• Emergency
  • 150 108
  • Chatbot

Appendektomi Laparoskopi

 

Dengan metode appendektomi Laparoskopi, operasi tidak lagi menggunakan tindakan penjahitan sehingga tidak meninggalkan bekas.

Appendektomi Laparoskopi adalah operasi pengangkatan usus buntu (apendektomi) yang dilakukan dengan tehnik bedah laparoskopi.

Laparoskopi adalah bagian dari Teknik endoskopi, berasal dari kata lapar yang berarti abdomen dan oskopi yang artinya melihat melalui skope. Laparoskopi memang khusus untuk melihat rongga perut atau rongga perut atau rongga diluar usus melalui pencitraan pada monitor video menggunakan teleskop dan system endokamera.

Bedah laparoskopi berbeda dengan bedah konvesional karena laparoskopi hanya membuthkan akses minmal ke tubuh pasien.

Pada bedah konvesional, sayatan di perut bisa sepanjang belasan sentimeter. Sementara pada bedah laparoksopi, akses yang dibutuhkan hanya 2 milimiter sampai 10 milimeter. Dengan bedah apendktomi laparoskopi, hanya dibutuhkan tiga lubang kecil untuk memasukkan alat. Lantaran akses yang dibuthkan kecil, tindakan penjahitan tak dibuthkan lagi. Lubang kecil yang dihasilkan cukup ditutup dengan plester pembalut (band aid) khusus. Setelah luka tersebut kering pun, tak aka nada bekas luka parut memanjang yang kadang menakutkan. Teknik operasi ini tanpa melihat dan menyentuh langsung organ yang di operasi. Bedah laparoskopi menggunakan minimal tiga lubang sebagai akses. Lubang pertama dibuat di bawah pusar.

Keuntungan bedah appendektomi Laparoskopi

  1. Luka sayatannya kecil. Ini mmebuat orang tak perlu lagi merasa ketakutan menjalani oeprasi karena gambaran sayatan yang Panjang. Luka sayatannya yang kecil juga meminimkan kerusakan jaringan sehingga waktu penyembuhannya relative lebih cepat dibandingkan tekhnik bedah konvensional
  2. Rasa sakit pasca operasi lebih ringan
  3. Jangka waktu yang diperlukan untuk mengkonsumsi obat analgetik dan obat antibiotic intra vena lebih singkat
  4. Gangguan pergerakan atau kelumpuhan usus sementara yang biasa menyertai bedah konvensional juga lenyap
  5. Nyaris tidak meninggalkan bekas operasi. Ini tentu sangat bermanfaat bagi kaum wanita mengingat keindahan tubuh acap menjadi pertimbangan yang utama

Karena banyak menawarkan kenyamanan untuk pasien juga untuk dokter bedahnya maka tindakan laparoskopik ini sering disebut sebagai tindakan operasi yang amat “bersahabat”

Pada kasus apendistis / radang usus buntu pada pasien wanita yang juga mengalami keluhan pada organ reproduksi, tindakan laparoskopik amat sangat membantu dalam menegakkan diagnose. Pasien gemuk dengan dinding perut tebal, oeprasi akan menjadi lebih mudah jika dilakukan dengan laparoskopik.

Dokter bedah yang melakukan Teknik ini beserta seluruh tim yang tergabung dalam kamar oeprasi tentunya harus kompeten. Perlu adaptasi spesifik antara mata dan gerak tangan, perlu kepekaan karena “tactile control” hilang.

RS Awal Bros Batam juga dilengkapi dengan alat dan tenaga ahli yang membantu melaksanakan Teknik operasi ini. Hal ini disediakan dengan tujuan memberikan kenyamanan pelayanan bagi pasien dalam penanganan keluhan Appendix (usus buntu)

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.