Konsultasi Online dengan Dokter Primaya Hospital di Aplikasi LinkSehat

Download aplikasi LinkSehat di Android atau buka linksehat.com untuk konsultasi online (telekonsultasi) dengan dokter Primaya Hospital.

Bagaimana Cara Konsultasi Online Melalui LinkSehat?

  1. Download aplikasi LinkSehat atau buka linksehat.com.
  2. Pilih menu “Buat Janji”.
  3. Pilih cabang Primaya Hospital tempat dokter praktek.
  4. Pilih dokter dan jadwal telekonsultasi.
  5. Lengkapi data diri dan pembayaran.
  6. Selesai. Rincian jadwal telekonsultasi akan dikirim lewat email.

Ketika jadwal konsultasi tiba, buka aplikasi LinkSehat lalu klik simbol chat untuk mulai konsultasi dengan dokter.

Manfaatkan Gratis Konsultasi Dokter Online di LinkSehat

Pandemi Covid-19 masih tetap menjadi kekhawatiran masyarakat. Namun, kebutuhan akan layanan kesehatan Anda tidak dapat ditunda.

Anda bisa konsultasi online gratis tentang keluhan medis, termasuk COVID-19, dengan dokter umum dari Primaya Hospital atau lainnya di aplikasi LinkSehat dan situs LinkSehat.com

Primaya Hospital memberikan layanan konsultasi kesehatan gratis seputar Covid-19 bersama para dokter kami secara online melalui aplikasi LinkSehat.

*Konsultasi gratis tersedia sesuai jadwal praktek setiap dokter

Konsultasi Online di Setiap Cabang Primaya Hospital

Kini, kami menyediakan layanan konsultasi online di setiap cabang rumah sakit kami. Pilih cabang Primaya Hospital berikut, cari dokter lalu klik “Book an Appoinment” untuk atur jadwal konsultasi online.

Butuh bantuan? Kirim WhatsApp ke 0858-9000-8500 atau email ke helpdesk@linksehat.com

 

Bagaimana cara membeli obat?

Jika dokter meresepkan obat, tim Primaya Hospital akan menghubungi Anda untuk mengonfirmasi pemesanan obat. 

Status pemesanan obat bisa Anda pantau lewat situs LinkSehat.com

INFORMASI MENGENAI KONSULTASI ONLINE

 

Apa itu Telemedicine?

Telemedicine merupakan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Dokter dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendiagnosis, mengobati, mencegah, dan/atau mengevaluasi kondisi kesehatan pasien sesuai dengan kompetensi dan kewenangannya.

Dengan menggunakan layanan telemedicine, pasien dapat berkonsultasi masalah kesehatan secara online dengan dokter umum maupun dokter spesialis terkualifikasi untuk membicarakan pilihan layanan kesehatan, di mana pasien akan mendapatkan informasi kesehatan penting dengan efisien dan cepat.

Tim dokter yang terlibat dalam mendukung layanan ini dapat berasal dari berbagai latar belakang dan bidang keahlian, seperti dokter umum, dokter spesialis anak, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dokter spesialis bedah dan ljuga spesialisasi yang lainnya. Dalam memberikan layanan telemedicine para dokter tersebut berpegang pada kompetensi dan kewenangannya, yang dibuktikan dengan surat tanda registrasi (STR) dan surat ijin praktik (SIP) dengan tetap memperhatikan mutu pelayanan dan keselamatan pasien.


Apa Manfaat dan Keunggulan Telemedicine?

Bertemu dengan dokter di rumah sakit pada masa pandemi atau wabah Covid-19 seperti sekarang ini merupakan sesuatu yang sulit dan mungkin dihindari oleh masyarakat. Penerapan self-isolation dan physical distancing adalah hal yang masih menjadi pilihan pertama bagi masyarakat tersebut. Selain itu waktu yang diperlukan untuk ke rumah sakit dan biaya perjalanan yang mungkin tidak kecil membuat masyarakat semakin mengurungkan niat pergi ke rumah sakit dalam situasi seperti sekarang.

Beberapa kondisi di atas memunculkan adanya kebutuhan terhadap suatu solusi bagaimana untuk dapat melakukan konsultasi dengan dokter namun tetap dalam situasi yang aman, sehingga telemedicine hadir menjadi salah satu pilihan yang mampu menjawab kebutuhan tersebut.

Ada banyak keuntungan dengan memilih melakukan layanan kesehatan dengan telemedicine diantaranya:

  1. Layanan telemedicine dapat menghemat waktu dan memangkas lamanya pasien menunggu sebelum mendapat giliran berkonsultasi. Hal ini tentunya akan sangat membantu pasien dalam mengalokasikan waktu yang cukup singkat dalam mendapatkan konsultasi oleh dokter.
  2. Layanan telemedicine dapat menghemat biaya mulai dari biaya perjalanan ke rumah sakit sampai dengan biaya yang dikeluarkan terkait kegiatan pergi ke rumah sakit ini.
  3. Layanan telemedicine membantu pasien memutuskan langkah selanjutnya apakah pasien cukup melakukan konsultasi hanya dari rumah saja, atau perlu mengunjungi dokter di poliklinik, atau harus masuk ruang gawat darurat saat sakit disesuaikan dengan kondisi dan hasil pengkajian oleh dokter selama telekonsultasi.
  4. Layanan telemedicine juga dapat membantu meminimalkan penularan dan penyebaran penyakit akibat banyaknya pasien yang melakukan perjalanan ke rumah sakit atau berkumpulnya orang di rumah sakit untuk mendapatkan layanan kesehatan.
  5. Layanan telemedicine membantu memastikan bahwa masyarakat Indonesia dapat mengakses informasi dengan mudah dan faktual melalui konsultasi online, termasuk informasi mengenai Covid-19.

 

Bagaimana cara kerja telemedicine dari sisi medis?

Pelayanan telemedicine dilakukan oleh dokter kepada pasien melalui media digital seperti aplikasi chat dan tatap muka lewat vidio, hal ini disebut sebagai telekonsultasi.

Dokter akan melakukan wawancara seputar keluhan pasien (anamnesa) dan melihat keadaan pasien melalui bantuan audiovisual kemudian melakukan pencatatan dan pengkajian serta memutuskan jenis terapi dan memberikan resep obat serta advis/nasihat apa yang perlu diketahui untuk dilakukan oleh pasien.

Dalam kondisi di mana dokter melihat kondisi pasien cukup membutuhkan perhatian seperti derajat penyakit cukup serius, maka dokter akan memberikan anjuran kepada pasien untuk datang ke rumah sakit serta melakukan  pemeriksaan penunjang yang membantu penegakkan diagnosa seperti pemeriksaan laboratorium dan radiologi atau pemeriksaan penunjang lainnya apabila dibutuhkan. Untuk kondisi sakit ringan maka konsultasi dapat diselesaikan melalui telekonsultasi, namun untuk kondisi sakit sedang sampai berat maka pasien akan tetap diarahkan oleh dokter agar datang ke poliklinik atau unit gawat darurat (UGD).

Selama melakukan telekonsultasi dokter akan melakukan pencatatan di dalam berkas rekam medik pasien dan sekaligus akan melihat rekam medik atau catatan riwayat sakit yang sudah dimiliki pasien apabila pasien pernah berobat ke rumah sakit sebeumnya. Dokter akan menjamin keamanan serta kerahasiaan data pasien yang ada di dalam berkas rekam medik tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan.


Informasi tindakan selanjutnya jika ada pembelian obat, tindakan radiologi, lab, dsb?

Dari hasil telekonsultasi, jika dokter memberikan terapi obat maka dokter akan menuliskan resep obat tersebut melalui aplikasi resep online. Resep online akan diterima oleh Farmasi RS dan petugas Farmasi RS akan menyiapkan obat serta menghubungi pasien untuk menanyakan apakah obat diantar atau diambil sendiri oleh pasien ke RS sekaligus memberikan informasi dan edukasi kepada pasien atau keluarga pasien bagaimana cara penggunaan obat.

Jika dokter memberikan advis untuk melakukan pemeriksaan penunjang (Radiologi, Laboratorium, USG, dll) maka dokter akan menuliskan surat rujukan/order pemeriksaan tersebut dan mengirimkan surat rujukan/order ke unit terkait (Radiologi, Laboratorium, dll).

Pada hari yang telah ditetapkan pasien dapat datang ke RS dan menuju unit Radiologi atau Laboratorium untuk melakukan pemeriksaan penunjang yang dimaksud.