Cara Menyuburkan Kandungan Secara Alami

Setelah menikah, tidak ada yang bisa memprediksi kapan akan hadir sang buah hati. Sembari menanti, banyak pilihan cara menyuburkan kandungan secara alami. Cara ini menjadi pilihan banyak kaum Hawa yang enggan menggunakan obat-obatan kimiawi lantaran dipandang lebih aman bagi kesehatan dan lebih murah.

Bila Anda dan pasangan sehat-sehat saja dan secara teratur berhubungan intim tanpa alat kontrasepsi, biasanya kehamilan bisa terjadi dalam waktu satu tahun setelah pernikahan. Namun interval waktu ini bisa saja berbeda pada setiap pasangan. Sebagai antisipasi, Anda dapat menerapkan cara menyuburkan kandungan secara alami ini demi mempercepat penantian itu.

Jaga pola hidup sehat

Cara menyuburkan kandungan secara alami yang paling dasar adalah menerapkan dan menjaga pola hidup sehat. Usahakan setidaknya 3 kali berolahraga dalam sepekan. Tak perlu olahraga berat, joging selama satu jam saja sudah cukup untuk menjaga kebugaran.

Lebih baik lagi bila Anda terbiasa melakukan olahraga yang menggerakkan semua organ tubuh. Misalnya aerobik. Sebab, kondisi tubuh bakal lebih sehat. Selain itu, hindari kebiasaan tak sehat seperti merokok, sering begadang, atau minum kopi.

Makan makanan sehat

Terkait dengan pola hidup sehat, makanan yang sehat juga merupakan salah satu cara menyuburkan kandungan secara alami. Hindari makanan cepat saji atau jajanan yang tak menyehatkan. Pastikan mendapat asupan dengan nutrisi dan gizi seimbang.

Nutrisi berkaitan langsung dengan kesehatan. Perhatikan asupan serat, karbohidrat, protein, dan lemak esensial harian sesuai dengan kebutuhan. Asupan makanan yang mengandung asam folat juga perlu. Asam folat memang lebih berpengaruh dalam proses kehamilan, tapi penting pula untuk mengasupnya sejak dini sebagai cara menyuburkan kandungan secara alami.

Hindari stres

Stres bisa menimbulkan gangguan psikis dan hormonal. Masalah ini bisa mempengaruhi kesuburan wanita. Bila terjadi stres, frekuensi hubungan intim juga bisa berkurang sehingga peluang kehamilan lebih kecil.

Perhatikan siklus ovulasi

Setiap wanita memiliki siklus ovulasi masing-masing. Anda harus tahu siklus ini agar mendapat tanggal yang tepat ketika dalam puncak kesuburan untuk berhubungan intim. Terdapat berbagai alat pendeteksi ovulasi, tapi Anda juga bisa menggunakan sistem kalender untuk melihat siklus ini.

Jaga berat badan ideal

Menurunkan berat badan bisa menjadi salah satu cara menyuburkan kandungan secara alami. Sebab, hormon estrogen yang berpengaruh dalam proses kehamilan dipengaruhi oleh lemak tubuh. Jika berat badan ideal, peluang kehamilan bakal lebih besar.

Kesimpulan : Cara Menyuburkan Kandungan

Poin-poin di atas dapat dicoba sebagai cara menyuburkan kandungan secara alami. Tapi ada kemungkinan dibutuhkan peran dokter, terutama jika ada tanda-tanda infertilitas. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), infertilitas didefinisikan sebagai adanya gangguan pada sistem reproduksi sehingga seorang wanita tak bisa hamil secara klinis setelah 12 bulan atau lebih berhubungan intim secara rutin tanpa alat kontrasepsi.

Dalam hal ini, konsultasi dengan dokter spesialis kandungan dibutuhkan untuk mendapatkan tindakan medis yang tepat. Menurut Kementerian Kesehatan, infertilitas pada perempuan bisa disebabkan oleh masalah hormon, adanya sumbatan, atau faktor lokal seperti kelainan kongenital vagina.

Bila demikian, cara menyuburkan kandungan secara alami bisa dibarengi dengan tindakan medis yang dibutuhkan. Jika Anda menemukan tanda-tanda infertilitas, segera temui dokter agar bisa diambil tindakan segera. Akan lebih baik jika pemeriksaan fertilitas bisa dilakukan sebelum pernikahan. Dengan begitu, prosedur yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah kesuburan dapat dilaksanakan sejak dini sehingga peluang kehamilan pun lebih besar.

 

Ditinjau oleh:

dr. Wiliam Timotius Wahono, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri and Ginekologi

Primaya Hospital Tangerang

 

Referensi:

https://www.webmd.com/baby/features/8-ways-to-boost-your-fertility#1

http://www.yankes.kemkes.go.id/read–infertilitas-7828.html

https://americanpregnancy.org/planning/get-pregnant-naturally/

Bagikan ke :