• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

TKR (Total Knee Replacement)

TKR (Total Knee Replacement) - Mengatasi Nyeri Pada Lutut

Lutut adalah organ yang sangat penting dalam aktivitas gerak sehari-hari. Dari berjalan hingga menaiki tangga, semua butuh tulang yang berfungsi dengan baik. Jika lutut mengalami cedera atau terkena penyakit tertentu, kadang dibutuhkan prosedur TKR (total knee replacement) untuk memulihkan fungsi yang terganggu itu.

 

buat jani dokter primaya

Mengenal TKR (Total Knee Replacement)

TKR (total knee replacement) adalah prosedur bedah ortopedi yang melibatkan penggantian sendi lutut dengan material buatan berbahan logam atau plastik. Dengan prosedur ini, rasa sakit yang intens dan ketidaknyamanan akibat masalah pada lutut seperti osteoartritis, reumatoid artritis, atau cedera berat bisa diatasi.

Tindakan TKR telah dikenal sejak 1960-an. Teknik dan peralatan yang digunakan pun kian berkembang sehingga kian efektif. Di antara sederet prosedur medis, seperti dikutip dari American Academy of Orthopaedic Surgeons, penggantian sendi lutut total adalah salah satu prosedur kedokteran yang paling sukses.

Prosedur ini tergolong aman dan efektif untuk meredakan rasa nyeri, mengoreksi kelainan bentuk kaki, dan membantu individu kembali ke aktivitas normal sehari-hari.

 

Siapa Saja yang Memerlukan TKR?

TKR (total knee replacement) adalah salah satu pilihan penanganan medis untuk mengatasi rasa nyeri dan gangguan fungsi pada lutut. Pasien osteoartritis termasuk yang paling sering membutuhkan prosedur bedah ini. Osteoartritis adalah kondisi ketika lapisan tulang rawan di sendi mulai aus sehingga terjadi gesekan tulang-tulang yang memicu gejala nyeri serta membuat gerak menjadi terbatas.

Kondisi lain yang tak jarang memerlukan TKR termasuk:

 

Kapan Seseorang Memerlukan TKR?

Dokter bisa merekomendasikan TKR (total knee replacement) jika nyeri yang terasa dari masalah pada lutut sangat mempengaruhi kualitas hidup dan metode perawatan lain seperti konsumsi obat-obatan dan penggunaan alat bantu jalan tak cukup efektif.

Perawatan yang biasanya dicoba sebelum TKR antara lain:

Bila cara-cara tersebut tak berhasil mengatasi masalah pada lutut, dokter bisa menyarankan pasien menjalani TKR.

 

Manfaat/Tujuan

Salah satu manfaat/tujuan utama TKR (total knee replacement) adalah menghilangkan rasa nyeri yang bersumber dari lutut. Penggantian sendi lutut yang rusak dengan prostetik bisa mengurangi dan bahkan menghilangkan nyeri yang mengganggu kegiatan sehari-hari. Tujuan lain prosedur ini meliputi:

 

Persiapan Sebelum Menjalani TKR (Total Knee Replacement)

Dokter akan menjelaskan apa itu TKR (total knee replacement) dan persiapan yang diperlukan untuk menjalaninya sebelum prosedur berlangsung, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan terkait;

 

Prosedur dan Pelaksanaan

Pelaksanaan TKR (total knee replacement) biasanya perlu waktu 1-2 jam di dalam ruang operasi, belum termasuk masa monitoring pemulihan paska operasi di ruang pemulihan, tergantung kerusakan lutut, usia, dan kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan. Tindakan ini memerlukan prosedur anestesi yang umumnya dilakukan adalah jenis anestesi spinal/setengah badan. Langkah umum TKR meliputi:

 

Perawatan Pasca TKR (Total Knee Replacement)

Seusai tindakan TKR (total knee replacement), pasien perlu tinggal di ruang pemulihan selama beberapa saat hingga sadar sepenuhnya. Setelah itu, pasien biasanya harus menjalani rawat inap beberapa hari agar kondisinya bisa dipantau dan dipastikan sudah bisa pulang setelah stabil.

Selama menjalani perawatan, tim medis akan memandu pasien untuk melakukan latihan fisik dan terapi guna memulihkan mobilitas dan kekuatan otot di sekitar sendi yang baru terpasang.

Dokter juga akan memberikan petunjuk mengenai perawatan luka bekas operasi yang harus dijaga tetap bersih dan kering. Dokter baru akan membuka jahitan beberapa minggu setelah operasi saat kunjungan selanjutnya yang bertujuan memantau perkembangan pemulihan dan menilai hasil operasi.

Pada tahap awal pemulihan, pasien mungkin perlu menggunakan alat bantu jalan agar lebih nyaman berjalan sembari menjalani terapi fisik untuk meningkatkan mobilitas. Hindari aktivitas fisik yang berat agar lebih cepat pulih. Pemulihan dari TKR (total knee replacement) butuh proses yang panjang dan bertahap. Pastikan untuk mengikuti petunjuk tim medis untuk mempercepat pemulihan dan menghindari komplikasi.

 

Adakah Efek Samping Setelah TKR (Total Knee Replacement)

TKR (total knee replacement) adalah prosedur medis yang aman dan sudah sering dilakukan di berbagai belahan dunia. Tidak ada efek samping yang serius dari prosedur ini. Biasanya pasien akan mengalami nyeri setelah TKR, tapi ini merupakan bagian dari proses pemulihan dan bisa diatasi dengan obat pereda nyeri. Infeksi juga mungkin terjadi, tapi umumnya dapat diatasi dengan antibiotik.

 

TKR (Total Knee Replacement) di Primaya Hospital

Primaya Hospital memiliki tim medis yang andal, profesional, dan berpengalaman dalam hal melakukan tindakan TKR (total knee replacement). Pasien bisa berkonsultasi dulu dengan dokter spesialis ortopedi di Primaya Hospital untuk memastikan prosedur penggantian sendi lutut total ini adalah pilihan terbaik demi kesembuhan dan peningkatan kualitas hidup.

 

Butuh Rekomendasi Dokter Terbaik, Rumah Sakit dan Perkiraan Biaya Operasi

Tunggu Apalagi, Hubungi PIC Kami untuk Konsultasi Gratis terkait Tindakan/Operasi Elektif Anda

Available at :
Primaya Hospital Bekasi Timur Primaya Hospital Tangerang Primaya Hospital Bekasi Barat Primaya Hospital Sukabumi

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.