Terapi ESWL

terapi ESWL, batu ginjal, batu saluran kemih, rumah sakit awal bros

Terapi ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) adalah metode pemecahan batu di saluran kemih dengan teknologi gelombang kejut. Batu saluran kemih dapat mengganggu kehidupan sehari-hari, terutama saat berkemih. Dengan terapi ESWL, Dokter Spesialis Urologi dapat memecah batu itu tanpa operasi, bius total, dan rawat inap. Batu yang telah pecah akan keluar bersama urine. Terapi ESWL telah menjadi prosedur umum rumah sakit untuk mengatasi batu saluran kemih.

Gelombang kejut yang digunakan dapat membuat batu terpecah menjadi fragmen-fragmen kecil sehingga mudah dikeluarkan lewat saluran kemih. Namun, tidak semua batu saluran kemih dapat dipecah dengan terapi ESWL. Hanya batu berukuran kecil berdiameter kira-kira 4 milimeter hingga 2 centimeter yang kemungkinan besar bisa ditangani dengan terapi ini.

 

Siapa Saja yang Memerlukan Terapi ESWL

Dalam sebagian besar kasus, batu saluran kemih berukuran sangat kecil sehingga bisa keluar dengan sendirinya lewat urine. Namun, batu yang ukurannya lebih besar sulit keluar dan tersangkut di saluran kemih hingga menyebabkan perdarahan, pembengkakkan ginjal, kerusakan ginjal, dan infeksi saluran kemih. Orang yang terindikasi memiliki batu ginjal semacam itu memerlukan terapi ESWL sebelum penyakit bertambah parah. Gejalanya antara lain:

 

Mengatasi Batu Saluran Kemih Tanpa Operasi dengan ESWL

Batu saluran kemih mengacu pada endapan padat yang terdapat di ginjal, saluran ginjal, saluran kandung kemih, dan kandung kemih. Endapan ini antara lain terbentuk ketika urine mengandung lebih banyak zat kristal ketimbang cairan atau tubuh kekurangan cairan. Penyebab lainnya adalah adanya infeksi, konsumsi garam berlebih, atau konsumsi obat-obatan tertentu.

Terapi ESWL dapat menjadi cara untuk mengatasi batu saluran kemih tanpa perlu pembedahan atau operasi. Cara ini lebih banyak memberikan manfaat bagi pasien karena:

Seusai terapi ESWL, pasien bisa segera berkegiatan seperti biasa. Secara umum, peluang kesuksesan ESWL tinggi. Tapi terdapat sejumlah faktor yang mempengaruhi keberhasilan prosedur ini seperti ukuran, jenis, dan lokasi batu.

 

Prosedur ESWL

Dokter yang ahli menangani masalah batu saluran kemih adalah Dokter Spesialis Urologi. Pasien perlu menjalani pemeriksaan oleh dokter sebelum menjalani terapi. Pemeriksaan itu mencakup uji laboratorium, ultrasonografi, dan radiologi. Bila dokter menyatakan memungkinkan, terapi ESWL akan dijadwalkan. Dokter akan memberikan obat pereda rasa sakit sebelum terapi berlangsung. Guna mempermudah dokter menemukan lokasi batu, teknologi sinar-X bisa digunakan. Terapi dilakukan dengan mengalirkan gelombang kejut ke permukaan kulit di atas lokasi batu. Tak ada aliran listrik dalam prosedur terapi ESWL. Terapi ini berlangsung kira-kira selama 30-60 menit tergantung jenis dan ukuran batu tersebut.

 

Mencegah Batu Saluran Kemih

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Anda bisa menghindari penyakit batu saluran kemih dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

 

Terapi ESWL di Primaya Hospital

Untuk mengetahui lebih banyak tentang terapi ESWL, Anda dapat menghubungi Primaya Hospital. Primaya Hospital memiliki Dokter Spesialis Urologi dengan tim medis yang berpengalaman dan kompeten untuk membantu Anda mengatasi masalah batu saluran kemih. Primaya Hospital menggunakan teknologi terkini dalam layanannya. Konsultasikan masalah kesehatan Anda untuk mendapat rekomendasi terbaik dari Primaya Hospital.

Tersedia di :
Primaya Hospital PGI Cikini Primaya Hospital Tangerang Primaya Hospital Bekasi Barat Primaya Hospital Betang Pambelum Primaya Hospital Makassar Primaya Hospital Karawang Primaya Hospital Bekasi Timur Primaya Hospital Semarang Primaya Hospital Pasar Kemis