Apa itu Penyakit Amandel?

Sakit Amandel penyakit amandel

Amandel adalah dua buah jaringan berbentuk oval yang berada dibagian kanan dan kiri mulut kita. Fungsi amandel adalah sebagai pertahanan tubuh lokal atau imunitas lokal disaluran nafas atas. Kadang kala terjadi peradangan pada jaringan amandel yang disebut dengan tonsillitis atau penyakit amandel,” ujar dr. Vika Aryan Sari, Sp-THT.KL adalah Dokter Spesialis THT dari Primaya Hospital Bekasi. Gejalanya adalah:

  1. Nyeri saat menelan disertai demam
  2. Sulit untuk makan dan minum
  3. Kemudian pada pemeriksaan kita dapatkan amandel yang bengkak, kemerahan, sering disertai detritus atau putih-putih di daerah amandel disertai dengan pembengkakan pada daerah leher kanan dan kiri.

“Sebagian besar tonsilitis disebabkan oleh virus dan apabila karena virus maka biasanya gejalanya tidak terlalu berat dan bisa sembuh sendiri sedangkan bila disebabkan oleh bakteri biasanya akan lebih berat, lebih sakit, lebih lama sembuhnya,” ujar dokter Vika.

Baca Juga:  Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Hemofilia

Tips menanggulangi penyakit amandel

Apabila kita memang memiliki radang amandel maka untuk mencegah peradangan berulang kita harus sering banyak minum air putih. Kemudian jaga makanan-makanan dari makanan-makanan yang mengiritasi seperti es, gorengan, minyak, dan pedas. “Tapi apabila memang Anda sudah terindikasi untuk di operasi harus diangkat amandelnya maka tidak perlu khawatir karena teknologi saat ini memungkinkan untuk pengangkatan amandel dengan prosedur yang lebih ringan, pendarahannya lebih sedikit dan penyembuhan nyerinya juga lebih rendah,” tutup dokter spesialis THT Primaya Hospital Bekasi tersebut.

Untuk berkonsultasi mengenai masalah kesehatan dan mendapat informasi paket-paket Medical Check Up, Anda dapat menghubungi Customer Care Primaya Hospital Bekasi Barat di 021 886 8888. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Tindakan ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) untuk Pecahkan Batu Ginjal

Ilustrasi gambar oleh Pressfoto.ru

Bagikan ke :