• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Lancar Berpuasa Meski Sedang Sakit, Bisakah? Begini Tipsnya

Puasa1

Puasa1

Ketika sistem imun dalam tubuh seseorang melemah, tubuh menjadi mudah terserang berbagai penyakit. Di hari-hari biasa, mungkin seseorang merasa tidak terlalu terganggu jika terserang penyakit ringan. Namun, hal ini akan berbeda apabila terserang penyakit saat menjalankan ibadah puasa wajib. Lalu bisakah lancar berpuasa meski sedang sakit?.

buat jani dokter primaya

Jawabannya tentu bisa, tetapi memang ada tips dan trik yang perlu dilakukan agar tubuh tidak semakin melemah selama berpuasa.

Ini Dia Tips Lancar Berpuasa Meski Sedang Sakit

Berpuasa saat mengalami sakit membuat seseorang merasa semakin tidak nyaman. Biasanya tubuh akan terasa lemas dan berpotensi menyebabkan pingsan karena tubuh kekurangan nutrisi dan cairan.

Agar tidak sampai mengalami hal-hal yang membahayakan kesehatan tubuh, ikuti tips puasa ketika sedang sakit berikut ini:

1. Konsumsi Vitamin

Supaya daya tahan tubuh tidak semakin melemah selama puasa, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi vitamin C. Jenis vitamin ini dipercaya dapat meningkatkan kekuatan sistem imun sehingga pengonsumsinya tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Dengan mengonsumsi vitamin C, pemulihan tubuh dari sakit yang sedang Anda alami akan semakin cepat. Namun, sebelum itu sebaiknya berhati-hati terutama jika sedang mengalami masalah lambung dan ketahui juga sebenarnya vitamin apa yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Perbanyak Minum yang Bersuhu Hangat

Minum es buah, es teh, es jeruk, atau es varian lain ketika berbuka memang sangat menyegarkan tenggorokan. Hanya saja, untuk orang yang sedang mengalami sakit, sebaiknya tidak meminumnya.

Baca Juga:  MENARI (Meraba Nadi Sendiri) Dapat Cegah Penyakit Gangguan Irama Jantung

Cukup berbuka dengan minum air hangat secukupnya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menghindari sakit tenggorokan. Bukan hanya ketika berbuka, perbanyak minum air hangat juga saat sahur.

3. Istirahat Cukup

Memperbanyak istirahat merupakan tips lain yang memang cukup efektif meningkatkan imunitas. Hindari memaksa tubuh untuk terus melakukan aktivitas, terutama aktivitas-aktivitas berat.

Beri waktu tubuh istirahat secara efektif dan sebaiknya hindari begadang. Sebab, begadang berlebihan dapat menurunkan sistem imun. Usahakan sudah mulai tidur maksimal pada pukul 22.00. Tujuannya agar kesehatan segera membaik serta menghindari telat bangun untuk makan sahur.

4. Konsumsi Makanan yang Mempercepat Penyembuhan Penyakit

Ada beberapa rekomendasi menu makan yang dinilai mempercepat seseorang sembuh dari sakit ringan seperti halnya flu dan batu, yaitu sup ayam, aneka sayuran hijau, oatmeal, alpukat, madu, dan pisang.

Ikan yang mengandung lemak baik juga masuk ke dalam daftar makanan yang mempercepat penyembuhan tubuh dari sakit. Hanya saja tetap tidak boleh berlebihan, konsumsi secukupnya saja sesuai kebutuhan nutrisi tubuh.

5. Lakukan Olahraga Minimal 30 Menit

Berpuasa dalam kondisi sakit bukan alasan untuk bisa berleha-leha. Malah, dianjurkan untuk melakukan olahraga minimal 30 menit per hari. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh.

Jenis olahraganya bisa berupa yoga, jogging, senam, berpesepada, atau lari kecil. Hindari menjalankan aktivitas tersebut di siang hari saat matahari sedang terik-teriknya. Takutnya bukannya menyehatkan tubuh, malah berpotensi membuat tubuh mengalami dehidrasi.

Baca Juga:  Diare Disertai Darah dan Lendir? Waspadai Gejala Shigellosis!

6. Jaga Pola Makan Saat Berbuka

Karena setelah berpuasa seharian perut dalam keadaan kosong, jangan sampai langsung makan atau minum terlalu banyak. Sering kali hal itu membuat perut begah, akhirnya muncul rasa tidak nyaman.

Pilih jenis makanan yang tidak mengandung lemak jahat seperti halnya gorengan. Cukup konsumsi makanan dengan kandungan nutrisi tinggi yang efektif mempercepat kuatnya imunitas tubuh.

Itulah ulasan mengenai tips lancar berpuasa meski sedang sakit. Jika sakit yang Anda alami sudah terasa parah, sebaiknya sesegera mungkin periksakan ke dokter. Jangan sampai menunda-nunda pemeriksaan, apalagi ketika gejala yang muncul terasa begitu intens.

Narasumber:

Dr. Ferdinand Gouwtama

Dokter Umum

Primaya Hospital Karawang

 

 

Referensi:

  •  Tips Tetap Lancar Puasa Meski Sedang Sakit Flu, https://www.sumbarprov.go.id/home/news/14680-3-tips-tetap-lancar-puasa-meski-sedang-sakit-flu, dikutip pada 13 Maret  2023
  • Tips sehat Selama Bulan Ramadhan, https://upk.kemkes.go.id/new/5-tips-sehat-selama-bulan-ramadhan,  dikutip pada 13 Maret  2023
  • Tips for Staying Healthy During Fasting, https://www.mag.co.id/en/tips-for-staying-healthy-during-fasting/, dikutip pada 13 Maret  2023
  • Tips for Healthy Ramadan Fasting | Cornell Health, https://health.cornell.edu/about/news/ramadan-fasting, dikutip pada 13 Maret  2023
  • 10 Tips for a Healthy Religious Fast, https://www.weightwatchers.com/us/blog/health/religious-fasting-tips, dikutip pada 13 Maret  2023
Bagikan ke :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.