Kiat Sukses ASI Eksklusif yang Wajib Bunda Ketahui

Kiat Sukses ASI Eksklusif yang Wajib Bunda Ketahui

Bagi kalangan ibu, terlebih yang baru melahirkan anak pertama, kiat sukses ASI eksklusif adalah hal yang amat penting. Terutama bagi ibu bekerja atau tidak punya pengetahuan yang komprehensif mengenai betapa vitalnya peran ASI. ASI (air susu ibu) merupakan kandungan nutrisi terbaik bagi bayi. ASI antara lain mengandung berbagai vitamin, mineral, protein, lemak, dan karbohidrat yang penting untuk tumbuh kembang bayi yang maksimal. Karena itulah Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan menggalakkan program ASI eksklusif.

Program ASI eksklusif adalah pemberian ASI saja secara langsung kepada bayi hingga berumur enam bulan. Berdasarkan penelitian, ASI eksklusif berguna membuat bayi tumbuh dan berkembang optimal serta terhindar dari berbagai risiko penyakit agar Ibu bisa ikut merasakan manfaat ASI eksklusif, berikut ini kiat sukses ASI eksklusif yang wajib bunda ketahui terutama penyakit-penyakit infeksi.

 

Konsumsi Makanan Bergizi

Kecukupan gizi ibu akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. Makin bergizi makanan yang dikonsumsi, makin tinggi kualitas dan kuantitas ASI. Itulah sebabnya ibu menyusui perlu memastikan dirinya mengonsumsi makanan bergizi sebagai kiat sukses ASI eksklusif.

Baca Juga:  Pentingnya Imunisasi Anak Saat Pandemi Covid-19

Disiplin dan Percaya Diri

Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) menyebutkan disiplin dan percaya diri merupakan faktor yang penting untuk keberhasilan ASI eksklusif. Disiplin terkait dengan pemberian ASI secara berkala. Artinya, ibu mesti memberikan ASI kapan pun bayi membutuhkan, untuk bulan-bulan awal, bayi diharapkan bisa menyusui ASI tiap 2 jam.

Selain disiplin, ibu yang percaya diri dalam menyusui lebih berpeluang sukses dalam program pemberian ASI eksklusif. Ibu harus sejak awal percaya pada dirinya bahwa dia mampu menghasilkan dan memberikan ASI yang optimal. Kepercayaan diri ini bisa terbentuk dengan menanamkan optimisme serta menghindari stres yang berlebihan.

Memahami Teknik Dasar Menyusui

Kiat sukses ASI eksklusif selanjutnya adalah memastikan bahwa ibu telah menguasai teknik dasar menyusui dan bisa menerapkannya. Teknik ini berupa cara pemberian ASI kepada bayi dengan pelekatan serta posisi yang benar. Terdapat tiga macam cara menyusui, yakni duduk, berbaring, dan seperti memegang bola. Masing-masing memiliki teknik tersendiri.

Baca Juga:  Kelebihan ASI Eksklusif Dibanding Susu Formula

Menurut Kementerian Kesehatan, tanda posisi bayi yang benar saat menyusui antara lain:

  • Bagian depan tubuh bayi menempel pada tubuh ibu
  • Dagu bayi menempel pada payudara ibu
  • Dada bayi menempel pada bagian dasar payudara ibu
  • Telinga bayi segaris lurus dengan leher dan lengan bayi
  • Mulut bayi terbuka lebar, bagian bawah bibir terbuka
  • Isapan bayi dalam dan perlahan
  • Puting susu tidak terasa sakit

Dukungan Suami & Keluarga

Bukan hanya ibu yang bertugas menjalankan kiat sukses ASI eksklusif. Ibu membutuhkan peran dari suami dan anggota keluarga lain sebagai pendukung di belakangnya. Dukungan itu akan menambah motivasi dan kepercayaan diri ibu dalam pemberian ASI. Bentuk dukungan suami dan keluarga antara lain kesiapsiagaan membantu kebutuhan menyusui, seperti menjaga suasana tenang dan kondusif.

Konsultasi Laktasi dengan Dokter yang Berpengalaman

Demi memastikan kesuksesan ASI eksklusif, ibu juga mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter yang berpengalaman. Dalam konsultasi laktasi ini, ibu bisa meminta langsung kiat sukses ASI eksklusif sekaligus mengungkapkan apa saja keluhan dan halangan yang muncul dalam upaya memberikan ASI secara eksklusif kepada buah hati. Datanglah dengan suami ketika konsultasi agar suami juga menerima informasi dari dokter yang dapat digunakan untuk memberikan dukungan kepada ibu.

Baca Juga:  Cukupi Nutrisi Untuk Pertumbuhan Gigi pada Bayi

 

Ditinjau oleh:

dr. Baginda P. Hutahaean, SpA, MSi.Med

Dokter Spesialis Anak

Primaya Hospital Karawang

 

Referensi:

http://promkes.kemkes.go.id/manfaat-asi-eksklusif-untuk-ibu-dan-bayi

https://www.kemkes.go.id/article/view/19080800004/berikan-asi-untuk-tumbuh-kembang-optimal.html

Bagikan ke :