Elektro Neuro-Miografi (ENMG)

pemeriksaan elektromiografi, rumah sakit awal bros, rs awal bros

Elektro Neuro-Miografi (ENMG) adalah prosedur untuk melakukan pengecekkan kesehatan otot dan pengecekkan saraf yang mengendalikan otot, biasa sering disebut EMG (Elektromiografi). Pemeriksaan Elektro Neuro-Miografi (ENMG)  dilakukan menggunakan alat yang disebut electroneuromyograph lalu rekaman yang dihasilkan disebut dengan Elektroneuromiogram.

Teknik ini mendeteksi potensial aksi dari sel saraf dan otot dengan menggunakan elektroda yang ditempel di atas jaringan otot. Elektro Neuro-Miografi (ENMG)  dilakukan ketika pasien mengalami penjepitan saraf tepi seperti pada carpal tunnel syndrome dan kelemahan otot yang dicurigai bukan karena gangguan pada otak. Pemeriksaan ini dapat membantu untuk membedakan antara masalah-masalah yang berasal dari otot itu sendiri atau dari gangguan syaraf.

Otot memiliki sinyal elektrik yang bergerak saat otot bekerja. Sinyal ini tak ada ketika otot diam. Dengan pemeriksaan Elektro Neuro-Miografi (ENMG), dokter dapat mengamati sinyal kelistrikan otot tersebut untuk menegakkan diagnosis atas keluhan pasien.

 

Siapa Saja yang Memerlukan Pemeriksaan Elektro Neuro-Miografi (ENMG)

Pemeriksaan Elektro Neuro-Miografi (ENMG) berkaitan dengan keluhan seputar otot dan saraf. Orang yang menunjukkan gejala lemah otot atau mengalami nyeri pada ototnya kemungkinan besar memerlukan pemeriksaan Elektro Neuro-Miografi (ENMG). Pemeriksaan ini dapat membantu membedakan masalah otot yang disebabkan oleh cedera saraf yang terikat pada otot atau gangguan sistem saraf, misalnya kelainan otot. Kelainan otot tersebut meliputi:

 

Mengapa Melakukan Pemeriksaan Elektro Neuro-Miografi (ENMG)?

Ketika merasa nyeri pada bagian tubuhnya yang mungkin dipicu gangguan saraf atau otot yang tak kunjung reda, seseorang mungkin memerlukan pemeriksaan Elektro Neuro-Miografi (ENMG). Nyeri itu umumnya menerpa punggung atau leher dengan gejala yang terasa hingga kaki dan lengan. Adapaun gejala yang dapat timbul antara lain:

Dalam banyak kasus, gejala ini dapat hilang dengan sendirinya. Jika tidak, hubungi dokter untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut, termasuk dengan ENMG. Dokter spesialis saraf dapat memanfaatkan hasil pemeriksaan elektroneuro-miografi untuk menemukan penyebabnya dan melihat seberapa serius masalah itu.

 

Risiko dan Persiapan Pemeriksaan Elektro Neuro-Miografi (ENMG)

Pemeriksaan Elektro Neuro-Miografi (ENMG)  tergolong tindakan medis dengan risiko rendah. Risiko ini sangat jarang terjadi, di antaranya perdarahan hebat dan infeksi pada area tubuh tempat dokter memasukkan jarum elektroda.

Guna mengurangi risiko, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Saraf terlebih dahulu. Dari konsultasi ini, dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menilai apakah pasien memerlukan pemeriksaan Elektro Neuro-Miografi (ENMG). Bila merekomendasikan Elektro Neuro-Miografi (ENMG), dokter akan memberikan panduan persiapan bagi pasien. Pasien harus menginformasikan riwayat kesehatannya secara lengkap, termasuk bila rutin mengonsumsi obat-obatan tertentu dan memiliki alat pacu jantung atau alat elektrik lain di dalam tubuh.

 

Prosedur dan Hasil Pemeriksaan Elektro Neuro-Miografi (ENMG)

Prosedur pemeriksaan Elektro Neuro-Miografi (ENMG) berlangsung sekitar 30-90 menit. Dokter Spesialis Saraf akan memasukkan jarum elektroda yang sangat kecil ke kulit lengan atau kaki hingga mencapai otot. Elektroda ini berfungsi menangkap aktivitas kelistrikan otot.

Setelah elektroda terpasang, pasien diminta membuat otot berkontraksi, misalnya dengan menekuk lengan.

Aktivitas kelistrikan lantas terlihat pada monitor dan memberikan informasi tentang kemampuan otot dalam merespons stimulasi saraf. Dokter akan mengevaluasi pola kontraksi untuk menentukan apakah otot memberikan respons sebagaimana mestinya.

Hasil pemeriksaan Elektro Neuro-Miografi (ENMG) menjadi dasar dokter untuk menegakkan diagnosis sekaligus membantu penanganan masalah otot pasien sesuai dengan temuan dan faktor-faktor yang berpengaruh.

 

Pemeriksaan Elektro Neuro-Miografi (ENMG) di Primaya Hospital

Bersama tim medis yang berpengalaman dan kompeten, dokter spesialis saraf di Primaya Hospital dapat melayani pemeriksaan Elektro Neuro-Miografi (ENMG) bagi pasien yang membutuhkan. Primaya Hospital juga memanfaatkan teknologi terkini sebagai sarana penunjang pemeriksaan.

Primaya Hospital senantiasa berupaya memastikan memberikan pelayanan yang profesional bagi pasien. Segera hubungi Dokter Spesialis Saraf Primaya Hospital bila mengalami keluhan seputar otot yang berkelanjutan demi mendapatkan diagnosis dan tindakan yang tepat.

Tersedia di :
Primaya Hospital Bekasi Barat