Mau Pasang Kawat Gigi? Yuk kenali dulu jenis-jenisnya

Pasang Kawat Gigi_ Yuk kenali jenis-jenisnya

Kawat gigi merupakan salah satu jenis perawatan Orthodonti yang dilakukan oleh dokter gigi spesialis Ortodonti. Kawat gigi digunakan untuk memperbaiki susunan gigi, memperbaiki posisi gigitan yang tidak benar, menutup ruang antar gigi, dan membuat gigi dan bibir berada dalam posisi yang baik sehingga tercipta estetika wajah yang baik. Gigi dengan susunan yang berantakan menyulitkan dalam pembersihannya sehingga lebih beresiko untuk gigi hilang lebih awal akibat berlubang atau penyakit pada jaringan pendukung gigi yang bisa menyebabkan gigi goyang.

Terdapat beberapa pilihan perawatan kawat gigi baik yang bisa dilepas maupun tidak. Namun, semuanya memiliki prinsip yang sama, yaitu memberikan tekanan optimal sehingga gigi bergerak perlahan hingga didapatkan posisi yang diinginkan. Berikut adalah beberapa jenis dari banyak perawatan kawat gigi yang tersedia:

Baca Juga:  Kelainan Pertumbuhan dan Perkembangan Gigi yang Sering Muncul Pada Gigi Anak

 

  1. Kawat Gigi Metal

Behel metal ini merupakan perawatan yang paling sering digunakan. Terdiri dari 3 komponen, yaitu bracket, kawat, dan karet. Bracket metal dilekatkan ke gigi dan berfungsi sebagai penjangkaran. Kemudian kawat gigi dipasangkan pada bracket dan “diikat” dengan menggunakan karet.

  1. Kawat Gigi Damon

Behel damon merupakan alat yang “self ligating”, artinya tidak membutuhkan karet untuk melekatkan kawat ke bracketnya. Dengan efisiensinya, alat ini dapat membuat gigi bergerak lebih cepat dan teratur kearah yang diinginkan, sehingga waktu perawatannya bisa lebih singkat. Bracket damon juga lebih bagus secara estetis karena warna bracketnya hampir menyerupai gigi sehingga tidak terlalu menarik perhatian.

  1. Clear Aligner

Clear aligner adalah satu set cetakan gigi custom dari plastic bening yang berfungsi untuk menggerakkan gigi anda hingga didapatkan susunan yang harmonis. Sekitar 2x sebulan, pasien akan mengganti clear aligner yang baru, dan terus berulang hingga dihasilkan susunan gigi sesuai dengan yang diharapkan. Clear aligner dapat dilepas saat makan, menyikat gigi, dan flossing.

  1. Lingual braces

Behel lingual, behel tak terlihat, merupakan behel yang diletakkan di sisi dalam gigi (sisi gigi yang menghadap ke lidah dan langit-langit), dan merupakan pilihan yang sesuai untuk orang yang sangat perhatian pada penampilannya. Sama seperti behel metal, gigi digerakkan dengan memberikan tekanan optimal.

  1. Retainer

Retainer merupakan alat ortodonti lepasan yang digunakan setiap selesai perawatan orto cekat. Retainer sangat berperan dalam menjaga gigi agar tidak kembali berantakan setelah behel dilepas. Pemakaiannya wajib digunakan sepanjang hari selama 3-6 bulan untuk mencegah gigi kembali berantakan.

Baca Juga:  Proses Tumbuh Gigi Pada Bayi

 

Narasumber: Drg. Thalita Audi

Primaya Hospital Bekasi Timur

Sumber gambar : Freepic

Bagikan ke :