CEK KEKEBALAN TUBUH ANDA TERHADAP COVID-19

Pendaftaran melalui website tidak bisa dilakukan untuk hari yang sama ketika Anda mendaftar pada formulir di bawah ini. 

Apa itu Pemeriksaan Antibodi SARS COV2 kuantitatif ?

Pemeriksaan Antibodi SARS COV2 kuantitatif adalah suatu pemeriksaan untuk mendeteksi suatu protein yang disebut antibodi, khususnya antibodi spesifik terhadap SARS COV2 ini. Pemeriksaan ini dapat dilakukan pada orang-orang yang sudah pernah terinfeksi Covid-19, orang yang sudah mendapatkan vaksinasi, serta dapat digunakan untuk mengukur antibodi pada donor plasma konvalesen yang akan ditransfusikan.

 

Bagaimana Proses Pemeriksaan Antibodi Kuantitatif?

Prinsip pemeriksaan kuantitatif antibodi spesifik SARS COV 2 ini menggunakan pemeriksaan laboratorium imunoserologi pada sebuah alat automatik (autoanalyzer) untuk mendeteksi antibodi terhadap SARS-CoV-2 atau pemeriksaan ini biasa disebut dengan ECLIA (Electro chemiluminescence immunoassay).

ECLIA akan mendeteksi, mengikat, serta mengukur antibodi netralisasi. Antibodi netralisasi yaitu antibodi yang dapat berikatan spesifik pada bagian struktur protein Spike SARS COV2 (protein yang terdapat pada permukaan virus Covid-19) sebelum virus Covid-19 memasuki sel-sel pada tubuh kita dengan menggunakan label-label yang berikatan spesifik dengan antibodi netralisasi tersebut. Jenis sampel yang dapat digunakan sangat mudah didapatkan yaitu sampel serum dan plasma dengan cara diambil darah vena.

 

Bagaimana Tingkat Sensitifitas Pemeriksaan Antibodi Kuantitatif?

Dari hasil uji yang ada, didapatkan tingkat spesifisitas (spesifik) pemeriksaan kuantitatif antibodi spesifik SARS COV 2 ini bisa mencapai 99–100% karena tidak ditemukan adanya reaksi silang dengan penyakit infeksi atau penyakit kronis lainnya selain penyakit akibat virus Covid-19.

Di sisi lain, tingkat sensitivitas tes kuantitatif antibodi spesifik SARS COV 2 cukup tinggi yaitu 98-100% setelah 14 hari seseorang mendapatkan vaksinasi atau setelah terinfeksi Covid-19, baik melalui konfirmasi tes PCR dan atau setelah mengalami gejala sehingga pemeriksaan kuantitatif antibodi spesifik SARS COV 2 ini sangat mempresentasikan hasil pemeriksaan dengan kondisi pasien saat itu.

 

Apakah ada syarat tertentu untuk melakukan tes ini?

Tidak ada batasan usia, riwayat penyakit, jenis kelamin, ras, atau kategori lainnya sehingga semua orang dapat melakukan pemeriksaan kuantitatif antibodi spesifik SARS COV 2  ini

Belum ada publikasi hasil uji penelitian batasan pasien penyakit tertentu seperti komorbid, autoimun, atau penyakit lainnya yang tidak diperbolehkan melakukan pemeriksaan kuantitatif antibodi spesifik SARS COV 2 ini. Namun, saat ini telah dilakukan uji penelitian yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil kadar antibodi spesifik SARS COV yang lebih tinggi signifikan pada pasien yang mengalami gejala berat dibandingkan pasian dengan gejala sedang, ringan, bahkan pada pasien tidak bergejala.

 

Apa Tujuan Melakukan Pemeriksaan Kuantitatif Antibodi Sars Cov 2?

Sebelum pemeriksaan kuantitatif antibodi spesifik SARS COV 2 ini diperkenalkan, sebelumnya sudah ada pemeriksaan antibodi SARS COV kualitatif yang tidak kalah pentingnya dikarenakan sangat berguna untuk screening pasien yang mengalami infeksi SARS COV 2. Sedangkan, pemeriksaan antibodi kuantitatif ini digunakan untuk mengetahui seberapa banyak antibodi yang mampu melindungi kita lebih cepat dan lebih dini dalam menghadapi infeksi SARS COV 2.

 

Apa perbedaan Pemeriksaan Antibodi Kuantitatif dan Kualitatif?

Perbedaan signifikan antara pemeriksaan kuantitatif dan kualitatif adalah perbedaan target antibodi yang dideteksi. Antibodi kualitatif mendeteksi antibodi nucleocapsid (protein nucleocapsid terdapat pada cangkang yang melindungi inti virus Covid-19) sedangkan antibodi kuantitatif mendeteksi antibodi Spike (protein Spike terdapat pada permukaan virus Covid-19) yang mampu melekat pada permukaan sel-sel yang akan diinfeksi oleh SARS COV2.

Cek Kekebalan Tubuh Antibody Kuantitatif

Pilihan Lokasi Pemeriksaan:

  • Personal Walk In (datang ke rumah sakit)
  • Personal Home Care (pemeriksaan antibodi total SARS-CoV-2 Kuantitatif di rumah tanpa minimum peserta dengan tambahan biaya Rp 500.000,- per kunjungan)
  • On Site (pemeriksaan antibodi total SARS-CoV-2 Kuantitatif di kantor atau perusahaan tanpa minimum peserta dengan tambahan biaya Rp 500.000,- per kunjungan)

Prosedur Pendaftaran

  1. Lakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui website primayahospital.com/pemeriksaan-antibodi
  2. Kami akan melakukan pengecekan terhadap jadwal pemeriksaan yang telah Anda pilih setelah bukti transfer kami terima. Jika jadwal yang Anda pilih telah penuh, petugas kami akan melakukan konfirmasi reschedule jadwal pendaftaran melalui telepon/ WhatsApp / e-mail
  3. Datang ke cabang Primaya Hospital yang dituju sesuai jadwal yang telah ditentukan.
  4. Menjalani skrining Covid-19 di pintu masuk Rumah Sakit.
Jika lolos skrining Covid-19, pasien dapat melakukan pemeriksaan antibodi total SARS-CoV-2 Kuantitatif.
 
Jika hasil skrining awal pasien terindikasi covid-19, maka pemeriksaan akan ditunda hingga pasien dinyatakan sehat oleh dokter.
 

Syarat dan ketentuan:

  • Informasikan jadwal dan waktu pemeriksaan antibodi total sesuai kebutuhan Anda.
  • Buatlah perjanjian minimal 1 hari sebelumnya untuk pemeriksaan di rumah sakit.
  • Jadwal perjanjian home care dan on site akan diinformasikan oleh petugas kami melalui whatsApp/e-mail/telepon.
  • Tidak tersedia di hari minggu & tanggal merah.
  • Pemeriksaan antibodi total dilakukan oleh Dokter Umum
  • Paket Personal Home Care dan On Site tersedia untuk area 10 km dari lokasi Primaya Hospital.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi PIC masing-masing cabang Primaya Hospital di bawah ini:

Primaya Hospital Bekasi Barat : Tanti 081284328546 / Customer Care : 08111888592

Primaya Hospital Bekasi Timur : Arga 081280060086/ Customer Care :  087775666662

Primaya Hospital Bekasi Utara : Doni : 0811 1995 221, Admisi : 0812 9286 4217

Primaya Hospital Evasari Jakarta : Ninik 082123400066  / Dayu 0895331597273

Primaya Hospital Tangerang :  Pitri 087771671806 / Customer Care : 081319309041

Primaya Hospital Betang Pambelum Palangka Raya : Setny 0811527701

Primaya Hospital Makassar : Zakaria 081241056732

Primaya Hospital Karawang : Nungki 08111777811