• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Penyakit Saat Puasa yang Perlu Diwaspadai

Puasa merupakan ibadah wajib bagi umat muslim yang dilaksanakan sebulan Penuh di bulan Ramadhan. Sebagai kehati-hatian, Anda perlu mengetahui apa saja penyakit saat puasa yang mungkin saja muncul tiba-tiba.

buat jani dokter primaya

Terlebih, saat berpuasa seseorang tidak bisa langsung mengkonsumsi obat sehingga harus mengontrol kesehatannya dengan baik.

Macam-Macam Penyakit Saat Puasa

Pola makan yang berubah dan beberapa faktor lainnya seperti stres, intensitas kegiatan sehari-hari, serta kesalahan pada pola makan sahur dan berbuka, berpotensi membuat seseorang mengalami penyakit saat berpuasa. Apa saja itu? Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Gula Darah Rendah

Gejala paling umum yang muncul pada orang dengan keluhan gula darah rendah adalah pusing, lesu, tubuh mudah lelah, dan sulit berkonsentrasi. Untuk menurunkan gejalanya, meminimalisir konsumsi makanan manis atau karbohidrat.

Makanan manis atau karbohidrat membuat tubuh memproduksi insulin dalam jumlah berlebih sehingga memberi efek buruk pada tubuh.

2. Nyeri Tenggorokan

Akibat tercegah dari makan dan minum selama kurang lebih 13 jam, tenggorokan menjadi kering. Hal ini akhirnya memicu munculnya rasa nyeri pada tenggorokan apalagi jika Anda berbuka dengan mengonsumsi gorengan atau makanan bertekstur keras.

Bukan hanya itu, suhu rendah juga menjadi penyebab lain orang yang berpuasa mengalami nyeri tenggorokan.

3. Radang Pencernaan

Perut yang kosong selama berjam-jam menyebabkan asam lambung naik. Akhirnya muncul rasa tidak nyaman di perut dan terbakar di area ulu hati. Sebagai langkah pencegahannya, Anda perlu menghindari mengkonsumsi makanan terlalu pedas dan minuman bersoda.

Baca Juga:  Mengenal Diabetes Mellitus Tipe 2

Minuman yang mengandung kafein atau bercita rasa asam juga perlu dihindari. Meskipun enak, tetapi bisa membuat produksi asam lambung meningkat dan menyebabkan radang pencernaan.

4. Tekanan Darah Rendah

Pasti banyak dari Anda yang merasa lemas, letih, lesu, muncul keringat berlebih, dan pusing berkunang-kunang saat menjalankan ibadah puasa. Semua itu merupakan tanda-tanda tubuh kekurangan darah.

Solusi untuk masalah ini adalah meningkatkan konsumsi cairan dan garam sewaktu sahur dan berbuka. Namun, pastikan menyesuaikan kebutuhan tubuh supaya tidak sampai berlebihan.

5. Sembelit

Susah buang air besar atau sembelit adalah kondisi di mana feses sulit keluar dari saluran cerna. Gejala kemunculannya bisa berupa perut terasa penuh, keras, padat, atau kencang. Apabila gejalanya semakin parah, saluran cerna terasa nyeri.

Penyebab utama dari sembelit sendiri adalah kurangnya konsumsi serat dan kebutuhan cairan tubuh tidak terpenuhi. Oleh karenanya, konsumsi sayur, buah, serta minum air putih secukupnya setiap sahur maupun berbuka.

6. Maag

Pasti sudah banyak yang tidak asing dengan maag. Penyebab kemunculan penyakit ini yaitu karena terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas atau asam, junk food, minum minuman berkafein, dan stres berlebih.

Agar maag tidak mengganggu kelancaran berpuasa, usahakan menjaga pola makan. Hindari juga stres berlebihan karena sangat berpotensi memicu kenaikan asam lambung.

Baca Juga:  Cholangiocarcinoma: Kanker Langka pada Saluran Empedu

7.  Kram Otot

Satu lagi penyakit yang umum dialami oleh orang yang sedang berpuasa adalah kram otot. Penyebab utamanya yaitu karena kurangnya konsumsi kalsium, kalium, dan magnesium.

Berdasarkan penyebabnya, solusi efektif untuk mencegah terjadinya kram otot selama berpuasa adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium, magnesium, dan kalium.

Itulah daftar penyakit saat puasa yang paling rawan muncul secara tiba-tiba. Sesuai dengan penjelasan di atas, cegah kemunculannya dengan melakukan berbagai kebiasaan baik. Jangan lupa penuhi asupan nutrisi serta cairan tubuh dan imbangi dengan olahraga teratur, setidaknya 30 menit setiap harinya.

Narasumber:

dr. Barry Anggara, Sp. PD

Spesialis Penyakit Dalam

Primaya Hospital Bekasi Timur

 

 

Referensi:

Bagikan ke :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.