• Emergency
  • 150 108
  • Chatbot

Pusat Layanan Stroke

Primaya Hospital menyediakan Pusat Layanan Stroke yang didukung oleh tim medis terlatih dan fasilitas bertaraf internasional. Keberadaan tim medis dan fasilitas yang berkualitas ini penting karena telah terbukti berperan besar dalam pencegahan, pemeriksaan, pengobatan, hingga pemulihan pasien stroke.

Penanganan pasien di Pusat Layanan Stroke menerapkan standar yang diakui secara global. Dalam memberikan layanan, tim Primaya Hospital memastikan keamanan, keselamatan, dan kesehatan pasien sebagai prioritas utama.

1. Layanan Diagnostik: Konsultasi Dokter dan Medical Check Up

Stroke adalah salah satu penyakit paling mematikan di seluruh dunia. Karena itu, Pusat Layanan Stroke di Primaya Hospital memiliki layanan preventif dan deteksi dini terhadap stroke.

Pasien dapat datang ke Primaya Hospital untuk berkonsultasi atau menjalani pemeriksaan medis guna mengantisipasi risiko stroke. Tim medis yang terdiri atas dokter lintas bidang serta perawat dan tenaga kesehatan lain akan melakukan pemeriksaan sebelum stroke berkembang dan berdampak pada kualitas hidup pasien.

Pemeriksaan yang bisa dilakukan antara lain:

  • Pemeriksaan Neurologis: pemeriksaan sistem saraf pusat untuk melihat apakah ada kelainan
  • Tes Darah: pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan tekanan darah untuk menilai risiko seseorang terkena stroke
  • Tes Pemindaian Otak menggunakan CT-Scan: pengecekan otak dengan teknologi sinar-X atau medan magnet untuk mengetahui pasien mengalami stroke iskemik atau hemoragik
  • Ekokardiografi: pemeriksaan dengan gelombang suara untuk melihat risiko penggumpalan darah pada pasien stroke

Tim dokter di Pusat Layanan Stroke juga melayani jenis pemeriksaan lainnya yang berkaitan dengan stroke. Hasil pemeriksaan itu akan digunakan sebagai dasar untuk menentukan tingkat risiko atau menegakkan diagnosis stroke pada pasien.

Bila risiko stroke terdeteksi sejak dini lewat serangkaian pemeriksaan ini, ada peluang lebih besar untuk mencegah serangan stroke lebih parah yang dapat menurunkan kualitas hidup. 

Daftar Konsultasi Dokter dan Medical Check Up

Bersama Dokter Spesialis Berpengalaman dan Kompeten

2. Layanan Kuratif: Variasi dan Penanganan Kasus      

Pusat Layanan Stroke di Primaya Hospital memahami penanganan kasus per kasus stroke sepenuhnya. Bagi pasien stroke, waktu adalah kunci. Makin cepat penanganan sejak gejala stroke muncul, makin besar peluang pemulihan.

Itu sebabnya tim medis di Primaya Hospital yang telah mendapat pelatihan khusus dalam penanganan stroke akan sesegera mungkin menegakkan diagnosis dan melakukan perawatan demi memberi pasien kesempatan terbaik untuk sembuh. Jenis tindakan yang dapat dilakukan antara lain:

  • Dekompresi kraniektomi: prosedur bedah tulang tengkorak untuk meningkatkan volume dalam otak

Jenis kasus yang dapat ditangani:

  • Stroke iskemik: stroke yang terjadi ketika pembuluh darah yang mensuplai otak menyempit atau tersumbat sehingga mengganggu aliran darah dan oksigen ke otak
  • Stroke hemoragik: stroke yang dipicu perdarahan di otak akibat pecahnya pembuluh darah pada otak
  • Stroke ringan: gejala stroke yang terjadi dalam waktu singkat ketika aliran darah ke otak terganggu sesaat

Buat Janji Bertemu Dokter, Mudah dan Cepat

Bersama Dokter Spesialis Berpengalaman dan Kompeten

3. Layanan Rehabilitasi dan Pemulihan Pasien       

Stroke dapat menyebabkan masalah pada fungsi wicara, penglihatan, ingatan, keseimbangan, atau gerakan. Pasien stroke juga bisa mengalami kelumpuhan. Karena itu, pasien sering kali harus mempelajari kembali fungsi dasar seperti berjalan, berbicara, makan, dan lainnya setelah stroke.

Untuk itu, Pusat Layanan Stroke di Primaya Hospital menyediakan layanan rehabilitasi dan pemulihan pasien. Di sini, pelayanan tidak berhenti hanya setelah perawatan atau operasi. Primaya memiliki tim dokter multidisiplin yang akan berkolaborasi untuk membantu rehabilitasi dan pemulihan pasien.

A. Rehabilitasi Post Operasi

Primaya Hospital menggunakan metode rehabilitasi stroke berbasis teknologi yang dirancang sesuai dengan kebutuhan pasien. Tim medis berkomitmen untuk memulihkan kemampuan pasien seoptimal mungkin lewat serangkaian program rehabilitasi. Dalam program rehabilitasi ini, keluarga pasien juga dilibatkan demi memperbesar peluang pemulihan. Di antaranya:

  • Fisioterapi: latihan dengan atau tanpa alat guna meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh serta kekuatan otot
  • Terapi psikologi: terapi untuk meningkatkan kondisi mental pasien pasca-stroke
  • Terapi gizi: pemeriksaan dan pemberian rekomendasi untuk memenuhi kebutuhan gizi demi mempercepat masa pemulihan

B. Pemulihan Pasien di Ruang Perawatan

Seusai operasi, pasien stroke umumnya harus menjalani rawat inap selama beberapa hari di rumah sakit. Tapi sebelumnya pasien harus ditempatkan di ruang perawatan demi pemulihan pasca-operasi. Selama di ruang perawatan, kondisi pasien akan dipantau secara ketat oleh tim medis.

Periksa Kesehatan Jantung, Daftar Melalui Website

Bersama Dokter Spesialis Berpengalaman dan Kompeten

4. Teknologi dan Fasilitas yang Dimiliki

Primaya Hospital menggunakan teknologi terdepan dalam penanganan pasien di Pusat Layanan Stroke. Fasilitas yang dimiliki juga mendukung perawatan pasien sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan teknologi dan fasilitas bertaraf internasional ini bertujuan memastikan pasien mendapatkan penanganan yang tepat, aman, dan efektif.

  • Craniotomy: prosedur pengangkatan sebagian tulang tengkorak sebagai bagian dari operasi otak
  • EVD: alat untuk mengeluarkan sebagian cairan otak untuk mengurangi tekanan di bagian dalam kepala
  • Shunting: penggunaan alat untuk mengurangi cairan yang menumpuk di otak dengan cara mengalirkan cairan ke bagian tubuh lain
  • Acute Care (Intensive): fasilitas yang dirancang khusus untuk merawat pasien stroke akut secara intensif
  • Post Acute Care (Inpatient): perawatan stroke pasca-akut, termasuk rehabilitasi atau layanan paliatif, bagi pasien di rumah sakit
  • Stroke Rehabilitation: layanan rehabilitasi bagi pasien setelah menjalani perawatan stroke

Buat Janji Bertemu Dokter, Mudah dan Cepat

Bersama Dokter Spesialis Berpengalaman dan Kompeten

5. Tim Medis Berpengalaman dan Kompeten

Primaya Hospital menghadirkan tim medis yang berpengalaman dan kompeten dari beberapa bidang spesialisasi, antara lain neurologi, bedah saraf, neuroradiologi, dan perawatan neurokritis.

Pendekatan kolaboratif di Pusat Layanan Stroke juga melibatkan perawat profesional dan terlatih di bidang ilmu saraf serta staf non-medis yang senantiasa siap melayani kebutuhan pasien.

Dengan dukungan peralatan modern dan fasilitas berkualitas terbaik, tim medis Primaya Hospital berkomitmen memberikan penanganan terbaik bagi pasien stroke.

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.