Benarkah Sakit Pinggang Merupakan Gejala Batu Ginjal?

Benarkah Sakit Pinggang Merupakan Gejala Batu Ginjal_

Batu ginjal dan saluran kemih adalah salah satu penyakit yang sering dialami tanpa kita sadari. Salah satu penyebabnya adalah karena gejala batu ginjal sering tidak memberikan gejala, ataupun  memiliki gejala yang menyerupai tanda dari penyakit lain.

Padahal gejala khas dari batu ginjal dan saluran ureter adalah nyeri yang dinamakan nyeri ‘kolik’ pada pinggang, yaitu nyeri khas  berupa nyeri pada salah satu sisi pinggang yang tajam dan sifatnya spasmodik, atau intensitasnya hebat pada satu waktu, dan dapat menurun atau hilang pada beberapa saat selanjutnya, hal ini biasanya disebabkan karena adanya gerakan peristaltik pada saluran ureter yang umumnya disebabkan karena adanya  batu ginjal yang turun ke ureter.

Masalahnya, beberapa penyakit lain juga memiliki gejala sakit pinggang. Gejala itu sering kali disalahartikan sebagai tanda seseorang mengalami problem batu ginjal. Meski demikian, rasa nyeri di pinggang yang merupakan gejala batu ginjal punya ciri khusus, yakni tidak mereda meski mengubah posisi, disertai dengan penjalaran nyeri ke perut bawah, kadang disertai mual dan muntah serta gangguan kencing seperti anyang-anyangan. Orang yang mengalami sakit pinggang biasa umumnya membaik setelah duduk relaks atau berbaring.

 

Penyebab Sakit Pinggang

Sebagai informasi, terdapat sejumlah penyebab sakit pinggang yang bukan merupakan gejala batu ginjal, di antaranya:

Masalah otot

Otot di perut, punggung, dan bahkan dada bisa menyebabkan gejala sakit pinggang. Adapun penyebab masalah otot meliputi:

  • Cedera otot, seperti terkilir dan radang
  • Jarang atau jarang berolahraga
  • Berada dalam satu posisi pada jangka waktu lama
Baca Juga:  Kegawatdaruratan Urologi

Infeksi saluran kemih

Gejala infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh tumbuhnya bakteri dan menginfeksi ginjal dapat juga memberikan nyeri pada pinggang. Karena saluran kencingnya yg relatif lebih pendek, maka infeksi seringkali terjadi pada wanita, walaupun begitu banyak juga pria yang mengalami keluhan infeksi saluran kemih.

Selain sakit pinggang, gejala infeksi saluran kemih adalah dapat disertai demam, meriang serta adanya gejala rasa sakit saat berkemih, dan sering ingin berkemih. Selain itu ditemukannya darah dan leukosit dalam pemeriksaan urine, apalagi bakteri, akan sangat membantu dalam menegakan diagnosis infeksi saluran kemih. Namun begitu, tidak jarang adanya infeksi saluran kemih yang berulang, disebabkan karena adanya batu saluran kemih yang tidak terdeteksi sebelumnya.

Masalah liver, empedu atau pankreas

Liver, empedu dan pankreas berada di bagian perut atau abdomen, tepat di bawah tulang rusuk. Sedangkan ginjal berlokasi di belakang abdomen atau kita namakan retro peritoneal. Karena itu, gejala batu ginjal pada beberapa kasus mirip dengan gejala organ lain disekitarnya. Biasanya, penyakit liver atau pankreas diikuti dengan mual dan nyeri tekan pada bagian ulu hati, dapat juga disertai mata menguning jika terdapat gangguan organ liver dan saluran empedu.

Masalah tulang belakang

Sejumlah masalah tulang belakang juga menimbulkan rasa sakit pinggang serupa gejala batu ginjal. Salah satunya dalam bahasa awam adalah syaraf yang terjepit (HNP maupun osteofit). Nyeri akibat penyakit tulang belakang bisa dirasakan pada salah satu bagian pinggang atau dua-duanya sekaligus, atau menjalar ke kaki, tergantung dari setinggi apa syaraf tulang belakangnya yang terganggu.

Baca Juga:  Tindakan ESWL Untuk Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Baca juga : Teknologi PLDD (Percutaneus Laser Disc Decompression) Sebagai Terapi Saraf Terjepit di Tulang Belakang

 

Gejala Batu Ginjal

Sakit pinggang khas seperti yang sudah dijelaskan di awal adalah merupakan gejala batu saluran kemih, yang dapat juga diikuti gejala lain yang berhubungan, seperti mual, muntah, anyang-anyangan hingga sulit berkemih. Setiap orang baik tua, muda dengsn jenis kelamia pria maupun wanita, terutama mereka yang tinggal di wilayah dengan iklim tropis seperti Indonesia lebih rentan mengalami  penyakit batu saluran kemih.

Batu ginjal dan saluran kemih seringkali tidak menimbulkan gejala, namun seringkali menimbulkan komplikasi serius jika tidak ditangani sejak dini. Untuk itu sebaiknya kita mengenali gejala batu saluran kemih yang berpotensi berbahaya, diantaranya:

  • Demam dan menggigil
  • Mual-mual dan muntah hebat
  • Sesak yang disertai jumlah air kencing sedikit (umumnya orang normal kencing minimal 1.5 liter per 24 jam atau setara botol besar air minum kemasan)
  • Ada darah maupun keruh dalam urine
  • Sakit saat berkemih ataupun anyang-anyangan

Ketika batu ginjal turun dan menyumbat organ saluran kemih bagian bawah yaitu kandung kemih dan urethra, gejala yang muncul dapat berupa:

  • Sulit berkemih hingga tiba-tiba tidak bisa berkemih
  • Nyeri atau pegal pada buah zakar hingga selangkangan
  • Urine keruh atau kemerahan dan berbau menyengat

Dokter umumnya mempersempit dugaan potensi penyebab sakit pinggang dengan meminta riwayat medis pasien. Orang yang pernah memiliki masalah batu ginjal dan saluran kemih bisa kembali mengalaminya, terutama jika memiliki faktor risiko dan tidak mengubah pola hidup. Pasien juga akan diminta menjalani pemeriksaan tambahan untuk membantu dokter memberikan diagnosis yang tepat, antara lain:

  • Tes darah dan fungsi ginjal
  • Tes urine
  • Ultrasonografi
  • Ct scan urologi atau ct urografi (atau rontgen jika tidak tersedia)
Baca Juga:  Efek Samping dan Tips Sebelum Menjalani Terapi ESWL  

Bila sudah dipastikan bahwa sakit pinggang yang dialami adalah gejala batu ginjal dan saluran kemih, maka dokter akan mengambil tindakan lebih lanjut. Keputusan itu tergantung dari hasil pemeriksaan untuk mengetahui ukuran, jenis, dan lokasi batu saluran kemih berada. Pemeriksaan tersebut sangat penting dalam keputusan dokter menentukan prosedur selanjutnya yang akan diambil.

Umumnya sebagian besar kasus batu saluran kemih memiliki prognosis yang baik jika diterapi dengan tepat dan akurat, sehingga sangat penting dalam penentuan diagnosis sedini mungkin.

 

Ditinjau oleh:

dr. Regi Septian, SpU

Dokter Spesialis Urologi

Primaya Hospital Bekasi Utara

 

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324592.php#causes

https://www.kidney.org/news/ekidney/august14/10_Signs_You_May_Have_Kidney_Disease

Sumber gambar : https://www.freepik.com/free-photo/rear-view-woman-suffering-from-backache-shoulder-ache_3699280.htm#page=1&query=back%20pain&position=32

Bagikan ke :