Angiografi: Kateter Jantung, Pasang Ring Jantung

pasang ring jantung, cath lab, kateter jantung, rumah sakit awal bros, angiografi

Pemasangan ring jantung merupakan tindakan medis yang bertujuan untuk menangani masalah pada pembuluh darah koroner. Pembuluh darah koroner berperan penting sebagai pembawa darah dan oksigen untuk jantung. Pembuluh darah koroner dapat mengalami penyempitan hingga penyumbatan akibat penumpukan plak yang berasal dari kolesterol dan zat-zat lain. Sumbatan pada pembuluh darah koroner akan mengganggu suplai oksigen yang dibutuhkan sel-sel jantung yang menyebabkan sel jantung menjadi rusak dan tidak dapat berfungsi secara normal hingga berakibat fatal.

Penyakit Jantung Koroner (PJK) tercatat sebagai penyakit paling mematikan nomor satu di dunia menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO). Hasil Riset Kesehatan Dasar dari Kementerian Kesehatan tahun 2018 menyebutkan sebanyak 1,5 persen penduduk Indonesia mengalami penyakit jantung koroner. Pemasangan ring jantung (stent) berfungsi  untuk memperbaiki kondisi kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup bagi pasien dengan penyakit jantung koroner.

Primaya Hospital sebagai Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah menyediakan layanan pemasangan ring jantung dengan dukungan fasilitas canggih dan tim dokter spesialis jantung yang berpengalaman sehingga deteksi dan tatalaksana penyakit jantung koroner dapat dilakukan secara cepat dan tepat dengan tingkat akurasi tinggi.

 

Fungsi Pemasangan Ring Jantung

Ring jantung terbuat dari baja tahan karat atau campuran kromiun kobalt berbentuk tabung kecil seperti jaring kawat atau jala. Selain itu, ring jantung juga dapat terbuat dari bahan plastik. Dokter spesialis jantung akan menempatkan ring secara permanen di dalam pembuluh darah koroner yang bermasalah. Umumnya, terdapat lapisan obat pada ring jantung yang berfungsi untuk mencegah terbentuknya jaringan parut pada pembuluh darah.

Pemasangan ring jantung berfungsi untuk melancarkan aliran darah dan oksigen dengan cara memperbesar rongga pembuluh darah yang mengalami penyempitan atau penyumbatan. Penyakit jantung koroner ditandai dengan penyempitan hingga penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan timbulnya keluhan nyeri dada pada pasien. Pemasangan ring jantung tidak dilakukan pada semua pasien dengan penyakit jantung koroner. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara detail terhadap pembuluh darah yang bermasalah untuk menentukan apakah kondisi pasien membutuhkan tatalaksana pemasangan ring jantung. Adapun pemasangan ring jantung dapat menjadi pilihan pengobatan pada :

 

Prosedur Pasang Ring Jantung

Tindakan pemasangan ring jantung dilakukan di rumah sakit pada unit Cath Lab oleh dokter spesialis jantung. Prosedur pemasangan ring jantung menggunakan metode angioplasti. Pasien akan diminta untuk berbaring senyaman mungkin. Selama tindakan berlangsung pasien akan tetap terjaga (sadar). Pembiusan lokal dilakukan pada pangkal paha, tangan, atau leher ditempat kateter akan dimasukan bersama ring.

Tindakan dilakukan dengan menggunakan pencitraan sinar-X untuk membantu mengarahkan kateter menuju jantung dan pembuluh darah koroner secara perlahan. Dokter dapat menyuntikkan zat kontras atau pewarna cair untuk membantu pembuluh darah yang tersumbat terlihat lebih jelas.

Ketika sumbatan pada pembuluh darah telah ditemukan, dokter akan menempatkan kateter pada titik sumbatan. Pada ujung kateter terdapat balon yang akan digelembungkan untuk melebarkan pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Setelah pembuluh darah menjadi lebar, ring jantung akan ditempatkan pada titik tersebut kemudian balon dikempiskan. Dokter akan menarik kateter keluar dan meninggalkan ring jantung untuk menjaga agar pembuluh darah tetap terbuka sehingga aliran darah tetap lancar.

 

Perawatan Setelah Pasang Ring Jantung

Pemulihan pasca pemasangan ring jantung berlangsung singkat. Mayoritas pasien dapat kembali beraktivitas normal dalam waktu 24 jam setelah tindakan. Dokter akan meresepkan obat anti-pembekuan darah untuk mencegah terbentuknya gumpalan pembekuan darah akibat pemasangan ring jantung. Obat-obatan tersebut dikonsumsi selama satu tahun atau sesuai dengan petunjuk dokter untuk menjaga kondisi kesehatan pembuluh darah.

Pemasangan ring jantung bukanlah obat untuk mengatasi penyakit jantung koroner. Tindakan medis ini hanya berfungsi untuk mengatasi penyumbatan pembuluh darah koroner yang bisa menyebabkan kerusakan fungsi jantung oleh karena itu, dibutuhkan penangangan lanjutan untuk meminimalisir resiko timbulnya sumbatan baru dengan terapi pengobatan dan menerapkan pola hidup sehat

Cath Lab merupakan bagian dari Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah Primaya Hospital. Selain Cath Lab,  Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah Primaya Hospital juga menyediakan pelayanan Elektorkardiogram (EKG)Elektrofisiologi Jantungtes treadmill jantungoperasi jantung CABG, dan lainnya.

Tersedia di :
Primaya Hospital Bekasi Barat Primaya Hospital Karawang Primaya Hospital Betang Pambelum Primaya Hospital Makassar Primaya Hospital Tangerang