• Emergency
  • 150 108

Berbagai Cara Mencerahkan Kulit yang Kusam

Berbagai Cara Mencerahkan Kulit yang Kusam

Banyak orang berupaya keras untuk mencerahkan kulit kusam. Masyarakat pun dibanjiri produk krim pencerah kulit dan segudang tawaran perawatan, dari laser hingga pengelupasan kulit secara kimia. Kulit kusam terjadi karena berbagai hal, dari pigmentasi terkait dengan sinar matahari, pertambahan usia, hingga bekas luka serta hiperpigmentasi dari jerawat lama yang tak tertangani dengan baik.

Upaya mencerahkan kulit kusam harus dilakukan dengan hati-hati. Terlebih bila memakai produk perawatan kulit atau skin care tanpa resep dokter. Bila tak cermat dalam menggunakan berbagai produk yang dijual bebas, kulit justru malah rusak dan dampaknya terasa dalam jangka panjang.


 

Mencerahkan Kulit yang Kusam

Kulit kusam umumnya ditandai dengan kulit yang tampak kurang memancarkan cahaya atau tak bersemarak. Berbeda dengan kulit cerah yang seakan-akan dapat memantulkan cahaya secara merata, kulit kusam memiliki warna atau tekstur yang tidak merata sehingga pantulan cahaya pun kurang merata.

Untuk mencerahkan kulit kusam, kita harus mengetahui dulu apa penyebabnya. Kulit kusam utamanya terjadi karena menumpuknya sel kulit mati pada permukaan kulit. Jutaan sel kulit mati setiap hari dan bisa bertumpuk satu sama lain seperti partikel debu.

Lapisan kulit mati ini mencegah kulit memantulkan cahaya dan dapat membuat wajah terlihat lebih pucat. Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan pembaruan permukaan kulit menurun, menyebabkan peningkatan penumpukan sel kulit mati.

Penyebab lainnya termasuk:

  • Radikal bebas: kotoran dan sulfur dioksida di udara menimbulkan radikal bebas pada kulit, merusak kolagen, dan menstimulasi produksi pigmen yang membuat kulit terlihat layu.
  • Stres: saat stres, aliran darah ke wajah teralihkan ke bagian tubuh lain, misalnya otot, sehingga wajah terlihat kusam.
  • Kurang tidur: kulit berkesempatan memulihkan diri saat kita tidur. Bila kurang tidur, kulit menjadi lebih kusam dan tampak lelah.
  • Dehidrasi: kurang minum air putih membuat kulit kehilangan kelembapan sehingga tak lagi cerah.
  • Tak membersihkan dandanan: jika lupa membersihkan dandanan sebelum tidur, kulit tak bisa memulihkan diri dan justru terjadi iritasi serta penuaan dini.
  • Gaya hidup tidak sehat: merokok, kurang berolahraga, dan pola makan tidak sehat bisa menurunkan tingkat kecerahan kulit.
  • Paparan sinar matahari: sinar matahari mengandung zat yang bisa merusak kulit jika paparan terlalu lama dan tanpa pelindung tabir surya.

 

Gaya Hidup Sehat Untuk Mencerahkan Kulit

Bisa dikatakan semua orang ingin memiliki kulit yang cerah bersinar alih-alih kulit kusam. Tapi masih banyak yang berat untuk meninggalkan gaya hidup tak sehat. Faktanya, tampilan kulit kita sangat dipengaruhi oleh gaya hidup.

Baca Juga:  Gangguan Kulit pada Batita

Karena itu, upaya mencerahkan kulit kusam bisa diawali dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Berikut ini beberapa caranya:

  • Minum lebih banyak: air putih memiliki peran yang sangat besar dalam kesehatan, termasuk penampilan wajah. Kulit membutuhkan banyak air untuk dapat mengembalikan kecerahan warnanya.
  • Tidur cukup: pastikan tidur 7-8 jam sehari agar tubuh punya kesempatan lebih banyak untuk menyingkirkan kulit yang rusak dan memperbaiki diri.
  • Makan-minum sehat: jaga pola dan menu makan sehat dengan menghindari junk food serta makanan/minuman berpengawet. Perbanyak sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin, terutama vitamin E untuk mencerahkan kulit kusam. Selain itu, ketimbang minuman bersoda dan penuh gula, lebih baik banyak minum air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

 

Penggunaan Skin Care

Skin care bisa membantu kita merawat kesehatan kulit dan mencerahkan kulit kusam. Namun jangan sembarangan menggunakan produk perawatan kulit. Ada sejumlah hal yang perlu diketahui sebelum memakai skin care:

Ketahui jenis kulit

Jenis kulit tiap orang berbeda-beda. Ada yang kering, berminyak, dan kombinasi kering-berminyak. Ada juga yang sensitif terhadap zat-zat tertentu. Karena itu, sebelum menggunakan skin care, ketahui dulu jenis kulit kita dan cocokkan dengan peruntukan produk itu. Jika bingung menentukan jenis kulit, bisa berkonsultasi dulu dengan dokter kulit atau dermatolog.

Sesuaikan dengan waktu

Produk skin care umumnya terbagi menjadi produk pagi dan malam. Artinya, produk yang dipakai pada pagi hari semestinya tidak digunakan saat malam. Begitu pula sebaliknya. Sebab, kandungan dalam produk itu difokuskan pada tujuannya. Produk pagi untuk pencegahan dan perlindungan selama seharian, sedangkan produk malam untuk pembersihan dan pemulihan.

Cuaca juga berpengaruh

Skin care juga disesuaikan dengan cuaca saat itu. Saat musim hujan, perbanyak pelembap untuk mencegah kulit kering. Sedangkan ketika musim kemarau, kulit biasanya lebih berminyak sehingga butuh lebih banyak pembersih minyak.

Cocokkan dengan usia

Skin care mujarab mencerahkan kulit kusam bila pas dengan usia pemakainya. Pada usia 20-30-an tahun, kulit umumnya lebih kuat dan risiko penuaan masih kecil. Karena itu, fokus produk perawatan semestinya untuk pencegahan dan perlindungan. Sedangkan bagi yang telah berusia 40-an tahun ke atas sebaiknya lebih berfokus pada penguatan kulit.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Minyak di Wajah

 

Tips Mandi untuk Mencerahkan Kulit

Mandi adalah langkah dasar untuk mencerahkan kulit kusam. Dengan mandi, kita bisa membersihkan sekujur tubuh dan menyingkirkan sel kulit mati. Agar lebih efektif untuk membuat kulit lebih cerah, praktikkan tips mandi di bawah ini:

  • Gunakan air yang tak terlalu panas dan tak terlalu dingin alias suam-suam kuku. Dengan begitu, tubuh tidak kehilangan kelembapan.
  • Gunakan pelembap kulit setelah mandi karena tubuh kehilangan sebagian kelembapan saat mandi. Pakai pelembap kulit yang sekaligus dapat mencegah peradangan bila ada jerawat atau luka pada kulit.
  • Oleskan minyak alami karena tubuh juga kehilangan sebagian minyak ketika mandi. Misalnya minyak alpukat yang bisa mengatasi kulit kering dan punya kandungan antioksidan untuk membuat kulit lebih cerah.
  • Jangan terlalu banyak menggunakan sabun karena kulit bisa menjadi terlalu kering. Gunakan sabun secukupnya dan sesuaikan dengan karakteristik kulit.
  • Lakukan eksfoliasi dengan produk skin care sebelum atau saat mandi untuk melenyapkan sel kulit mati pada wajah dan tubuh.

 

Perawatan Kulit Kusam oleh Dokter Spesialis Kulit

Cara teraman untuk mencerahkan kulit kusam adalah dengan meminta bantuan dokter spesialis kulit. Dokter akan menyarankan tindakan medis yang sesuai dengan kondisi dan keluhan pasien. Dokter juga akan meresepkan produk perawatan kulit yang lebih terjamin keamanannya.

Ada berbagai metode mencerahkan kulit kusam dengan peralatan medis oleh dokter spesialis kulit. Konsultasikan dulu masalah kulit untuk mendapatkan metode yang paling tepat dan aman.

 

Ditinjau oleh:

dr. Rusnawi, Sp.KK

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Primaya Hospital Bhakti Wara

 

Referensi:

How Can I Lighten My Skin Naturally?. https://www.medicinenet.com/how_can_i_lighten_my_skin_naturally/article.htm. Diakses 20 Oktober 2021

Anti-aging and brightening effects of a topical treatment containing vitamin C, vitamin E, and raspberry leaf cell culture extract: A split-face, randomized controlled trial. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/jocd.13305. Diakses 20 Oktober 2021

Skin Aging & Modern Age Anti-aging Strategies. https://globaljournals.org/GJMR_Volume19/3-Skin-Aging-and-Modern-Age.pdf. Diakses 20 Oktober 2021

Brain-Skin Connection: Stress, Inflammation and Skin Aging. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4082169/. Diakses 20 Oktober 2021

Skin Care Products: What do they promise, what do they deliver. https://www.researchgate.net/publication/299475540_Skin_Care_Products_What_do_they_promise_what_do_they_deliver. Diakses 20 Oktober 2021

Bagikan ke :

Promo

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.