Primaya Hospital Lakukan TEVAR Pada Aorta Jantung

Jakarta, 30 Januari 2019 – Primaya Hospital yang merupakan jaringan rumah sakit swasta nasional adalah grup rumah sakit yang memiliki jumlah akreditasi dari Joint Commission International (JCI) terbanyak di Indonesia. Pada (19/1) Primaya Hospital di Tangerang berhasil melakukan tindakan TEVAR (Thoracic Endovascular Aortic Repair) pada penanganan pasien dengan kondisi aneurisma aorta.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Konsultan Primaya Hospital Tangerang, Dr. Rony M. Santoso, SpJP mengatakan bahwa kasus penyakit kardiovaskular di Indonesia prevelensinya meningkat. Aneurisma aorta ini terjadi karena adanya benjolan pada dinding aorta sehingga melemahkan fungsi aorta tersebut. Dengan berkembangnya teknologi, tindakan TEVAR ini dinilai sebagai terapi yang memiliki mobilitas yang cukup bagus. TEVAR adalah metode yang minimal invasif sehingga pasien tidak perlu dilakukan tindakan operasi bedah (open repair), namun hanya memasang stent graft ke dalam pembuluh darah jantung (aorta). Stent graft ini adalah alat untuk menyangga aorta yang melebar dengan dimasukkan menggunakan kateter.


“Tingkat keberhasilan TEVAR ini mendekati 100% karena sebelum tindakan selalu di re-check dengan MSCT jadi ukurannya tidak akan meleset. Tindakan tersebut berlangsung sekitar 1-2 jam bergantung dari kasusnya,” ujar Dokter Rony. Karena TEVAR ini merupakan tindakan minimal invasif, maka kita hanya melakukan sedasi atau bius ringan. Waktu penanganan lebih singkat, sebab kalau tindakan operasi konvensional bisa memakan waktu lebih dari 3 jam. “Waktu pemulihan juga lebih cepat, pasien sebenernya cukup untuk minum obat secara teratur saja dan menjaga pola makan.  Justru tadinya pasien yang tidak bisa olahraga jadi bisa melakukan olahraga ringan dan beraktifitas normal.”jelas Dokter Rony.

Direktur Primaya Hospital Tangerang dr. Elizabeth MH.Kes mengatakan bahwa Primaya Hospital berupaya untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang memiliki kesadaran dan kepedulian akan kesehatan. Didukung dengan fasilitas lengkap dan tenaga medis yang berpengalaman, Primaya Hospital melayani mulai dari pencegahan, deteksi dini dan pengobatan.

Primaya Hospital berupaya memberikan sistem pelayanan yang baik dan mutu berkualitas. Dengan tenaga ahli yang memiliki kompetensi baik dibidangnya dan mumpuni sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan berstandar internasional. “Primaya Hospital yang memiliki heart center ini ingin terus dikembangkan sehingga dapat menangani layanan yang lebih kompleks atau advanced. Sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang baik mengenai tindakan atau layanan dari penyakit vaskuler ini,” jelas Dokter Elizabeth.

Bagikan ke :