• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Penyebab ISK pada Anak yang Patut Diwaspadai Sejak Dini

penyebab ISK pada anak

Pada usia anak-anak, berbagai penyakit seringkali menyerang sehingga para orang tua perlu waspada. Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai kemunculannya adalah ISK. Penyebab ISK pada anak-pun beragam dan patut mendapatkan perhatian khusus.

Faktanya, ISK tidak hanya terjadi pada orang tua saja melainkan juga anak-anak. Tentu Anda bertanya-tanya apa sebenarnya ISK dan bagaimana cara menanganinya. Penjelasan lengkapnya ada di sini.

buat jani dokter primaya

Mengenal ISK

ISK

Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan ISK. Sebenarnya, ISK merupakan kepanjangan dari Infeksi Saluran Kemih. Kondisi ini bisa terjadi karena seseorang kurang menjaga kebersihan terutama di area kelamin.

ISK dapat terjadi pada siapa saja termasuk anak-anak karena gangguan kesehatan ini terjadi akibat bakteri Escherichia coli atau ecoli yang masuk ke uretra menuju saluran kemih dan akhirnya menginfeksi kandung kemih (sistitis) dan ginjal (nefritis).

Melakukan penanganan sesegera mungkin dapat meminimalisir kemungkinan gangguan kesehatannya semakin parah. Namun para orang tua bisa sedikit bernafas lega, sebab kasus ISK pada anak sebagian besar bisa sembuh.

Kuncinya adalah memberikan antibiotik dengan tepat serta melakukan penanganan sesuai dengan penyebab penyakitnya itu sendiri.

Gejala ISK pada Anak 

gejala ISK

Anak-anak cenderung tidak menyadari apa yang terjadi pada tubuhnya. Oleh karenanya sebagai orang tua patut mewaspadai berbagai gejala yang muncul. Salah satu tujuannya adalah mencegah penyakitnya semakin parah. Hal ini juga berlaku untuk penyakit ISK. 

Sebenarnya, ada kemungkinan setiap individu akan merasakan gejala berbeda ketika terjangkit infeksi saluran kemih. Tetapi pada umumnya akan merasakan beberapa hal berikut:

  • Buang air kecil terlalu sering dan tidak tuntas
  • Nafsu makan menurun, bahkan tidak jarang anak tiba-tiba merasakan mual hingga muntah
  • Mengalami demam dan terkadang menggigil
  • Warna urine tidak normal serta cenderung keruh 
  • Timbul nyeri di area sekitar perut bagian bawah
  • Menjadi sering ngompol meski sebelum tidur sudah pipis
  • Saat buang air kecil, anak terlihat sangat kesakitan 
  • Muncul pembengkakan pada bagian kemih, seperti di uretra, lapisan kandung kemih,  juga ginjal, dan ureter.
  • Adanya sumbatan aliran kencing di ujung penis yang belum disunat (fimosis), sumbatan ini dapat mengakibatkan ISK.

Jenis dan Penyebab ISK pada Anak

jenis ISK

Infeksi saluran kemih terbagi menjadi dua jenis ISK atas dan ISK bawah. Tingkat keparahan masing-masingnya bergantung pada kondisi kesehatan penderitanya. Supaya tidak bingung, mari simak penjelasan di bawah ini:

  • ISK atas: Merupakan infeksi pada organ yang terletak sebelum kandung kemih, yaitu ginjal dan ureter. Kabarnya, ISK atas perlu penanganan serius karena jika penanganannya telat maka penyakitnya bisa menyebar luas ke seluruh tubuh.
  • ISK bawah: Jenis ISK bawah merupakan infeksi yang terjadi di bagian kandung kemih kandung kemih (cystitis) dan uretra (uretritis)

Dari kedua jenis ISK di atas, penyebab utamanya karena bakteri. Ada beberapa jenis bakterinya, yaitu E. coli, Klebsiella, Staphylococcus saprophyticus, dan Pseudomonas.

Bakteri bisa masuk ke saluran kemih melalui saluran uretra. Setelah menginfeksi, bakterinya akan berkembang biak dan menyebar. Bakteri ini akan ke atas sampai organ vital lain mulai dari kandung kemih dan ginjal.

Baca Juga:  Makanan Penyembuh Infeksi Saluran Kemih dan Pencegahannya

Penyebab lain ISK, bisa karena adanya kelainan saluran kemih mulai dari bawah sampai ginjal, seperti batu ginjal, striktur atau sumbatan lainnya. Hal-hal inilah yg menyebabkan stasis air kemih yang bisa menimbulkan infeksi.

Cara Dokter Mendiagnosa

diagnosa isk pada anak

Sebelum mendiagnosa pasiennya, dokter akan melakukan beberapa tahap pemeriksaan. Pertama-tama, mereka akan menanyakan mengenai gejala dan riwayat kesehatan yang anak alami. Selanjutnya masuk pada tahap pemeriksaan lebih lanjut menggunakan metode-metode berikut:

1. Urinalisis 

Tujuan dari urinalisis adalah untuk  mengidentifikasi apakah di dalam urine terdapat sel darah merah, sel darah putih, bakteri dan sebagainya. Pemeriksaannya menggunakan urine segar dan urin pancaran tengah bila memungkinkan untuk mendapatkannya.

2. Kultur Urine

Bagi yang belum tahu, kultur urine berfungsi untuk menentukan jenis bakteri penyebab ISK secara pasti sehingga dokter menjadi lebih mudah ketika akan meresepkan antibiotik.

3. Tes Pencitraan

Tes ini melingkupi USG, CT scan atau MRI yang bertujuan untuk melihat dengan jelas kondisi saluran kemih.

4. Sistoskopi

Pada pemeriksaan sistoskopi, dokter akan menggunakan alat kamera khusus yang dimasukkan melalui uretra. Tujuan dari prosedur medis ini adalah untuk melihat kondisi dan kelainan struktural pada saluran kemih.

Cara Mengatasi ISK pada Anak

cara mengatatasi ISK

Apabila anak sudah menunjukkan gejala ISK, bunda harus sesegera mungkin memeriksakannya ke dokter. Jangan sampai membiarkannya terlalu lama karena akibatnya bisa fatal, salah satunya yaitu memicu kerusakan ginjal.

Nantinya dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan apakah anak benar-benar mengalami ISK atau tidak. Jika ternyata hasilnya menunjukkan positif, maka dokter akan meresepkan obat anti bakteri, dengan catatan penyebab ISK-nya karena bakteri.

Pada banyak kasus, ISK akan membaik setelah pasien mengkonsumsi antibiotik sesuai resep dokter selama 3–10 hari. Selama proses penyembuhan, usahakan membuat anak memenuhi cairan tubuh dengan minum air putih sesuai standar kebutuhan per hari.

Setelah pengobatan selama beberapa waktu, dokter mungkin akan meminta pasien melakukan pemeriksaan kembali. Tujuannya untuk memastikan apakah ISK sudah hilang atau belum.

Baca Juga:  Mengenal Radang Amandel pada Anak dan Cara Mengobatinya

Faktor Risiko ISK pada Anak

faktor resiko

Siapa saja bisa terserang ISK, namun ada beberapa orang yang sangat berisiko terserang ISK. Penasaran siapa saja itu? Berikut ini penjelasannya:

  • Orang yang mengalami kelainan bentuk struktural atau penyumbatan di salah satu organ saluran kemih
  • Saluran kemih bekerja tidak normal
  • Mengalami vesicoureteral reflux yaitu suatu kondisi yang mengakibatkan aliran urine berbalik ke belakang.
  • Anak perempuan sering mandi di bak mandi menggunakan gelembung
  • Terlalu sering menggunakan pakaian ketat terutama bagi anak perempuan
  • Menggunakan teknik cebok dari belakang ke depan
  • Kurang menjaga kebersihan lingkungan utamanya di area kamar mandi
  • Terlalu sering menahan kencing

Mencegah Anak Terkena Infeksi Saluran Kemih

mencegah ISK

Daripada mengobati, akan lebih baik jika Anda melakukan tindak pencegahan sedini mungkin. Jangan tunggu sampai muncul gejala ISK kemudian baru menjalankan pengobatan.  Pencegahan ISK sendiri dapat Anda lakukan dengan cara berikut:

  • Ajari buah hati membersihkan kemaluan dengan benar
  • Ingatkan anak perempuan untuk cebok dengan arah depan ke belakang, jangan sebaliknya. Tujuannya untuk mencegah bakteri masuk dari rongga dubur ke miss
  • Biasakan anak untuk minum air putih
  • Beri peringatan anak agar anak tidak sampai menahan kencing
  • Jangan membiasakan anak mengenakan celana ketat baik dalaman atau luaran
  • Sebaiknya tidak membersihkan area kemaluan dengan sabun terutama untuk anak perempuan
  • Usahakan membersihkan area kemaluan menggunakan air bersih saja
  • Lakukan toilet training sejak dini
  • Pilih bahan celana katun yang longgar
  • Jangan memberikan minuman kafein atau bersoda

Lalu Kapan Harus ke Dokter?

dokter

Setelah anak menunjukkan gejala-gejala ISK, sebaiknya orang tua langsung membawanya ke dokter. Jangan menunda hingga gejalanya semakin memberat karena pengobatannya bisa jauh lebih sulit.

Apabila tidak bisa langsung datang ke klinik terdekat, bisa memanfaatkan platform kesehatan online terpercaya. Setelah itu, ikuti saran yang dokter berikan supaya anak cepat sembuh.

Setelah mengetahui ISK pada anak dan bagaimana cara penanganannya, orang tua sudah sepatutnya mulai mewaspadai kemunculannya pada buah hati. Ajari mereka menjaga kebersihan diri dan lingkungan sejak dini.

 

Narasumber

dr. Puji Leksono Putranto, Sp.A, MSi.Med

Dokter Spesialis Anak

Primaya Hospital Semarang

Referensi:

  • ISK Definition | Law Insider. https://www.lawinsider.com/dictionary/isk. Diakses pada 21 Juni 2023.
  • Iceland Krona (ISK) Definition – Investopedia. https://www.investopedia.com/terms/i/isk.asp#:~:text=The%20Iceland%20krona%20(ISK)%20refers,the%20Central%20Bank%20of%20Iceland. Diakses pada 21 Juni 2023.
Share to :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.