Inseminasi

Inseminasi Buatan, Layanan Inseminasi RS Awal Bros Evasari

Inseminasi buatan atau Intra Uterine Insemination (IUI) merupakan suatu metode kedokteran dengan bantuan alat sejenis selang untuk memasukkan secara langsung hasil pengolahan sperma suami ke dalam rahim istri pada waktu yang tepat dengan waktu pematangan sel telur istri. Hal tersebut dilakukan oleh seorang Dokter Spesialis Kebidanan atau Obgyn yang berkompeten dimana sebelumnya sudah dilakukan pemilihan dan pengolahan sel-sel sperma terbaik dari suami dengan metode kedokteran oleh Dokter Spesialis Andrologi.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh pasangan suami istri sebelum melakukan inseminasi, diantaranya yaitu konsultasi dan pemeriksaan pada istri oleh Dokter Spesialis Kandungan atau Obgyn di Primaya Hospital. Pemeriksaan dilakukan secara menyuluruh, termasuk pemeriksaan Ultrasonography (USG) pada organ ovarium penghasil sel telur. Kemudian, dilanjutkan proses pengobatan secara hormonal agar sel telur istri siap dibuahi oleh sperma terbaik suami. Apabila diperlukan, akan terdapat pemeriksaan anatomi kewanitaan lanjutan dengan metode Histerosalpingografi (HSG) di bagian radiologi.

Selanjutnya, dilakukan proses pemilihan sperma suami oleh Dokter Spesialis Andrologi. Proses tersebut diawali dengan analisis kualitas sperma suami (sperm analisa). Apabila diperlukan, akan dilakukan pemeriksaan Ultrasonography (USG) testis.

Setelah semua hasil pemeriksaan dipastikan normal, maka akan dilakukan penjadwalan untuk tindakan inseminasi buatan tersebut. Pelayanan Inseminasi buatan dilakukan oleh seorang Dokter Spesialis Kebidanan atau Obgyn dan Kandungan. Sedangkan, Pelayanan Laboratorium Andrologi untuk keperluan analisa sperma dan pengolahan sperma sebagai bagian dari Inseminasi buatan dilakukan oleh seorang Dokter Spesialis Andrologi.

Rangkaian jenis pelayanan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Inseminasi Buatan atau Intra Uterine Insemination (IUI)
  2. Sperm Analisa Lengkap (SA)
  3. Sperm Migration Test
  4. Anti-Sperm Antibody (ASA)
  5. Paternal Leucocyte Immunization (PLI)
  6. Free Testosteron
  7. Histerosalfingografi (HSG)
  8. Ultrasonography (USG) Ovarium
  9. Ultrasonography (USG) Testis
Tersedia di :
Primaya Evasari Hospital