Pemeriksaan Kehamilan USG 3D

pemeriksaan kehamilan usg 3d, rumah sakit awal bros, rs awal bros, dokter obgyn

Pemeriksaan kehamilan USG 3D adalah prosedur medis untuk mengetahui kondisi janin dalam kandungan secara tiga dimensi menggunakan ultrasonografi.

Pemeriksaan kehamilan Three-Dimensional Ultrasonography (USG 3D) menghasilkan gambar berbentuk tiga dimensi sehingga lebih jelas. Dokter kandungan pun dapat melihat kondisi janin lebih detail untuk mendeteksi kondisi abnormal pada organ janin. Dokter obgyn juga dapat menggali informasi lebih lengkap mengenai organ dalam janin, seperti jantung.

Berbeda dengan USG dua dimensi, gambar hasil pemeriksaan kehamilan USG 3D menunjukkan ukuran janin lebih lengkap mulai dari tinggi, lebar, hingga volume. Oleh karena itu, pemeriksaan USG 3D mampu mendeteksi jika terdapat kelainan pada janin sehingga dokter dapat segera melakukan tindakan lebih lanjut sesuai diagnosis kelainan yang ditemukan.

 

Siapa Saja yang Perlu dan Kapan Waktu Terbaik Pemeriksaan USG 3D

Pada dasarnya, semua ibu hamil dapat menjalani pemeriksaan kehamilan USG 3D. Namun, usia kehamilan antara 26 minggu dan 30 minggu adalah waktu terbaik untuk pemeriksaan USG 3D. Pada awal kehamilan, pemeriksaan dapat dilakukan cukup dengan USG 2D. Sebab, pada saat awal kehamilan, wujud janin belum cukup kentara dan ukurannya pun masih kecil sehingga gambar 3D tidak akan maksimal.

Hingga saat ini, tidak ada temuan bahaya pemeriksaan kehamilan USG 3D. Alat dan bahan yang digunakan sepenuhnya aman bagi ibu hamil dan janinnya. Meski demikian, sebaiknya ibu hamil menjalani pemeriksaan USG 3D sesuai dengan jadwal atau rekomendasi dari dokter kandungan. Demi memastikan keamanannya, pilih rumah sakit atau fasilitas layanan kesehatan lain yang tepercaya untuk menjalani USG 3D.

 

Mengapa Memerlukan Pemeriksaan Kehamilan USG 3D?

Tujuan utama pemeriksaan kehamilan USG 3D adalah memastikan kesehatan janin; seperti memantau aktivitas fisik dan detak jantung janin, kondisi plasenta, cairan ketuban, serta organ luar janin. Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan juga dapat memanfaatkan USG 3D untuk menentukan usia kehamilan, melihat posisi dan jenis kelamin janin, serta memeriksa keluhan seputar kehamilan yang mungkin menjadi tanda adanya kelainan bawaan.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan tidak menyarankan pemeriksaan kehamilan USG 3D hanya untuk sekedar melihat wajah janin sebagai cendera mata, terutama jika pemeriksaan dilakukan berulang kali di tempat USG dengan fasilitas minim dan tanpa ditangani Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan yang tersertifikasi.

 

Hasil Pemeriksaan Kehamilan USG 3D

Pemeriksaan kehamilan USG 3D memakai alat ultrasonografi yang mampu menghasilkan gambar tiga dimensi. Dengan alat ini, dokter kandungan dapat lebih memahami kondisi janin secara keseluruhan. Kehadiran teknologi USG 3D menjawab keterbatasan hasil pemeriksaan USG 2D yang memberikan informasi lebih sedikit pada usia kehamilan di atas 26 minggu.

 

Pemeriksaan Kehamilan USG 3D di Primaya Hospital

Pusat Layanan Ibu dan Anak Primaya Hospital memiliki fasilitas yang berkualitas untuk melayani kebutuhan ibu hamil yang memerlukan pemeriksaan USG 3D. Dalam pemeriksaannya, ibu hamil tidak akan merasakan sakit sama sekali. Ibu cukup berbaring di tempat tidur, lalu Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan memulai pemeriksaan dengan mengolesi panggul atau perut ibu menggunakan gel khusus.

Gel yang digunakan sangat aman dan tidak meninggalkan bekas karena berbasis air. Gel ini berfungsi sebagai penghantar gelombang suara demi menghasilkan gambar yang lebih jelas. Setelah itu, Dokter Spesialis Kabidanan dan Kandungan memakai transducer atau gagang periksa khusus USG dengan menggerak-gerakkannya di atas permukaan kulit yang telah diolesi gel. Dari situ, dokter dan ibu dapat melihat gambar 3D yang muncul pada monitor yang terhubung dengan alat USG. Gambar ini juga dapat dicetak untuk dilihat lebih dekat.

Tim medis yang berpengalaman dan kompeten dari Primaya Hospital siap memberikan pelayanan terbaik untuk pemeriksaan kehamilan. Dengan teknologi mutakhir sebagai penunjang, pemeriksaan kehamilan USG 3D bisa membantu memastikan kesehatan janin hingga tiba saatnya persalinan. Selain, USG 3D, terdapat juga layanan pemeriksaan USG 4D di Primaya Hospital.

Tersedia di :
Primaya Hospital Tangerang Primaya Hospital Bekasi Barat Primaya Hospital Bekasi Utara Primaya Hospital Inco Sorowako Primaya Evasari Hospital Primaya Hospital Betang Pambelum Primaya Hospital Makassar Primaya Hospital Karawang Primaya Hospital Bekasi Timur