• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Neuro Pediatric, Gangguan Sistem Saraf pada Anak

Neuro Pediatric, Gangguan Sistem Saraf pada Anak

Gangguan sistem saraf atau neurologis pada anak-anak dapat menimbulkan dampak yang signifikan pada perkembangan dan kualitas hidup anak. Dampak gangguan neurologis pada anak-anak dapat melibatkan aspek fisik, kognitif, emosional, dan sosial. Dalam hal ini, diperlukan penanganan di bidang neuro pediatric yang berfokus pada masalah terkait dengan sistem saraf di kalangan anak-anak.

Neuro pediatric atau pediatric neurology adalah cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari kondisi sistem saraf pada anak-anak sejak lahir hingga remaja. Ini termasuk diagnosis, pengobatan, dan manajemen berbagai masalah neurologis yang mempengaruhi perkembangan sistem saraf anak-anak. Sistem saraf meliputi otak, saraf tulang belakang, saraf perifer, sistem saraf otonom, hingga pembuluh darah dan otot.

buat jani dokter primaya

Sejumlah contoh gangguan neurologis pada anak-anak yang termasuk bidang neuro pediatric antara lain epilepsi, cerebral palsy, gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (GPPH), serta disleksia. Dalam Journal of Pediatric Neurological Disorders dijelaskan, gangguan neurologis pada anak-anak yang umum adalah ADHD dan disleksia.

Penanganan kasus gangguan neurologis di bidang neuro pediatric dilakukan oleh Dokter Anak Ahli Neurologi. Dokter Anak Ahli Neurologi memiliki keahlian khusus dalam mendiagnosis hingga merawat anak-anak dengan gangguan neurologis. Demi perkembangan yang optimal dan peningkatan kualitas hidup, penting bagi anak-anak untuk menjalani pemeriksaan oleh Dokter Anak Ahli Neurologi ketika didapatkan gejala atau tanda yang berkaitan dengan sistem saraf.

Siapa Saja yang Membutuhkan Penanganan Neuro Pediatric

Terdapat sejumlah kondisi pada anak-anak yang membutuhkan penanganan neuro pediatric, seperti:

  • Epilepsi: kondisi kejang berulang akibat terganggunya pola aktivitas listrik di otak
  • Cerebral palsy: gangguan gerakan dan postur karena kerusakan sel motorik pada susunan saraf pusat yang sedang/belum selesai pertumbuhannya.
  • Gangguan tumbuh kembang: termasuk gangguan spektrum autisme dan GPPH
  • Gangguan neuromuskular: misalnya distrofi otot yang menyebabkan otot lemah dan kehilangan fungsi
  • Infeksi pada otak dan sistem saraf, seperti : meningitis, ensefalitis, dan abses otak
  • Gangguan perkembangan bahasa dan keterampilan motorik: seperti disleksia yang ditandai dengan kesulitan membaca
  • Gangguan gerakan dan koordinasi, misalnya gerakan involunter
  • Nyeri kepala kronis yang membutuhkan evaluasi lebih lanjut untuk mengidentifikasi penyebabnya
Baca Juga:  Jenis-Jenis Kelainan Jantung yang Bisa Menyerang Bayi

Manfaat/Tujuan Penanganan Neuro Pediatric

Tujuan utama penanganan neuro pediatric adalah mengidentifikasi dan menangani gangguan neurologis di kalangan anak-anak. Berikut ini rincian manfaat/tujuan utama penanganan neuro pediatric:

  • Mengidentifikasi gangguan neurologis pada tahap awal sehingga bisa dilakukan intervensi dini dan pengelolaan yang tepat
  • Menyediakan pilihan perawatan dan manajemen terapi guna mengatasi gejala dan dampak gangguan neurologis
  • Meningkatkan kemampuan motorik dan koordinasi lewat terapi yang tepat
  • Mengontrol kejang agar tidak berulang dalam kasus epilepsi
  • Memaksimalkan perkembangan kognitif dan akademis
  • Menangani masalah emosional dan psikososial akibat gangguan neurologis
  • Mengeredakan gejala sakit dan ketidaknyamanan seperti nyeri kepala dan nyeri otot
  • Mengembangkan keterampilan hidup, termasuk dalam hal sosial
  • Memberikan edukasi, informasi, dan dukungan bagi keluarga
  • Mencegah atau mengendalikan komplikasi gangguan neurologis

Persiapan Sebelum Menjalani Penanganan Neuro Pediatric

Anak membutuhkan pendampingan orang tua ketika hendak menjalani pemeriksaan hingga tindakan terkait neuro pediatric. Berikut beberapa  hal yang dapat dipersiapkan oleh orang tua sebelum mendampingi anak menjalani pemeriksaan dengan dokter anak ahli neurologi :

  • Mengumpulkan informasi mengenai riwayat kesehatan anak dan keluarga yang mungkin berkaitan dengan kondisi anak
  • Menyusun daftar pertanyaan mengenai kondisi anak untuk diajukan kepada dokter
  • Menjelaskan kepada anak tentang rencana kunjungan ke rumah sakit dan memberikan dukungan emosional yang dibutuhkan
  • Membawa barang yang disukai anak, misalnya mainan favorit, agar merasa nyaman saat menjalani pemeriksaan

Prosedur dan Pelaksanaan Penanganan Neuro Pediatric

Prosedur penanganan neuro pediatric bisa bervariasi, bergantung pada jenis tindakan yang dilakukan serta tujuannya. Pada tahap awal, biasanya dokter akan melakukan evaluasi melalui wawancara dengan orang tua, pemeriksaan fisik, serta pencatatan riwayat medis lengkap. Adapun pemeriksaan neurologis biasanya meliputi evaluasi refleks, kekuatan otot, koordinasi, keseimbangan, dan fungsi sensorik.

Beberapa pemeriksaan penunjang yang dilakukan setelah evaluasi awal yaitu pencitraan otak (MRI atau CT scan), elektroensefalogram (EEG), elektromielografi (EMG), analisis cairan otak, atau pemeriksaan darah guna mendapatkan gambaran lebih jelas tentang kondisi anak sebelum merencanakan perawatan dan terapi yang sesuai.

Baca Juga:  Infeksi Virus Pada Anak, Kapan Harus ke Dokter?

Perawatan Pasca Penanganan Neuro Pediatric

Penting bagi anak-anak untuk mendapatkan penanganan yang lengkap dan menyeluruh dalam neuro pediatric. Perawatan ini dapat berupa perawatan jangka pendek maupun jangka panjang seusai tindakan sesuai dengan kondisi anak. Perawatan ini biasanya mencakup pemantauan rutin oleh keluarga dan tim medis serta terapi dan intervensi lanjutan guna menunjang perkembangan keterampilan kognitif, motorik, dan sosial anak.

Adakah Efek Samping Setelah Penanganan Neuro Pediatric

Setiap penanganan neuro pediatric berpotensi menyebabkan efek samping, tergantung jenis perawatan yang diberikan dan kondisi khusus anak. Namun mesti digarisbawahi bahwa tidak semua anak akan mengalami efek samping. Selain itu, efek samping yang muncul bisa berbeda-beda antar individu. Tindakan penanganan dilakukan oleh Dokter Anak Ahli Neurologi yang sudah profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Penanganan Neuro Pediatric di Primaya Hospital

Primaya Hospital memiliki dokter anak ahli neurologi dan tim medis yang memiliki subspesialisasi di bidang neuro pediatric. Dengan fasilitas yang ramah anak dan teknologi modern, layanan ini bisa memberikan jawaban bagi orang tua yang memiliki kekhawatiran atau mendapati tanda/gejala yang berkaitan dengan gangguan neurologis.

 

Narasumber:

dr. Ricky Saunders, Sp. A

Spesialis Anak

Primaya Hospital PGI Cikini

Referensi:

  • Common neurological diseases in children. https://www.openaccessjournals.com/articles/common-neurological-diseases-in-children-14977.html. Diakses 20 November 2023
  • What is pediatric neurology?. https://www.neurocenternj.com/blog/what-is-pediatric-neurology/. Diakses 20 November 2023
  • The role of the neuropediatrician in pediatric intensive care unit: Diagnosis, therapeutics and major participation in collaborative multidisciplinary deliberations about life-sustaining treatments’ withdrawal. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1090379818300709. Diakses 20 November 2023
  • Neurodevelopmental treatment approaches for children with cerebral palsy. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6483668/. Diakses 20 November 2023
  • Global Burden of Pediatric Neurological Disorders. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7613506/. Diakses 20 November 2023
  • What Is a Pediatric Neurologist?. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-is-a-pediatric-neurologist. Diakses 20 November 2023
Bagikan ke :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.