Terapi Kanker dan Operasi Khusus Pasien Kanker​​​​​​​​​​ Padat (Solid Cancer)

Terapi Kanker dan Operasi Khusus Pasien Kanker__________ Padat (Solid Cancer)

Pasien kanker padat (solid cancer)  memiliki sejumlah opsi penanganan (multi modalitas) , tergantung tingkat keparahan (stadium) kanker tersebut, berupa operasi, dan bila di perlukan dilakukan terapi ajuvan berupa kemoterapi, radiasi, terapi target, hormonal, immuneCel theraphy, TAE/TACE/TACI, terapi paliatip.

Operasi menjadi pilihan utama untuk menangani kanker padat. Bila stadium kanker tersebut adalah stadium 3 dan atau 4 maka memerlukan terapi ajuvan tergantung organ primer dari kanker-nya.

Terdapat berbagai jenis operasi untuk pasien kanker, dari pembedahan konvensional, laparoskopi sampai laser.

Dokter akan memberikan tindakan operasi sesuai dengan hasil pemeriksaan.

Operasi untuk pasien kanker bertujuan menghilangkan kanker primer dan jaringan yang masih sehat di sekitarnya guna mencegah penyebaran kanker secara lokal. Jenis dan tingkat keberhasilan operasi kanker bergantung pada tipe, stadium, ukuran, penyebaran, dan lokasi kanker.

Baca Juga:  Operasi Batu Empedu dengan Laparoskopi

Operasi yang berlangsung pada tahap awal kanker, akan memberikan hasil yang memuaskan dan tercapai residu nol.

Dokter akan memberikan terapi ajuvan pada stadium 3 dan 4  Penanganan tambahan penting untuk memusnahkan sel kanker yang terlepas tersebut.

Kadang operasi tidak bisa mengangkat kanker seluruhnya jika massanya terlalu besar. Operasi hanya dapat mengurangi ukurannya, lalu dokter menjalankan kemoterapi neo ajuvan untuk mengecilkan ukuran kanker.

 

Narasumber:

dr. Fajar Firsyada, Sp.B-KBD

Dokter Spesialis Bedah Digestif

Primaya Hospital Bekasi Barat

 

Sumber gambar : Freepic

Bagikan ke :