• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Buah untuk Menyembuhkan Penyakit Prostat yang Efektif

Apakah anda sedang mencari solusi alternatif untuk mengatasi masalah gangguan prostat? Anda dapat konsumsi buah untuk mencegah atau membantu penyembuhan penyakit prostat dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Pengobatan alami ini dapat menjadi pilihan terbaik.

Dengan menambahkan buah-buahan ke dalam menu makan sehat, hal ini dapat mengurangi resiko masalah prostat, termasuk kanker prostat dan pembesaran prostat jinak. Lalu, jenis buah apa saja yang dapat menyembuhkan gangguan prostat?

buat jani dokter primaya

 

Buah untuk Mencegah atau Membantu Penyembuhan Penyakit Prostat

Berdasarkan penelitian Prostate Cancer Foundation menunjukan pola makan yang sehat adalah kunci menjaga kesehatan prostat. Dengan menerapkan gaya hidup sehat dapat memperlambat pertumbuhan prostat yang membesar.

Seiring bertambahnya usia, pria lebih berisiko terkena penyakit prostat seperti pembesaran prostat jinak, kanker prostat, dan infeksi prostat. Adapun salah satu cara mencegahnya dengan konsumsi makanan sehat, termasuk buah-buahan.

Berikut adalah daftar buah-buahan untuk yang menderita masalah prostat yang sebaiknya dikonsumsi atau tambahkan ke menu makan sehat, di antaranya

1. Tomat

Menurut Prostate Cancer Foundation, tomat sudah menjadi perhatian para peneliti karena kandungan likopen. Likopen adalah antioksidan yang dapat membantu untuk mengurangi kerusakan dan menghambat tumbuhnya sel kanker.

Oleh karena itu, tomat menjadi rekomendasi buah dan sayuran yang bagus untuk penderita penyakit prostat, khususnya kanker prostat. Hal ini karena kandungan likopen tomat yang menjadi antioksidan untuk mencegah keparahan.

Cara meningkatkan penyerapan antioksidan pada tomat, Anda dapat mengubahnya menjadi jus, saus, atau pasta tomat. Bahkan lebih baik lagi, Anda masak tomat dengan minyak zaitun yang dapat membantu penyerapan likopen.

2. Semangka

Semangka merupakan salah satu buah yang bagus dikonsumsi pada saat musim panas. Buah ini terkandung vitamin A dan C yang tinggi serta bebas lemak dan natrium. Selain itu, semangka juga merupakan sumber likopen yang baik.

Likopen merupakan antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat. Likopen juga dapat ditemukan pada buah-buahan seperti tomat, jeruk bali merah muda, jambi biji, pepaya, aprikot, dan buah-buahan berwarna lainnya.

Jika ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak terkena gangguan prostat akibat bakteri, maka Anda dapat konsumsi buah  semangka. Ini akan membantu melawan bakteri penyebab masalah prostatitis atau infeksi prostat.

3. Buah Beri

Buah beri seperti blackberry, raspberry, strawberry kaya akan vitamin C dan antioksidan. Antioksidan berperan penting dalam tubuh untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas, molekul yang menyerang sel sehat menjadi sel kanker.

Selain itu, vitamin C juga dapat membantu meringankan gejala Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) atau pembesaran prostat jinak. Caranya dengan melancarkan buang air kecil dan mengurangi pembengkakan pada prostat.

Pada buah strawberry sendiri terdapat kandungan vitamin C sekitar 90 mg dalam sagu cangkir dan 14 mg blueberry dalam satu cangkir. Bagi Anda yang ingin mencegah penyakit prostat, maka bisa konduksi 90 mg vitamin C setiap hari.

Baca Juga:  Tindakan ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) untuk Pecahkan Batu Ginjal

4. Pepaya

Pepaya adalah buah yang kaya magnesium yang dapat mengaktifkan vitamin D dalam tubuh. Menurut penelitian, penderita kanker prostat yang kebutuhan vitamin D hariannya terpenuhi memiliki keparahan kanker yang lebih rendah.

Vitamin D dapat menghambat pertumbuhan sel kanker sehingga bisa mencegah tingkat keparahan. Oleh karena itu, pepaya menjadi salah satu buah untuk menyembuhkan penyakit kanker yang dapat Anda masukan ke dalam menu sehat.

Apakah buah pepaya tidak sulit menemukannya, Anda dapat membeli di pasar atau menanam pohon pepaya sendiri di rumah. Selain itu, buah pepaya juga mengandung serat tinggi sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan.

5. Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi. Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu mengurangi pembesaran prostat pada penderita BPH dan juga dapat melancarkan buang air kecil.

Selain itu, jeruk memiliki sifat anti radang sehingga dapat berperan untuk mengurangi keparahan kanker prostat. Pertumbuhan-sel kanker dapat dihambat dengan konsumsi jeruk setiap hari sebagai menu diet sehat yang baik untuk tubuh.

Manfaat lain dari buah jeruk juga dapat meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat membantu tubuh dalam melawan infeksi yang menyebabkan prostatitis ataupun jenis penyakit prostat lainnya.

6. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya akan beta-sitosterol yang dianggap dapat mengurangi risiko yang terkait dengan pembesaran prostat jinak atau BPH. Beberapa pria yang mengkonsumsi beta-sitosterol memiliki aliran urin lebih baik.

Meski demikian, efek dari kandungan beta-sitosterol pada alpukat masih dalam penelitian lebih lanjut. Namun, menurut catatan Journal of Nutritional Biochemistry menyebutkan bahwa ekstrak alpukat kaya akan kandungan lutein.

Lutein merupakan karotenoid yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Karotenoid ini bertindak sebagai antioksidan untuk menurunkan risiko kanker prostat dan jenis kanker lainnya yang berbahaya bagi tubuh.

7. Jambu Biji

Jambu biji yang berwarna pink di dalamnya adalah sumber vitamin C, vitamin A, kalsium, serat, dan kandungan likopen. Dengan banyaknya kandungan nutrisi, jambu biji menjadi buah untuk menyembuhkan penyakit kanker.

Kandungan likopen dan antioksidan pada jambu biji sangat baik untuk melawan kanker prostat. Selain itu, vitamin C jambu biji dapat menyembuhkan penyakit prostat. Buah ini efektif menekan sel kanker dan melindungi sel sehat.

Baca Juga:  Cystitis: Infeksi Saluran Kemih dan Pengobatannya

Dengan konsumsi jambu biji, penyakit infeksi prostat atau prostat juga lebih cepat pulih karena sifat antibakteri pada jambu biji. Oleh karena itu, jambu biji dapat menjadi menu makanan sehat harian Anda untuk kesehatan prostat.

Tips Diet untuk Kesehatan Prostat

Prostat merupakan bagian penting dari sistem reproduksi pria sehingga perlu menjaga kesehatannya. Meski seiring bertambahnya usia, tetapi resiko pembesaran prostat tidak terhindarkan. Oleh karena itu, perlu upaya mengendalikannya.

Salah satu mengendalikan dan memperlambat pembesaran prostat yakni dengan konsumsi makanan sehat untuk prostat. Untuk lebih jelasnya, berikut tips menjaga kesehatan prostat dengan konsumsi makanan sehat, yaitu:

  • Hindari makanan olahan, seperti makanan cepat saji
  • Kurangi makanan dengan asupan tinggi garam dan gula
  • Gunakan lemak nabati, seperti minyak zaitun
  • Batasi asupan susu dan pilih protein tanpa lemak
  • Usahakan konsumsi makanan segar dan utuh
  • Makan setidaknya lima buah dan sayuran setiap hari
  • Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol

Pola makan sehat memang sangat membantu untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk penyakit prostat. Namun, sebelum Anda konsimsi makanans sehat, konsultasi dahulu dengan dokter jika sedang konsumsi obat penyembuh prostat.

Jadwalkan Konsultasi dengan Dokter

Jika Anda mengalami masalah prostat dan ingin merubah pola makan sehat, maka dapat konsultasikan dengan dokter. Dokter memberikan rekomendasi makanan  baik dan sehat untuk prostat yang dapat Anda konsumsi setiap hari.

Meski Anda konsumsi obat-obatan untuk menyembuhkan penyakit prostat, tetapi konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran sangat dianjurkan. Ini dapat membantu penyembuhan dan mencegah gangguan prostat.

Jangan ragu membuat jadwal dengan dokter untuk konsultasi. Dengan konsultasi, Anda dapat menanyakan jenis buah untuk mencegah atau membantu penyembuhan penyakit kanker yang efektif serta tips diet untuk menjaga kesehatan prostat dari penyakit

Narasumber:

dr. Abdul Azis, Sp.U, Subsp. Onk(K)

Spesialis Urologi Konsultan Onkologi

Primaya Hospital Hertasning

Referensi:

  • 6 Foods to Boost Prostate Health. https://www.healthline.com/health/prostate-cancer/foods-for-prostate-health. Diakses 3 Januari 2024.

  • 6 Superfoods for a Healthy Prostate. https://www.everydayhealth.com/pictures/superfoods-for-a-healthy-prostate/. Diakses 3 Januari 2024.

  • Five Foods to Protect your Prostate. https://www.pcf.org/c/five-foods-to-protect-your-prostate/. Diakses 3 Januari 2024.

  • 10 Best Foods For Prostate Health. https://www.simplysupplements.co.uk/healthylife/men-and-health/best-foods-for-prostate-health. Diakses 3 Januari 2024.

  • 10 natural remedies for enlarged prostate and lifestyle tips. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321231. Diakses 3 Januari 2024.

Share to :

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.