Fisioterapi

Pusat Layanan Trauma, rumah sakit awal bros, rumah sakit trauma, fisioterapi

Fisioterapi adalah suatu pelayanan yang diberikan kepada pasien individu dan keluarga yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan, dan memulihkan kesehatan pasien. Fisioterapi ini merupakan bagian dari Pusat Layanan Trauma di unit rehabilitasi medis Primaya Hospital yang ditangani oleh dokter berpengalaman dan tenaga medis yang ahli di bidangnya. Fisioterapi di Primaya Hospital memberikan pelayanan mulai dari terapi wicara hingga terapi stroke. Tim rehabilitasi medis Primaya Hospital siap untuk membantu pemulihan pasien.


Kapan Anda Membutuhkan Fisioterapi?

Terdapat 4 kondisi pasien yang bisa dibantu dengan perawatan fisioterapi berdasarkan sistem tubuh:

  1. Neurologi– Beberapa kondisi terkait neurologi atau sistem saraf adalah stroke, multiple sclerosis, dan penyakit parkinson. Gangguan saraf akibat penyakit-penyakit tersebut bisa mengganggu fungsi tubuh seperti susah bicara, susah berjalan, dan menurunnya kinerja tangan.
  2. Neuromusculoskeletal– Kondisi yang diakibatkan oleh gangguan neuromusculoskeletal atau gangguan otot pada kerangka tubuh antara lain saat ada sakit pinggang belakang, nyeri otot, cedera karena olahraga, dan arthritis.
  3. Kardiovaskular– Gangguan sistem kardiovaskular yang bisa dibantu dengan terapi ini adalah penyakit jantung kronis dan rehabilitasi pasca serangan jantung. Dengan fisioterapi, kondisi pasien akan lebih berkualitas karena diberikan dukungan fisik dan emosi.
  4. Respirasi– Asma, penyakit paru obstruktif kronis, dan cystic fibrosis (kista fibrosis) adalah beberapa penyakit terkait sistem pernapasan yang bisa diringankan melalui fisioterapi. Para fisioterapis akan memberikan serangkaian metode mengenai bagaimana cara tubuh bernapas lebih baik dan bagaimana mengontrol gejala-gejala seperti batuk-batuk dan kesulitas bernapas.


Bentuk Perawatan Fisioterapi

Pengobatan dengan memakai metode ini membutuhkan keterlibatan pasien secara aktif dan kedisiplinan. Oleh karena itu, fisioterapis akan melakukan pemeriksaan terhadap penyakit Anda, mendiagnosis, dan membantu Anda memahami permasalahan yang ada di tubuh Anda. Fisioterapi membutuhkan keseriusan Anda karena ini berkaitan dengan gaya hidup, aktivitas, dan kesehatan Anda secara umum.

Metode yang biasa dilakukan saat fisioterapi adalah program latihan, teknik elektroterapi, serta fisioterapi manual. Program latihan terapi yang termasuk dalam program ini antara lain teknik memperbaiki postur tubuh, memperkuat otot, latihan kardiovaskular, dan peregangan. Dalam hal ini, teknik elektroterapi menggunakan daya listrik. Adapun jenis-jenis terapi ini antara lain ultrasound terapi laser, terapi diatermi, dan terapi saraf dengan stimulasi elektrik (TEN). Sedangkan, fisioterapi manual dilakukan dengan metode pijat, peregangan, pelatihan resistensi tubuh, serta mobilisasi dan manipulasi sendi.

Simak artikel kesehatan mengenai fisioterapi dan rehabilitasi medik lainnya di sini

Tersedia di :
Primaya Hospital Karawang Primaya Hospital Inco Sorowako Primaya Hospital Bekasi Barat Primaya Hospital Bekasi Timur Primaya Evasari Hospital Primaya Hospital Betang Pambelum Primaya Hospital Makassar