• Emergency
  • 150 108
  • Chatbot

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Hampir semua orang pernah mengalami sakit pinggang dalam intensitas dan frekuensi yang bervariasi. Ada yang sering merasa sakit pinggang tapi tidak sampai mengganggu aktivitasnya. Ada juga yang hanya sesekali sakit pinggang tapi sakitnya luar biasa. Yang kerap menimbulkan kekhawatiran adalah ketika sakit pinggan sebelah kanan. Kira-kira apa penyebab sakit pinggang sebelah kanan dan apakah berbahaya? Jawaban singkatnya, tergantung. Mari kita telaah lebih lanjut.

 


Sakit Pinggang di Sebelah Kanan Pertanda Apa?

Sakit pinggang di sebelah kanan bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang ringan hingga serius. Di antaranya:

1. Keseleo atau cedera

Sebagian besar keluhan sakit pinggang sebelah kanan adalah pertanda adanya masalah pada sendi, otot, atau tulang. Rasa sakit itu disebut nyeri mekanis dan tidak ada kaitannya dengan organ dalam di sistem pernapasan, pencernaan, atau sekresi.

2. Komplikasi tulang

Orang yang memiliki penyakit komplikasi tulang seperti stenosis tulang belakang, radang sendi, atau taji tulang akan sering mengalami sakit pinggang baik sebelah kanan maupun kiri.

3. Masalah ginjal

Ginjal berada di sebelah kanan dan kiri pinggang bagian bawah. Namun seringnya masalah ginjal terasa di salah satunya saja. Karena itu, sakit pinggang sebelah kanan bisa jadi menandakan masalah pada ginjal, seperti infeksi atau batu ginjal.

4. Kehamilan ektopik

Khusus bagi perempuan, ada kemungkinan sakit pinggang sebelah kanan adalah tanda terjadinya kehamilan ektopik alias kehamilan di luar kandungan. Normalnya, kehamilan terjadi di dalam rahim. Tapi karena ada masalah tertentu, sel telur mungkin justru menempel di luar rahim sehingga menimbulkan nyeri pinggang yang dahsyat.

5. Apendisitis

Usus buntu yang mengalami peradangan alias apendisitis juga bisa memunculkan gejala berupa sakit pinggang sebelah kanan. Hingga kini belum ada yang bisa memastikan bagaimana penyakit usus buntu bisa terjadi, tapi diduga penyebabnya adalah sumbatan pada usus.

6. Masalah organ dalam lain

Sakit pinggang sebelah kanan bisa menandakan adanya gangguan pada organ dalam di area perut, pinggul, dan punggung bawah. Selain ginjal dan usus, ada rahim, pankreas, dan organ lain di sana yang mungkin mengalami peradangan, iritasi, atau infeksi hingga menyebabkan rasa nyeri.

 

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan bermacam-macam. Sakit pinggang bisa terjadi karena tekanan berlebih atau kerusakan pada tulang punggung atau otot bagian bawah punggung. Terkadang penyebabnya sederhana, seperti penggunaan pinggang saat beraktivitas dalam waktu lama dan beban yang berat. Misalnya tiap hari bekerja mengangkut benda berat menggunakan punggung secara membungkuk. Atau berjam-jam duduk di depan komputer.

Baca Juga:  Diagnosis dan Tatalaksana Batu Kandung Kemih dengan Sistoskopi

Sumber nyeri pinggang sebelah kanan juga mungkin cedera atau kejadian traumatis dalam olahraga kontak fisik, perkelahian, atau kecelakaan. Gerakan memutar pinggang secara tiba-tiba dan cepat juga bisa memicu rasa sakit karena otot menegang atau keseleo.

Namun sakit pinggang yang bersifat akut seperti ini biasanya akan mereda seiring dengan berjalannya waktu. Bisa dalam hitungan hari, bisa juga berminggu-minggu, tergantung tingkat keparahan dan penanganannya.

Penyebab sakit pinggang lainnya bisa dikelompokkan menjadi berikut ini:

  • Masalah degeneratif: masalah ini terjadi seiring dengan bertambahnya usia, seperti penyakit cakram degeneratif, radang sendi, dan spondylosis.
  • Gangguan saraf dan sumsum tulang belakang: misalnya linu panggul, stenosis tulang belakang, osteoporosis, dan sindrom cauda equina (tekanan pada saraf tulang belakang).
  • Penyakit bawaan: ada penyakit bawaan yang bisa menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kana, seperti scoliosis dan spina bifida gangguan perkembangan sumsum tulang belakang.
  • Penyebab non-tulang belakang: masalah non-tulang belakang lain bisa menyebabkan sakit pinggang, termasuk batu ginjal, usus buntu, hingga tumor atau kanker.

 

Apakah Sakit Pinggang Itu Berbahaya?

Kebanyakan sakit pinggang tidak disebabkan oleh penyakit atau cedera serius. Orang-orang sering merasa sakit pinggang tanpa penyebab jelas. Kadang pinggang terasa sakit setelah mengangkat benda berat, tapi lalu hilang sendiri.

Aturan umum yang berlaku adalah jika sakit pinggang tak juga mereda dalam 1-2 minggu atau sudah sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, segera datangi dokter untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan penanganan medis yang memadai. Demikian pula bila sakit pinggang sebelah kanan disertai gejala lain, seperti kencing mengandung darah atau sakit saat buang air kecil.

 

Bagaimana Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kanan?

Untuk mengatasinya, harus tahu dulu apa penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Misalnya pinggang kanan terasa nyeri sesaat setelah terlibat dalam kecelakaan. Harus dicek dulu apakah ada tulang yang bermasalah di dalamnya. Bila ada, barulah dokter bisa memberikan rekomendasi penanganan yang sesuai, salah satunya operasi.

Adapun untuk meredakan rasa nyeri yang dialami, ada beberapa cara:

  • Tetap beraktivitas seperti biasa tapi dengan membatasi gerakan yang memicu nyeri
  • Letakkan kain dingin atau hangat pada pinggang selama beberapa menit dan ulangi setidaknya tiap satu jam sekali
  • Meminum obat pereda nyeri, seperti ibuprofen
  • Mengoleskan gel pereda nyeri
  • Lakukan peregangan otot pinggang tiap hari secara rutin
  • Hindari mengangkat benda terlalu berat
  • Minum air putih yang cukup untuk meminimalkan risiko batu ginjal dan penyakit lain
Baca Juga:  Operasi TURP: Solusi untuk Gangguan Prostat

 

Apakah Kurang Minum Air Putih Bisa Menyebabkan Sakit Pinggang?

Ketika orang mengeluh sakit pinggang, biasanya disebut orang itu kurang minum air putih. Pernyataan itu ada benarnya. Kurang minum air putih hingga dehidrasi bisa menyebabkan sakit pinggang ketika material mirip gelatin di dalam cakram tulang belakang kekurangan air dan sulit menahan beban tubuh. Akibatnya, cakram akan bergeser dan menekan saraf di sekitarnya hingga memicu nyeri pinggang.

Selain itu, kurang minum air putih bisa memicu sakit pinggang akibat masalah ginjal. Ketika seseorang mengalami dehidrasi, zat limbah akan menumpuk di ginjal hingga mengakibatkan terbentuknya batu ginjal.

 

Berapa Lama Sakit Pinggang Bisa Hilang Sendiri?

Sakit pinggang bisa bersifat akut ataupun kronis. Jika akut, rasa sakit akan lebih cepat hilang dalam hitungan hari atau minggu. Sedangkan sakit pinggang kronis bisa berlangsung selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun.

Kebanyakan sakit pinggang akut akan reda dalam 2 minggu. Bila sakit pinggang terus terasa selama lebih dari 3 bulan atau lebih dari 12 minggu, bisa jadi penyebabnya adalah masalah kronis yang butuh perhatian medis lebih besar. Sakit pinggang kronis umumnya harus dirawat secara khusus daripada sakit pinggang akut.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Bila merasa sakit pinggang sebelah kanan, tak perlu panik. Apalagi bila intensitas sakitnya tidak terlalu tinggi atau penyebabnya belum jelas. Untuk mengetahui apa penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang dirasakan, Anda bisa mengunjungi dokter. Apalagi bila sakit sering terasa hingga mengganggu kualitas hidup. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh guna memberikan diagnosis dan penanganan yang sesuai dengan penyebab sakit tersebut.

 

Reviewed by

dr. Cahyo Pradipto, Sp.U

Dokter Spesialis Urologi

Primaya Hospital Tangerang

Referensi:

  • Low Back Pain Fact Sheet. https://www.ninds.nih.gov/low-back-pain-fact-sheet. Diakses 26 Agustus 2022
  • Intervertebral disc disease. https://medlineplus.gov/genetics/condition/intervertebral-disc-disease/. Diakses 26 Agustus 2022
  • Low Back Strain and Sprain. https://www.aans.org/en/Patients/Neurosurgical-Conditions-and-Treatments/Low-Back-Strain-and-Sprain. Diakses 26 Agustus 2022
  • What are Kidney Stones?. https://www.urologyhealth.org/urology-a-z/k/kidney-stones. Diakses 26 Agustus 2022
  • A Guide to Lower Right Back Pain. https://www.spine-health.com/conditions/lower-back-pain/guide-lower-right-back-pain. Diakses 26 Agustus 2022
  • Dehydration Could Be The Source Of Your Back Pain; Here’s Why. https://www.brainspinesurgery.com/dehydration-causing-back-pain/. Diakses 26 Agustus 2022
Bagikan ke :

Buat Janji Dokter

Promo

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.