Persiapan Melahirkan Anak Pertama, Bunda Perlu Tahu

Persiapan Melahirkan Anak Pertama, Bunda Perlu Tahu

Menantikan kehadiran anak pertama menjadi momen yang tak bakal bisa terlupakan. Perasaan senang, gugup, cemas, dan bingung, semua bercampur. Apalagi ketika tiba saatnya untuk mematangkan persiapan melahirkan, tatkala hari perkiraan lahir sang buah hati sudah di depan mata.

Wajar bila ayah dan bunda merasa galau dalam persiapan melahirkan anak pertama. Bahkan mereka yang menantikan kehadiran anak kedua, ketiga, atau keempat pun kadang masih merasa khawatir. Kuncinya adalah orang tua mesti bersikap positif      menjelang jadwal persalinan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun mengimbau rumah sakit dan tenaga kesehatan membantu agar melahirkan menjadi pengalaman positif, terutama bagi bunda.

Ada setidaknya enam hal yang patut menjadi perhatian dalam persiapan melahirkan anak pertama. Keenamnya penting untuk membantu memastikan persalinan berjalan lancar.

 

Rutin Mengikuti Senam Hamil

Senam hamil merupakan latihan bagi ibu hamil yang bertujuan menguatkan serta mempertahankan elastisitas otot dan jaringan yang berkaitan dengan proses persalinan, seperti otot dinding perut, otot dasar panggul, dan ligamen. Senam hamil disarankan bagi ibu hamil saat trimester kehamilan kedua atau usia kandungan lebih dari 3 bulan. Bila senam hamil sebelum trimester kehamilan kedua, terdapat risiko abortus alias keguguran lantaran pelekatan janin pada rahim belum cukup kuat.

Baca Juga:  Terlambat Imunisasi Anak, Masih Bisakah Dikejar?

Untuk persiapan melahirkan, bunda sebaiknya rutin mengikuti senam hamil yang diadakan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lain. Bunda bisa juga melakukan senam hamil sendiri di rumah. Tapi bunga harus mengetahui dulu teknik dasarnya agar dapat menarik manfaat senam hamil secara maksimal dan tidak justru membahayakan kondisi janin. Pengetahuan tentang cara senam hamil ini bisa bunda peroleh antara lain dari rumah sakit saat mengikuti kelas.

 

Mempelajari Bagaimana Cara Merawat Bayi

Dalam persiapan melahirkan anak pertama, bunda perlu tahu juga bagaimana cara merawat bayi. Tentu pengetahuan ini bisa bunda dapatkan dari orang tua atau mertua. Tapi akan jauh lebih baik bila bunda menambah pengetahuan dengan menyempatkan diri membaca-baca soal cara merawat bayi.

Dari Kementerian Kesehatan, misalnya, ada Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KITA) yang bisa bunda peroleh dari posyandu atau puskesmas. Bunda juga dapat mengunduh buku ini secara online dari situs Kementerian Kesehatan. Di dalam buku itu terdapat panduan persiapan melahirkan sampai informasi cara menyusui dengan benar. Buku ini sekaligus menjadi catatan atas kesehatan bunda dan bayi yang baru lahir.

 

Memilih Tempat Bersalin

Bunda bebas menentukan hendak bersalin di mana. Yang pasti, jangan sampai lupa memilih tempat bersalin yang sesuai dengan kebutuhan dalam persiapan melahirkan anak pertama. Faktor yang penting sebagai bahan pertimbangan dalam memilih tempat bersalin antara lain:

  • Lokasi: Pilih tempat bersalin yang dekat dengan domisili agar bisa cepat sampai ketika sudah ada tanda melahirkan.
  • Tarif: Harus cocok dengan bujet.
  • Fasilitas: Mesti sesuai dengan kebutuhan. Bila ada risiko dalam kehamilan, sebaiknya pilih tempat bersalin dengan fasilitas lebih memadai.
Baca Juga:  Vaksin untuk Bayi dan Anak sampai Usia 3 Tahun

Konsultasi Dengan Dokter terkait Persiapan Melahirkan

Pemeriksaan kehamilan sejak trimester pertama hingga terakhir sangatlah penting, terutama untuk persiapan melahirkan anak pertama. Dalam pemeriksaan ini, bunda bisa mengetahui kondisi kehamilan, misalnya apakah ada risiko. Bunda juga dapat sekaligus bertanya-tanya kepada dokter mengenai metode persalinan serta tahap persalinan.

Ada dua metode persalinan utama, yakni normal dan caesar. Dokter akan memberikan saran sesuai dengan kondisi kehamilan. Bila ada risiko, dokter akan menyarankan caesar demi keselamatan bunda dan janinnya. Adapun tahap persalinan misalnya mengenai tanda-tanda awal melahirkan.

 

Peralatan yang Harus Dibawa ke RS Saat Bersalin

Bunda sebaiknya membuat daftar peralatan yang harus dibawa ke rumah sakit ketika akan bersalin. Daftar ini memuat barang-barang yang penting bagi bunda, ayah, dan bayi yang kelak lahir, seperti:

  • Kartu identitas
  • Kartu asuransi/BPJS Kesehatan
  • Pakaian ganti, termasuk pakaian dalam, untuk tiga hari
  • Sandal
  • Kaus kaki
  • Bra menyusui
  • Alat sanitasi dan mandi
  • Alat makeup
  • Minyak telon
  • Dan lain-lain
Baca Juga:  Imunisasi HIB, Manfaat, dan Kapan Vaksin HIB Diberikan

Pastikan semua barang ini sudah ada dalam tas yang siap dibawa ketika sudah ada tanda melahirkan.

 

Persiapan Mental dan Fisik Sebelum Persalinan

Ini persiapan melahirkan yang menentukan kelancaran persalinan. Bunda perlu menyiapkan mental dan fisik menjelang kelahiran anak pertama. Bunda bisa meminta dukungan dari ayah serta keluarga dan rajin memupuk pikiran positif. Bangun suasana hati yang baik, antara lain dengan mendengarkan lagi favorit. Mengikuti kelas persiapan melahirkan juga baik untuk mematangkan mental.

Adapun persiapan fisik terkait dengan upaya menguatkan raga saat proses persalinan, terutama dengan metode normal. Bunda harus memastikan tubuh sehat walafiat saat persalinan. Selain berolahraga, bunda sebaiknya cukup beristirahat dan minum suplemen sesuai dengan saran dokter.

 

Ditinjau oleh:

dr Lazuardy Rachman, Sp.OG

Dokter Spesialis Kandungan

Primaya Hospital Bekasi Utara

 

Referensi:

https://www.who.int/reproductivehealth/intrapartum-care/en/

https://www.nidirect.gov.uk/articles/preparing-labour

https://www.healthline.com/health/pregnancy/how-much-do-you-really-need-to-prepare-for-labor

https://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/BUKU%20KIA%2020_03%202016.pdf

Sumber gambar : Freepic

Bagikan ke :