• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Pemeriksaan Kolesterol Total: Tujuan, Manfaat, dan Prosedur

Kadar kolesterol yang tinggi sangat membahagiakan kesehatan. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan melakukan pemeriksaan kolesterol total untuk memastikan kadarnya aman. Ini juga sebagai upaya deteksi dini penyakit kardiovaskuler.

Sebenarnya kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang baik untuk tubuh, yakni untuk membantu produksi hormon dan membentuk sel sehat. Namun, kadar terlalu tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah.

buat jani dokter primaya

Oleh karena itu, penting memantau kadar kolesterol dengan menjalani pemeriksaan rutin. Hal ini juga sebagai pengendalian dan pencegahan terhadap penyakit berbahaya.

Apa itu Pemeriksaan Kolesterol Total?

Kolesterol total adalah ukuran jumlah total kolesterol di dalam darah, termasuk kolesterol jahat dan kolesterol baik. Total cholesterol ini juga menjadi indikator untuk mengevaluasi adanya risiko penyakit jantung atau kardiovaskular.

Tes total cholesterol merupakan prosedur pengecekan jumlah kadar yang terkandung di dalam darah dengan mengukur jumlah low-density lipoprotein (LDL) atau bad cholesterol dan high-density lipoprotein (HDL) atau good cholesterol.

Ketika seseorang memiliki kolesterol yang tinggi biasanya tidak timbul gejala. Oleh karena itu, tes total cholesterol dapat membantu menentukan risiko yang berpotensi menyebabkan penyempitan arteri pembuluh darah di seluruh tubuh.

Tidak hanya itu, pemeriksaan ataupun tes darah yang dilakukan untuk mendeteksi beberapa kondisi seperti risiko serangan jantung dan jenis penyakit jantung lainnya.

Tujuan Pemeriksaan Kolesterol Total

Aun tujuan pemeriksaan total cholesterol yakni untuk menemukan jumlah kadar dari empat lemak dalam darah. Ketika hasilnya diketahui, dokter dapat mendiagnosa kondisi pasien apakah tidak ada masalah kesehatan atau sebaliknya.

kut empat jenis lemak yang akan terdeteksi dengan pemeriksaan, di antaranya:

  • Total kolesterol: Keseluruhan jumlah kolesterol yang ditemukan dalam darah, yaitu terdiri dari kolesterol LDL, kolesterol HDL, dan 20% Trigliserida.
  • Low-density Lipoprotein: LDL tinggi dalam darah dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri. Plak ini dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung.
  • High-density Lipoprotein: HDL memiliki peran untuk membantu membawa LDL dan menjaga pembuluh arteri terbuka, sehingga aliran darah tetap lancar.
  • Trigliserida: Jenis lemak dalam darah yang terbentuk saat tubuh mengubah kalori yang tidak dibutuhkan menjadi trigliserida dan tersimpan dalam sel lemak.

    Itulah tujuan pemeriksaan ini untuk mengetahui kadar empat lemak di dalam tubuh. Jika jumlahnya melebihi batas, maka ini pertanda masalah kesehatan. Oleh karena itu, penting menjaga keseimbangan di antara LDL, HDL, dan Trigliserida.

    Manfaat Pemeriksaan Kolesterol Total

    Menurut American Heart Association merekomendasikan bagi orang dewasa berusia 20 tahun ke atas untuk pemeriksaan kadar kolesterol rutin. Setidaknya setiap empat sampai enam tahun sekali, terlebih ketika kadarnya mulai naik.

    Hal ini karena pemeriksaan secara rutin dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, anjuran pemeriksaan rutin pun lebih sering bagi yang berisiko memiliki kolesterol tinggi bertujuan untuk memantau hasil pengobatan.

    Baca Juga:  Kandung Kemih Turun: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

    Adapun manfaat pemeriksaan atau tes total cholesterol lainnya, yaitu:

    • Mengukur jumlah kolesterol dan trigliserida dalam darah
    • Mengetahui risiko penumpukan timbunan plak di arteri
    • Memantau risiko penyumbatan pembuluh darah

    Kisaran Kadar Normal Kolesterol Total

    Jika ingin mengetahui kadar kolesterol dalam darah, maka harus melakukan pemeriksaan atau tes darah profil lipid. Nantinya dari hasil pemeriksaan, Anda dapat mengetahui tingkat kadar apakah termasuk bernilai normal atau tinggi.

    Melansir Medical News Today, kisaran kadar total kolesterol terbagi ke dalam beberapa kategori yang menjadi arti hasil setelah pemeriksaan, yaitu di antaranya:

    • Kadar normal: di bawah 200 mg/dL
    • Hampir tinggi: 200 – 239 mg/dL
    • Kadar tinggi: 240 mg/dL atau lebih tinggi
    • Kadar tinggi: 240 mg/dL atau lebih tinggi

    Selain itu, kadar total kolesterol yang normal juga dapat berpatokan berdasarkan usia dan jenis kelamin, termasuk kadar LDL, HDL, dan Trigliserida, yaitu:

    1. Usia di bawah 19 tahun:
    • Total kolesterol: di bawah 170 mg/dL
    • Kolesterol LDL: di bawah 100 mg/dL
    • Kolesterol HDL: lebih dari 45 mg/dL
    • Trigliserida: kurang dari 120 mg/dL
    1. Pria di atas 20 tahun:
    • Total kolesterol: 125 – 200 mg/dL
    • Kolesterol LDL: di bawah 100 mg/dL
    • Kolesterol HDL: lebih dari 40 mg/dL
    • Trigliserida: kurang dari 130 mg/dL
    1. Wanita di bawah 20 tahun:
    • Total kolesterol: 125 – 200 mg/dL
    • Kolesterol LDL: di bawah 100 mg/dL
    • Kolesterol HDL: lebih dari 50 mg/dL
    • Trigliserida: kurang dari 130 mg/dL

    Prosedur Pemeriksaan Kolesterol Total

    Pemeriksaan kadar kolesterol total dengan mengambil sampel darah dan mengujinya di laboratorium. Sebelum pengambilan darah, dokter menyarankan untuk berpuasa semalam 9-12 jam. Tes darah biasanya dilakukan di pagi harinya.

    Tes darah untuk mengetahui kadar total cholesterol yakni dengan cara mengambil darah menggunakan jarum suntik di pembuluh darah vena pada bagian atas lengan.

    Agar memudahkan pengambilan darah, petugas kesehatan mengikat tali atau pita di bagian lengan untuk menghambat aliran darah. Hal ini dilakukan agar darah mengumpul di pembuluh vena dan pengambilan sampel darah jadi lebih mudah.

    Baca Juga:  5 Mitos tentang Usus Buntu dan Faktanya

    Setelah mendapatkan sampel darah, Anda boleh pulang hari itu juga. Sementara sampel darah akan melalui tahap pengujian di laboratorium untuk mengetahui hasilnya, proses pengujian biasanya membutuhkan waktu beberapa hari.

    Arti Hasil Pemeriksaan Cholesterol Total

    Total cholesterol adalah salah satu tes paling sederhana dan murah. Hal ini karena tidak memerlukan pengujian laboratorium yang rumit. Oleh karena itu, setelah pengambilan sampel darah, hasilnya keluar dalam beberapa hari.

    Jika hasil pemeriksaan menunjukkan angka yang tinggi, maka kondisi ini mengindikasikan seseorang memiliki risiko yang lebih tinggi terkena penyakit jantung atau kardiovaskuler.

    Namun, untuk mengukur kemungkinan, dokter mempertimbangkan hasil tes darah lain yang dikenal sebagai profil lipoprotein, yaitu:

    • HDL: HDL adalah jenis kolesterol yang baik untuk tubuh. Semakin tinggi kadarnya, semakin baik manfaatnya. Kadar HDL pria 40 mg/dL dan wanita kadarnya 50 mg/dL.
    • LDL: LDL adalah jenis kolesterol berbahaya bagi tubuh. Semakin rendah kadarnya, semakin sedikit resiko bahayanya. Adapun kadar optimalnya kurang dari 100 mg/dL.
    • Trigliserida:  Kadar yang tinggi akan memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskuler. Adapun kadar optimalnya kurang dari 150 mg/dL.

    Itulah cara menentukan hasil pemeriksaan total cholesterol dengan memeertimbnagkan hasil tes lainnya. Hal ini karena HDL, LDL, dan Trigliserida termasuk ke dalam bagian dari total cholesterol yang juga memerlukan pemeriksaan

    Tempat Pemeriksaan Kolesterol Total

    Pemeriksaan total kolesterol dapat Anda lakukan di rumah sakit atau klinik dengan layanan tersebut. Jika ingin memeriksanya, maka Anda dapat membuat janji terlebih dahulu dengan dokter untuk persiapan sebelum pemeriksaan.

    Meskipun Anda tidak memiliki masalah kesehatan khusus, tetapi test cholesterol menjadi anjuran untuk membantu mengontrol kolesterol dalam darah. Setidaknya Anda dapat melakukan pemeriksaan selama empat atau enam tahun sekali.

    Jika hasil tes kolesterol total menunjukan kadar tidak normal, maka konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan memberikan saran dan obat-obatan untuk membantu mengendalikan kadar kolesterol.

    Narasumber:

    dr. Andi Ahmad Tarau Sp. PK

    Spesialis Patologi Klinik

    Primaya Hospital Inco Sorowako

    Referensi:

    • How to calculate total cholesterol from HDL and LDL. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-calculate-total-cholesterol. Diakses 9 Januari 2024.

    • Cholesterol Levels: What You Need to Know. https://medlineplus.gov/cholesterollevelswhatyouneedtoknow.html. Diakses 9 Januari 2024.

    • Cholesterol Numbers and What They Mean. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/11920-cholesterol-numbers-what-do-they-mean. Diakses 9 Januari 2024.

    • Cholesterol Levels: By age, LDL, HDL, and More. https://www.healthline.com/health/high-cholesterol/levels-by-age. Diakses 9 Januari 2024.

    • What Is Total Cholesterol and What Does It Mean?. https://www.verywellhealth.com/what-is-a-total-cholesterol-level-698073. Diakses 9 Januari 2024.

    Share to :

    Promo

    Login to your account below

    Fill the forms bellow to register

    Retrieve your password

    Please enter your username or email address to reset your password.