• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Percutaneus Transvenous Mitral Commissurotomy (PTMC)

Percutaneus Transvenous Mitral Commissurotomy (PTMC)Balloon Mitral Valvulotomy

Katup jantung termasuk bagian dari jantung yang kerap mengalami masalah, antara lain stenosis mitral. Kondisi ini ditandai dengan penyempitan atau perubahan struktural pada lubang katup mitral sehingga aliran darah dari serambi kiri (atrium) ke bilik kiri (ventrikel) jantung terganggu. Untuk mengatasinya, terdapat prosedur percutaneus transvenous mitral commissurotomy (PTMC)/balloon mitral valvulotomy yang sering menjadi pilihan.

 

buat jani dokter primaya

Mengenal Percutaneus Transvenous Mitral Commissurotomy (PTMC)/Balloon Mitral Valvulotomy

Percutaneus transvenous mitral commissurotomy (PTMC)/balloon mitral valvulotomy adalah prosedur medis yang antara lain bertujuan mengobati stenosis mitral. Dokter melakukan PTMC dengan cara memasukkan kateter yang dilengkapi semacam balon pada ujungnya lewat pembuluh darah kecil atau vena pada lengan atau kaki. Kateter kemudian diarahkan ke katup jantung yang menyempit.

Begitu sudah sampai di lokasi yang dimaksudkan, balon di ujung kateter ditiup sehingga katup yang mengalami penyempitan bisa melebar. Dengan demikian, aliran darah dari atrium ke ventrikel kiri jantung kembali normal dan tak ada lagi gejala stenosis mitral yang dirasakan pasien.

Seperti dikutip dari National Library of Medicine, berbeda dengan operasi jantung konvensional, PTMC / balloon mitral valvulotomy adalah prosedur minimal invasif yang tak memerlukan pembedahan terbuka.

Karena itu, pasien bisa lebih cepat pulih dan risiko komplikasinya lebih kecil. Meski begitu, prosedur ini tak selalu dapat diterapkan pada semua pasien stenosis mitral. Perlu pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi pasien untuk dapat memutuskan penerapan prosedur PTMC.

 

Siapa Saja yang Memerlukan Percutaneus Transvenous Mitral Commissurotomy (PTMC)/Balloon Mitral Valvulotomy

Pada umumnya, percutaneus transvenous mitral commissurotomy (PTMC)/balloon mitral valvulotomy menjadi opsi untuk pasien stenosis mitral. Pada stenosis mitral, katup jantung tak dapat terbuka sepenuhnya. Walhasil, darah yang semestinya mengalir ke bilik kiri jantung justru kembali ke serambi dan juga paru-paru.

Kondisi ini umumnya berkembang perlahan seiring dengan waktu dan gejalanya bisa saja baru muncul setelah beberapa tahun. Gejala itu meliputi sesak napas, nyeri dada, dan kelelahan. Makin lama tanpa penanganan, kondisi ini bisa menyebabkan detak jantung tak beraturan, infeksi jantung, stroke, gagal jantung, dan edema paru atau penumpukan cairan di dalam paru-paru.

Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan pasien adalah kandidat yang tepat untuk percutaneus transvenous mitral commissurotomy (PTMC)/balloon mitral valvulotomy. Selain PTMC, pasien stenosis mitral bisa menjalani prosedur lain seperti pengobatan untuk mengendalikan gejala.

 

Kapan Seseorang Memerlukan PTMC / Balloon Mitral Valvulotomy

Seseorang mungkin memerlukan percutaneus transvenous mitral commissurotomy (PTMC)/balloon mitral valvulotomy ketika mengalami stenosis mitral cukup parah dengan gejala yang sudah sangat mengganggu kualitas hidup dan tak kunjung membaik dengan pengobatan. Dengan PTMC, gejala seperti sesak napas dapat diatasi ketika aliran darah sudah kembali lancar. Faktor lain yang mempengaruhi keputusan penerapan PTMC untuk stenosis mitral termasuk:

 

Manfaat/Tujuan

Sebagai prosedur minimal invasif, percutaneus transvenous mitral commissurotomy (PTMC)/balloon mitral valvulotomy menawarkan sejumlah manfaat bagi pasien dibanding prosedur bedah terbuka. Prosedur ini bertujuan memulihkan aliran darah yang terhambat karena adanya penyempitan pada katup mitral. Berikut ini rincian manfaat/tujuan PTMC:

 

Persiapan Sebelum Menjalani PTMC / Balloon Mitral Valvulotomy

Persiapan percutaneus transvenous mitral commissurotomy (PTMC)/balloon mitral valvulotomy serupa dengan banyak prosedur minimal invasif lain. Pertama-tama, pasien perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung atau kardiolog untuk memastikan prosedur PTMC tepat untuk mengatasi stenosis mitral yang dialami.

Konsultasi akan diikuti dengan serangkaian pemeriksaan medis, seperti tes darah, pemeriksaan fisik, elektrokardiogram, dan ekokardiogram, untuk lebih memahami kondisi jantung. Begitu sudah ada jadwal tindakan, dokter atau perawat akan menginformasikan persiapan berikutnya yang umumnya mencakup:

 

Prosedur dan Pelaksanaan

Percutaneus transvenous mitral commissurotomy (PTMC)/balloon mitral valvulotomy dilakukan oleh kardiolog. Sebelum pelaksanaan prosedur, pasien mesti berganti pakaian dengan gaun rumah sakit. Agar merasa lebih nyaman selama prosedur, dokter akan memberikan anestesi lokal.

Bila pasien sudah siap, dokter akan memulai prosedur dengan membuat sayatan kecil di pangkal paha, bahu, atau lengan untuk memasukkan kateter yang dilengkapi balon dalam selubung. Setelah itu, dokter memasukkan cairan kontras dan menggunakan sinar-X untuk mengarahkan kateter ke katup jantung.

Begitu kateter sampai di lokasi katup jantung yang mengalami penyempitan, dokter mengembangkan balon di ujung kateter sehingga katup tak lagi menyempit dan aliran darah kembali lancar. Dokter kemudian menarik keluar kateter dan menutup bekas sayatan dengan jahitan atau lem bedah khusus.

 

Perawatan Pasca PTMC / Balloon Mitral Valvulotomy

Seusai prosedur percutaneus transvenous mitral commissurotomy (PTMC)/balloon mitral valvulotomy, pasien dibawa ke ruang pemulihan untuk menjalani pemantauan kondisi secara cermat oleh tim medis. Pasien mesti menjalani tirah baring selama sekitar 2-6 jam, tergantung kondisi pasien.

Untuk mengeluarkan cairan kontras dari tubuh, pasien perlu minum banyak air putih. Pada umumnya, pasien bisa pulang keesokan harinya. Di rumah, pasien sebaiknya menghindari aktivitas fisik yang berat selama beberapa hari sesuai dengan instruksi dokter.

 

Adakah Efek Samping Setelah Percutaneus Transvenous Mitral Commissurotomy (PTMC)/Balloon Mitral Valvulotomy

Layaknya prosedur medis pada umumnya, ada efek samping ataupun risiko percutaneus transvenous mitral commissurotomy (PTMC)/balloon mitral valvulotomy. Di antaranya:

 

PTMC / Balloon Mitral Valvulotomy di Primaya Hospital

Primaya Hospital memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk melakukan percutaneus transvenous mitral commissurotomy (PTMC)/balloon mitral valvulotomy terhadap pasien yang mengalami masalah katup jantung. Dokter spesialis jantung bersama tim medis yang profesional akan memberikan pelayanan terbaik demi kesembuhan pasien.

 

Butuh Rekomendasi Dokter Terbaik, Rumah Sakit dan Perkiraan Biaya Operasi

Tunggu Apalagi, Hubungi PIC Kami untukĀ Konsultasi Gratis terkait Tindakan/Operasi Elektif Anda

Tersedia di :
Primaya Hospital Bekasi Barat

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.