rumah sakit, baik bagi pasien yang mengalami kondisi gawat darurat maupun tidak. Layanan ambulance seringnya spesifik diakses pasien dengan penyakit dan/atau cedera yang menurut pasien itu merupakan keadaan darurat medis.

Ambulance adalah bagian dari sistem pelayanan kesehatan yang disediakan oleh berbagai lembaga, khususnya rumah sakit. Ambulance terintegrasi dengan layanan dan sistem rumah sakit untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan masyarakat. Moda transportasi yang paling sering digunakan sebagai ambulance adalah mobil.

Layanan ambulance dilengkapi dengan berbagai perlengkapan medis yang berfungsi menunjang perawatan pasien selama dalam perjalanan hingga tiba di rumah sakit. Terdapat pula petugas medis yang kompeten dan dapat memberikan pertolongan pertama kepada pasien yang membutuhkan.

Berdasarkan tujuannya, terdapat dua jenis ambulance, yakni:

  • Kendaraan pengangkut pasien
  • Kendaraan penyelamat darurat

Sebagai kendaraan pengangkut pasien, ambulance bisa membawa pasien yang tengah dalam kondisi medis yang mengancam jiwa ataupun tidak. Sedangkan sebagai kendaraan penyelamat darurat, ambulance berfungsi mengangkut pasien yang sedang dalam kondisi gawat darurat.

Selain mobil, ada ambulance dalam bentuk sarana transportasi seperti sepeda motor, sepeda, helikopter, pesawat, kapal, hingga mobil golf dan ATV. Moda transportasi ambulance ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi geografis daerah yang mendapat layanan ambulance. Misalnya di wilayah pedalaman, ambulance yang lebih dibutuhkan adalah yang berupa helikopter. Sedangkan di perkotaan bentuknya adalah mobil van.

Baca Juga:  Tips Berpuasa untuk Penderita Penyakit Maag

 

Siapa Saja yang Memerlukan Ambulance?

Siapa pun yang membutuhkan bantuan medis darurat bisa mengakses ambulance. Anda bisa memanggil ambulance bila Anda atau orang lain dalam kondisi berikut ini:

  • Jiwanya tampak terancam karena masalah medis
  • Kondisinya bisa memburuk atau mengancam jiwa dalam perjalanan ke rumah sakit
  • Mengalami cedera atau membahayakan jiwanya jika berpindah ke rumah sakit
  • Membutuhkan keterampilan dan/atau peralatan paramedis atau petugas kesehatan darurat
  • Terlambat sampai ke rumah sakit bila mengemudi sendiri
  • Terlalu lemah atau sama sekali tak sanggup datang sendiri ke rumah sakit

 

Pelayanan Ambulance di Primaya Hospital

Primaya Hospital sebagai rumah sakit yang memiliki tim medis berkompeten dan peralatan terkini menyediakan layanan ambulance selama 24 jam. Ambulance Primaya Hospital tergabung dengan unit gawat darurat yang ditangani oleh dokter senior dan dokter jaga dengan beragam spesialisasi.

Layanan ambulance Primaya Hospital juga dilengkapi dengan perlengkapan penunjang keselamatan hidup pasien seperti ventilator portabel dan defibrilator. Layanan itu mencakup:

  • Pemindahan pasien antar-rumah sakit
  • Pengangkutan pasien dari rumah ke rumah sakit
  • Pemulangan pasien
  • Pengawalan
  • Kebencanaan

 

Keunggulan Ambulance Call Center

Selain tersedia 24 jam, layanan ambulance Primaya Hospital memiliki call center yang mudah dihubungi. Petugas call center yang bersiaga di instalasi gawat darurat memiliki timeline sejak panggilan masuk ke nomor ambulance hingga keberangkatan ambulans.

Secara garis besar, timeline itu berlangsung selama 10 menit. Artinya, jarak antara panggilan telepon dari pasien hingga ambulans berangkat adalah 10 menit. Tapi timeline ini bisa lebih lama bila ada kendala tertentu.

Jika ambulance di cabang Primaya Hospital yang dihubungi sedang melayani pasien lain, operator call center akan menghubungkan dengan cabang Primaya Hospital terdekat. Cabang Primaya Hospital inilah yang akan mengerahkan ambulance yang diperlukan pasien.

Baca Juga:  Layanan Ambulans 24 Jam di Primaya Hospital - 150 108

 

Kapan Ambulance Diperlukan?

Layanan ambulance utamanya diperlukan untuk kondisi gawat darurat yang mengancam jiwa. Contohnya:

  • Hilang kesadaran
  • Keadaan bingung akut
  • Pusing terus-menerus
  • Sakit dada
  • Kesulitan bernapas
  • Perdarahan hebat yang tidak bisa dihentikan
  • Reaksi alergi parah
  • Luka bakar yang parah

Pasien paling membutuhkan layanan ambulance ketika menunjukkan gejala stroke atau serangan jantung. Sebab, kedua masalah kesehatan itu membutuhkan penanganan medis selekas mungkin. Setiap detik sangat berarti untuk menjaga keselamatan jiwa pasien.

 

Bagaimana Cara Memesan Ambulans di Primaya Hospital?

Untuk memesan ambulance di Primaya Hospital, cukup hubungi call center 150 108. Operator call center ambulance Primaya Hospital akan segera mencatat permintaan pasien dan melakukan koordinasi dengan tim medis yang bertugas.

Primaya Hospital berkomitmen memberikan layanan ambulance 24 jam untuk kebutuhan darurat medis. Bagi Primaya Hospital, keselamatan pasien adalah yang utama.

 

Ditinjau oleh

dr. Dewi Saputra Tjitra, MARS

Primaya Hospital Group

 

Referensi:

Pedoman Teknis Ambulans. https://litbangkespangandaran.litbang.kemkes.go.id/perpustakaan/index.php?p=show_detail&id=3684. Diakses 17 November 2021

Health status in the ambulance services: a systematic review. https://bmchealthservres.biomedcentral.com/articles/10.1186/1472-6963-6-82. Diakses 17 November 2021

Ambulances are for emergencies: shifting attitudes through a research-informed behaviour change campaign. https://health-policy-systems.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12961-019-0430-5. Diakses 17 November 2021

Emergency medical teams. https://www.who.int/emergencies/partners/emergency-medical-teams. Diakses 17 November 2021

Instalasi Gawat Darurat. https://primayahospital.com/layanan/unit-gawat-darurat-igd/. Diakses 17 November 2021

Log Pickup Ambulance. https://primayahospital.com/log-ambulance-status-icu/. Diakses 17 November 2021

Bagikan ke :

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.