• Emergency
  • 150 108
  • Chatbot

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Apa Efek Sampingnya

Minyak zaitun sering digunakan sebagai salah satu bahan dalam produk perawatan kulit dan kosmetik. Manfaat minyak zaitun untuk kulit dikaitkan dengan sifat antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasinya yang dapat membantu mengelola kondisi kulit. Anda dapat memperoleh manfaat minyak zaitun, tapi harus memperhatikan pula efek sampingnya.

 


Kenali Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Minyak zaitun adalah minyak yang dihasilkan dari buah zaitun. Minyak zaitun dikenal karena manfaat kesehatannya yang luar biasa. Sebagai bahan perawatan kulit, minyak zaitun dapat menghidupkan kembali kulit yang kusam. Karena itulah para ahli kulit banyak memakai minyak zaitun untuk perawatan kulit. Minyak zaitun hadir dengan segudang manfaat untuk setiap jenis kulit. Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah:

1. Memperlambat proses penuaan

Minyak zaitun sarat dengan antioksidan seperti squalene dan asam oleat. Minyak ini juga mengandung flavonoid, vitamin E, dan polifenol. Semua kandungan itu dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan memperlambat proses penuaan. Ini salah satu manfaat minyak zaitun terbesar untuk kulit.

2. Menghapus riasan

Ini juga salah satu manfaat minyak zaitun yang paling penting untuk kulit. Pakar kulit modern merekomendasikan penggunaan bahan organik untuk menghapus riasan alih-alih bahan kimia yang lebih berbahaya untuk kulit. Minyak zaitun dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghapus bekas maskara dan eyeliner yang tebal.

3. Melindungi dan melembapkan kulit sensitif

Minyak zaitun memiliki berbagai kandungan nutrisi serta pelembap yang dibutuhkan kulit untuk tetap sehat. Kandungan ini disebut amat bermanfaat terutama bagi mereka yang memiliki kulit bertipe kering.

4. Mengurangi flek hitam dan noda

Manfaat minyak zaitun juga dapat mengatasi bintik hitam dan noda dengan cara membersihkan pori-pori dan mengeluarkan kotoran yang tersumbat. Selain itu, komponen vitamin E dan K dalam minyak zaitun bisa menghaluskan bekas luka pada wajah.

5. Mengobati kulit terbakar

Sifat antioksidan minyak zaitun yang kuat dapat memulihkan kulit yang rusak akibat paparan sinar ultraviolet. Manfaat minyak zaitun yang dapat memperbaiki sel-sel kulit secara alami ini bisa diperoleh dengan penggunaan rutin.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam

 

Apakah Boleh Memakai Minyak Zaitun untuk Wajah Setiap Hari?

Secara umum, minyak zaitun boleh digunakan untuk wajah setiap hari. Namun bagi yang memiliki wajah bertipe sensitif dan mudah berjerawat, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. Manfaat minyak zaitun memang paling sering didapatkan dari pengaplikasian pada wajah dengan cara dioles. Untuk memperoleh manfaat lebih besar, gunakan minyak zaitun jenis extra virgin.

Minyak zaitun extra virgin tidak banyak melewati pemrosesan. Itu sebabnya kandungan-kandungan yang bermanfaat di dalamnya seperti vitamin dan antioksidan bisa dipertahankan dan tidak banyak hilang dalam pemrosesan. Karena itu, jenis minyak zaitun ini adalah yang paling menyehatkan dibanding jenis minyak zaitun biasa.

 

Bagaimana Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Wajah?

Jika Anda hendak menggunakan minyak zaitun dalam rutinitas perawatan kulit, ingatlah untuk selalu memilih minyak zaitun extra virgin yang tak ditambahi bahan lain. Anda bisa menggunakannya secara rutin, tapi tidak perlu banyak-banyak.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah sederhana, yakni:

  • Bersihkan wajah dengan air dan sabun khusus wajah, lalu keringkan
  • Ambil sedikit minyak zaitun dengan ujung jari atau bola kapas
  • Pijatkan lembut ke kulit
  • Biarkan selama sekitar 10 kulit
  • Hapus minyak dari kulit dengan handuk atau bola kapas

 

Apakah Minyak Zaitun Bisa Memutihkan Wajah?

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menemukan manfaat minyak zaitun untuk memutihkan wajah. Minyak zaitun extra virgin memang punya manfaat mencerahkan kulit wajah. Tapi manfaat ini sangat minimal. Minyak zaitun tidak mengurangi melanin ataupun membantu pelepasan sel kulit mati secara signifikan. Meski demikian, minyak zaitun dapat menghambat kerusakan dan pigmentasi akibat paparan sinar matahari. Minyak ini juga bisa membantu mengurangi kemerahan dan kerutan pada kulit.

 

Apa Efek Samping Minyak Zaitun untuk Wajah?

Meskipun ada sederet manfaat minyak zaitun, penting untuk memahami risiko atau efek samping penggunaannya terhadap wajah. Risiko paling parah bisa dialami bila Anda alergi terhadap buah zaitun.

1. Iritasi

Sebagian orang punya kulit yang sensitif terhadap minyak zaitun sehingga bisa mengalami iritasi. Untuk memastikan apakah Anda aman, lakukan pengujian dulu dengan mengoleskan sedikit minyak ke area kecil kulit, lalu tunggu selama 48 jam. Minyak zaitun juga diketahui bisa meningkatkan risiko eksim pada kulit bayi.

Baca Juga:  Cara Menumbuhkan dan Menyehatkan Rambut dengan Cepat

2. Pori-pori tersumbat

Minyak zaitun tergolong sebagai minyak berat sehingga kulit tidak mudah menyerapnya. Keberadaan minyak di kulit juga bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri pemicu pori-pori tersumbat dan jerawat. Minyak zaitun bersifat komedogenik, yang berarti bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Demi keamanan dan memperoleh manfaat minyak zaitun secara maksimal, sebaiknya lakukan uji oles minyak zaitun dulu sebelum mengaplikasikannya secara menyeluruh ke wajah. Bila ada reaksi alergi seperti gatal-gatal, kemerahan, dan iritasi, sebaiknya tidak menggunakan minyak zaitun. Ingat bahwa meski banyak manfaatnya, minyak zaitun bukan minyak ajaib yang bisa mengubah kulit menjadi lebih cerah dan sehat dalam waktu singkat. Bila Anda memiliki masalah kulit wajah, berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk mendapat diagnosis dan perawatan medis yang lebih tepat.

 

Reviewed by

dr. Resita Olanova, Sp.KK

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Primaya Evasari Hospital

Referensi:

  • Effect of Olive and Sunflower Seed Oil on the Adult Skin Barrier: Implications for Neonatal Skin Care. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1525-1470.2012.01865.x. Diakses 6 Agustus 2022
  • Olive oil inhibits ageing signs induced by chronic stress in ex vivo human skin via inhibition of extracellular-signal-related kinase 1/2 and c-JUN pathways. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/ics.12520. Diakses 6 Agustus 2022
  • Protective effect of topically applied olive oil against photocarcinogenesis following UVB exposure of mice. https://academic.oup.com/carcin/article/21/11/2085/2908770. Diakses 6 Agustus 2022
  • Virgin Olive Oil and Health: Summary of the III International Conference on Virgin Olive Oil and Health Consensus Report, JAEN (Spain) 2018. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6770785/. Diakses 6 Agustus 2022
  • Potential health benefits and components of olive oil: An overview. https://www.researchgate.net/publication/346339068_Potential_health_benefits_and_components_of_olive_oil_An_overview. Diakses 6 Agustus 2022
Bagikan ke :

Buat Janji Dokter

Promo

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.