• Emergency
  • 150 108
  • Chatbot

Cara Mengecilkan Perut Buncit Pada Wanita

Cara Mengecilkan Perut Buncit Pada Wanita

Perut buncit tak hanya terkait dengan penampilan. Ada risiko masalah kesehatan yang berada di baliknya. Perut buncit bisa terjadi pada wanita ataupun pria. Tubuh pria memang cenderung menyimpan lemak di bagian bawah perut. Sedangkan kebanyakan wanita baru mengalami perutnya membuncit menjelang masa menopause. Lantas apakah ada cara mengecilkan perut buncit pada wanita? Mari kita bahas.

 


Perut Buncit Pada Wanita

Perut buncit biasanya merupakan istilah yang mengacu pada membesarnya bagian perut bawah yang ditandai dengan bertambahnya ukuran pinggang. Jadi bukan seluruh perut yang membesar layaknya orang hamil, melainkan hanya bagian bawahnya. Perut buncit sering kali menimbulkan ketidaknyamanan atau bahkan rasa sakit. Bagi banyak wanita, pertambahan usia sering kali diiringi dengan pertambahan ukuran pinggang pula.

Perut buncit kerap didapati pada perempuan berusia setengah baya. Jadi jika Anda wanita berumur sekitar 40 tahun, Anda bukan satu-satunya yang punya perut buncit. Bahkan wanita yang tidak tampak gemuk juga bisa punya perut buncit. Ini kondisi yang lazim terjadi. Saat usia bertambah, terjadi perubahan fisiologis yang salah satunya menyebabkan perut membuncit.

Beberapa tahun menjelang menopause, ada perubahan kadar hormon, seperti estrogen. Menurut penelitian, perubahan ini mungkin memicu perubahan bentuk tubuh wanita. Sebelum periode transisi menopause ini, perempuan cenderung menyimpan lemak tubuh di paha atau pinggang. Tapi, ketika menjelang menopause, lokasi penyimpan lemak itu berubah menjadi di sekitar perut.

Meski demikian, perut buncit pada wanita bisa juga terjadi karena penyebab lain. Kelebihan berat badan salah satunya. Ada pula beberapa kondisi terkait dengan kesehatan yang salah satu tandanya adalah perut buncit, seperti masalah pencernaan dan kista atau jenis tumor lain. Penumpukan cairan di rongga perut (asites) yang antara lain disebabkan oleh kerusakan hati (sirosis) juga dapat membuat perut tampak membuncit. Kabar baiknya, ada cara mengecilkan perut buncit pada wanita.

 

Kondisi Wanita yang Mengalami Perut Buncit

Wanita yang perutnya membuncit umumnya merasa tidak percaya diri terhadap penampilannya walau perut buncit banyak dialami wanita. Kondisi wanita yang mengalami perut buncit antara lain:

  • 1. Perut bagian bawah membesar

Pada perut buncit, hanya bagian bawah perut yang terlihat membesar. Orang yang tampaknya langsing tetap mungkin punya perut buncit.

  • 2. Ada lipatan perut dan bergelambir

Kondisi ini biasanya dialami wanita karena penumpukan lemak di perut akibat kelebihan berat badan. Akibatnya, ada gelambir pada perut yang terutama terlihat saat duduk.

  • 3. Perut mudah dicubit

Gelambir yang terjadi akibat perut buncit elastis dan bisa dicubit dengan mudah. Ini salah satu perbedaan perut buncit akibat lemak dan hamil.

  • 4. Ada gejala penyakit lain

Jika disebabkan oleh penyakit tertentu, perut buncit bisa muncul dengan gejala tertentu. Misalnya rasa nyeri di perut dan warna urine menjadi gelap yang mungkin terjadi akibat masalah hati.

 

Baca Juga:  Kenali Ramsay Hunt Syndrome : Penyakit Langka yang diderita Justin Bieber

Penyebab Perut Buncit Pada Wanita

Seperti disinggung sekilas di atas, ada beberapa penyebab perut buncit. Bila mengetahui penyebab ini, cara mengecilkan perut buncit pada wanita akan lebih mudah. Selain beberapa masalah kesehatan dan memasuki masa menopause yang lazim menjadi faktor membuncitnya perut, berikut ini beberapa penyebabnya:

  • 1. Setelah makan

Perut cenderung menjadi buncit setelah makan karena makanan belum diolah sepenuhnya sehingga lemak menumpuk di perut. Ada kecenderungan perut orang yang tiduran setelah makan juga tampak membuncit.

  • 2. Kandungan gas dalam makanan

Makanan yang mengandung gas seperti kol dan brokoli bisa membuat perut membuncit. Tapi perut akan kembali normal setelah efek gas itu hilang.

  • 3. Peningkatan berat badan

Orang yang berat badannya naik umumnya juga akan mengalami perut buncit karena adanya tambahan lemak di dalam tubuh. Peningkatan bobot ini bisa terjadi lantaran tidak mengatur pola makan, stres tingkat tinggi, jarang bergerak aktif, dan meminum alkohol berlebih.

  • 4. Bakteri

Perut manusia diisi banyak bakteri yang bermanfaat untuk kesehatan, terutama pencernaan. Tapi ada beberapa jenis bakteri jahat yang bila terlalu banyak dapat menyebabkan perut buncit.

  • 5. Genetik

Perut buncit juga bisa terjadi karena faktor genetik yang membuat reaksi tubuh sulit mengolah lemak dan gula yang bila menumpuk di perut dapat mengakibatkan buncit.

 

Berbagai Cara Mengecilkan Perut Buncit untuk Wanita

Banyak faktor yang bisa menyebabkan perut buncit. Hal pertama yang dilakukan untuk mengetahui cara mengecilkan perut buncit pada wanita adalah mengidentifikasi faktor itu. Untuk mendapat kepastian, perlu pemeriksaan oleh dokter terlebih dahulu. Khususnya jika ada gejala penyakit yang mungkin menyertai perut buncit itu.

Mengecilkan perut buncit pada wanita yang telah masuk masa menopause lebih sulit. Sebab, ada kaitan dengan perubahan fisiologis yang terjadi secara alami karena pertambahan usia.

Baca Juga:  Waspada Bahaya Muntaber, Leptospirosis, Demam Dengue, Infeksi Saluran Pernapasan, dan Eczema Kulit Saat Musim Hujan dan Banjir

Akan relatif lebih mudah mengecilkan perut buncit pada wanita yang disebabkan oleh lemak. Misalnya dengan rajin berolahraga, makan makanan sehat dengan banyak sayuran dan buah, serta mengurangi konsumsi gula dan lemak jenuh. Selain itu, usahakan tidak langsung tiduran setelah makan, melainkan duduk dulu sekitar 1-2 jam agar organ pencernaan bisa bekerja dengan baik.

 

Dampak Perut Buncit pada Kesehatan Wanita

Perut buncit bisa mengarah ke masalah kesehatan pada wanita. Menurut studi, wanita yang punya perut buncit akibat lemak lebih rentan terkena penyakit seperti tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2. Ini di luar masalah kesehatan yang telah mendasari perut buncit itu sendiri, seperti gangguan hati dan penumpukan cairan di perut.

Dampak kesehatan lain yang dikaitkan dengan perut buncit termasuk:

  • Penyakit jantung dan pembuluh darah
  • Kolesterol tinggi
  • Masalah pernapasan
  • Kematian prematur

 

Kapan Harus ke Dokter?

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita yang efektif adalah dengan menggunakan diagnosis dan rekomendasi dokter sebagai dasar. Langkah ini penting meski perut buncit tidak selalu menandakan adanya penyakit serius. Namun ada beberapa kondisi yang menjadi alarm bahwa Anda perlu segera ke dokter:

  • Perut tidak hanya membuncit, tapi juga membengkak dan tak kunjung kembali normal
  • Pembengkakan perut terjadi tanpa gejala jelas
  • Perut menjadi sangat lunak
  • Demam tinggi
  • Diare atau tinja berdarah
  • Selalu memuntahkan makanan atau minuman

Di rumah sakit, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan riwayat kesehatan Anda. Bila Anda merasa perut buncit menimbulkan masalah, sebaiknya tidak menunda konsultasi dengan dokter.

 

Ditinjau oleh

drKosin SalimSp.PD

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Primaya Hospital Bhaktiwara

 

Referensi:

  • Abdominal Distension (Distended Abdomen). https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/21819-abdominal-distension-distended-abdomen. Diakses 9 Februari 2022
  • Causes of Abdominal Swelling and Bloating. https://www.verywellhealth.com/abdominal-swelling-and-bloating-514429. Diakses 9 Februari 2022
  • Understanding Bloating and Distension. https://iffgd.org/gi-disorders/symptoms-causes/bloating-and-distension/. Diakses 9 Februari 2022
  • Abdominal Bloating: A Mysterious Symptom. https://www.med.unc.edu/ibs/wp-content/uploads/sites/450/2017/10/Abdominal-Bloating.pdf. Diakses 9 Februari 2022
  • What’s Causing My Belly Bulge, and How Do I Treat It? https://www.healthline.com/health/belly-bulge. Diakses 9 Februari 2022
  • https://www.healthgrades.com/right-care/menopause/why-belly-fat-is-harder-to-lose-after-menopause. https://www.healthgrades.com/right-care/menopause/why-belly-fat-is-harder-to-lose-after-menopause. Diakses 9 Februari 2022
  • Menopause Belly: Reasons for Belly Bulge. https://www.healthline.com/health/menopause/menopause-belly. Diakses 9 Februari 2022
Bagikan ke :

Promo

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.