Angiografi: Kateter Jantung, Pasang Ring Jantung

pasang ring jantung, cath lab, kateter jantung, rumah sakit awal bros, angiografi

Kateter Jantung dan Angiografi (Cath Lab) adalah suatu tindakan medis atau prosedur diagnostik invasif yang berfungsi untuk mendeteksi penyempitan atau sumbatan pembuluh darah jantung atau koroner. Jenis tindakan yang sesuai bagi pasien dapat diketahui melalui prosedur ini sehingga dokter dapat merekomendasikan tindak lanjut pengobatan berdasarkan hasil Angiografi. Adapun tindakan yang dilakukan meliputi pasang ring jantung, intervensi dengan balon, atau tindakan operasi bypass. Kateter jantung di Primaya Hospital dilakukan dengan dukungan fasilitas yang mumpuni dan Dokter Spesialis Jantung yang berpengalaman sehingga deteksi jantung koroner dapat dilakukan dengan tingkat keakuratan yang tinggi. Pemasangan ring jantung dapat dilakukan di Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah Primaya Hospital.


Kateter Jantung atau Angiografi di Primaya Hospital

Kesehatan jantung pasien dan permasalahan jantung yang menyebabkan serangan jantung dapat diketahui dengan kateter jantung. Pada saat melakukan kateter jantung, Dokter Spesialis Jantung dapat melakukan banyak tindakan, salah satunya yaitu menggunakan cairan kontras untuk melihat kelancaran pembuluh darah menggunakan sinar X-Ray, memasang ring jantung pada pembuluh darah yang menyempit, memeriksa tekanan di jantung, mengambil contoh darah untuk melihat kadar oksigen dalam jantung, serta memeriksa kesehatan jantung.

Tindakan yang paling dikenal dari kateter jantung adalah pemasangan ring jantung. Tindakan pemasangan ring atau cincin pada jantung dibutuhkan pada pasien yang memiliki penyakit jantung koroner karena adanya penyempitan pembuluh darah di bagian jantung. Tindakan ini membutuhkan Dokter Spesialis Jantung yang handal dan berpengalaman. Tindakan ini perlu persetujuan dari Dokter Spesialis Jantung karena tidak semua pasien penyakit jantung membutuhkan tindakan ini.


Prosedur Kateter Jantung atau Angiografi dan Pasang Ring Jantung

Pada saat pemasangan ring jantung, pasien akan dibius terlebih dahulu agar tidak merasa sakit. Dokter Spesialis Jantung akan memasukkan selang kecil (kateter) ke dalam pembuluh darah. Kateter tersebut terdiri dari bagian-bagian kecil seperti balon dan ring jantung. Kemudian, kateter akan diarahkan ke pembuluh darah yang mengalami penyempitan dengan bantuan monitor.

Dengan memasang ring jantung, pasien dapat memiliki supply darah dan oksigen yang cukup di jantungnya dan membuat pasien dapat melakukan kegiatan-kegiatan dengan lebih sedikit batasan atau larangan. Meskipun demikian, pasien pola makan yang sehat dan seimbang serta menghindari asupan makanan berlemak. Lakukan kontrol dengan Ultrasonography (USG) jantung secara berkala sesuai saran dari Dokter Spesialis Jantung Anda jika dibutuhkan.

Cath Lab merupakan bagian dari Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah Primaya Hospital. Selain Cath Lab, pada Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah Primaya Hospital, Anda juga dapat melakukan pemeriksaan Elektorkardiogram (EKG), Elektrofisiologi Jantung, tes treadmill jantung, operasi jantung CABG, dan lainnya.

Tersedia di :
Primaya Hospital Karawang Primaya Hospital Bekasi Barat Primaya Hospital Betang Pambelum Primaya Hospital Makassar Primaya Hospital Tangerang