• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Ciri Ciri Otot Jantung, Struktur, dan Fungsinya yang Patut Dipahami

ciri ciri otot jantung

Otot jantung merupakan bagian penting pada jantung karena mengemban fungsi khusus. Untuk dapat memahaminya, ketahui ciri ciri otot jantung sehingga lebih mudah membedakannya dengan jenis lainnya.

Meski tidak berukuran terlalu besar, tetapi otot yang terdapat pada tubuh manusia memiliki fungsi masing-masing, termasuk otot jantung. Ingin tahu penjelasan lebih lengkapnya? Jangan lewatkan penjelasan pada artikel ini sampai selesai.

buat jani dokter primaya

Sebenarnya Apa Itu Otot Jantung?

otot jantung

Membahas otot, bagian tersebut memiliki tekstur kenyal yang umumnya terdapat pada tubuh manusia maupun hewan. Secara umum, fungsinya untuk menggerakkan organ di dalam tubuh secara leluasa.

Setidaknya ada tiga jenis otot yang terdapat dalam tubuh manusia, mulai dari otot lurik, otot polos, dan otot jantung. Pada pembahasan kali ini akan mengulas terkait apa itu otot lurik. Bagi yang belum tahu, bagian tersebut merupakan gabungan dari otot polos sekaligus otot lurik.

Meski berupa gabungan dari dua jenis otot, tetapi ada ciri tersendiri dari otot jantung. Hal itu memungkinkan seseorang lebih mudah membedakannya dengan jenis otot lainnya sehingga tidak akan tertukar.

Letak Keberadaan Otot Jantung 

letak otot jantung

Sesuai namanya, otot jantung merupakan otot yang letaknya ada di jantung. Karena letaknya di jantung, otot ini bekerja secara terus-menerus tanpa henti supaya proses yang berkaitan dengan jantung tetap bisa berlangsung dengan baik.

Melihat tugasnya yang tiada hentinya, otot jantung juga sering mndapatkan julukan otot spesial. Bagian tubuh manusia ini menjalankan tugasnya secara involunter, artinya di bawah kesadaran manusia sehingga manusiapun tidak menyadari kapan bagian tubuh itu bekerja.

Jika Anda perhatikan dengan teliti, strukturnya mirip seperti otot rangka. Bedanya, bentuk otot jantung tampak seperti anyaman. Untuk letaknya sendiri ada di miokardium atau lapisan tengah jantung. Fungsi utamanya adalah untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Mengenal Ciri Ciri Otot Jantung Secara Khusus

ciri ciri otot jantung

Sebagai otot yang berperan penting pada tubuh manusia, rasanya perlu mengetahui ciri ciri otot jantung. Jangan khawatir, bentuknya cukup mudah dibedakan dengan otot lain yang ada di dalam tubuh.

1. Memiliki Serabut Khusus

Pada otot jantung terdapat serabut yang tampilannya seperti poros sehingga terlihat unik. Lebih lanjutnya, serabut khusus tersebut berbentuk bulir magnetik dan bercabang dengan suatu nukleus sentral.

2. Panjangnya Sekitar 85-100 mikron

Ciri lain dari otot jantung yaitu panjangnya berada di kisaran 85 sampai 100 mikron dan diameternya sekitar 15 mikron. Dari segi ukuran memang tidak begitu besar ataupun kecil dan masih bisa terlihat dengan mata telanjang.

3. Terdapat Diskus Interkalaris

Istilah ini menurut sebagian orang mungkin masih cukup asing. Maksud dari diskus interkalaris adalah garis-garis transversal yang berwarna gelap. Tugasnya yaitu sebagai sambungan dan bagian luarnya bersentuhan dengan sel-sel otot luar. Tiga hubungan diskus interkalaris, antara lain:

  • Fascia adherens: Tempat filamen aktin melekat pada sarkomer terminal.
  • Mascula adherens: Berperan penting dalam mempertahankan otot jantung agar tidak terpisah dengan sarkomer apabila terjadi kontraksi.
  • Gap junction: Berupa kontinuitas ionik di antara sel-sel yang letaknya saling berdekatan.
Baca Juga:  Mengenal Enzim Jantung dan Proses Pemeriksaannya

4. Kontraksi Otot Jantung Kuat dan Berirama

Otot jantung mampu berkontraksi dengan kuat, berirama, dan terjadi secara continue alias terus menerus. Saat ada stimulus, otot jantung akan bereaksi dengan cepat. Ketika otot jantung kontraksi, posisi menguncup. Sementara ketika otot jantung relaksasi, maka jantung mengembang.

5. Kerjanya Tidak Berkaitan dengan Otak

Pada saat manusia sedang pingsan atau kritis, jantung akan tetap berdetak. Itu artinya kinerja dari otot-otot jantung tidak bergantung pada otak. Kondisi tersebut memperjelas bahwa otot jantung bekerja di bawah kesadaran manusia.

6. Berkaitan dengan Saraf Otonom

Kinerjanya memang tidak berada di bawah kendali otak, tetapi otot jantung berkaitan erat dengan saraf simpatik dan saraf parasimpatik. Saraf simpatik bertugas mempercepat kerja organ-organ tubuh. Sedangkan saraf parasimpatik untuk memperlambat kerja seluruh organ tubuh.

Ciri Ciri Otot Jantung secara Umum

ciri ciri otot jantung

Dari sekian banyak ciri ciri otot jantung yang hanya ada di organ tubuh tersebut, masih ada ciri lainnya. Meski tidak sepenuhnya mempermudah membedakannya dengan otot bagian lain, tetapi ciri-ciri berikut ada pada otot jantung juga.

  • Bentuknya otot jantung terlihat memanjang
  • Bagian inti selnya terdapat di tengah otot
  • Tercatat ada sekitar 1.500 filamen serabut otot
  • Otot jantung terus bekerja tanpa beristirahat
  • Bentuk serabutnya bercabang-cabang.
  • Bentuk otot jantung silindris dan memiliki banyak rcabang

Gambaran Ciri Ciri Otot Jantung dan Strukturnya

struktur otot jantung

Setelah memahami ciri ciri otot jantung, hal lain yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana struktur otot jantung. Seperti yang disinggung sebelumnya, struktur otot jantung berbentuk anyaman sel dengan bentuk bercabang.

Otot jantung tersusun atas sel silindris, serabut lurik pendek, dan cabang yang saling terhubung satu sama lain.  Pada setiap sel terdiri 1-2 inti sel yang berada di tengah sarkoplasma.

Strukturnya menyerupai otot lurik, hanya saja inti selnya terletak di bagian tengah sel dan memiliki percabangan. Faktanya, setiap percabangannya memiliki jaringan pengikat yang bernama sebagai diskus interkalaris.

Penyakit yang Memengaruhi Perubahan Ciri Ciri Otot Jantung 

kelainan otot jantung

Seperti pada organ-organ tubuh lain, ada otot jantung juga bisa mengalami kelainan tertentu, salah satu kelainannya bernama kardiomiopati. Kondisi ini menyerang pada fungsi pompa jantung.

Baca Juga:  Ciri Ciri Penyakit Jantung Pada Pria yang Harus Diwaspadai

Ketika otot jantung terkena kardiomiopati biasanya akan terjadi perubahan seperti penebalan otot jantung, kaku, dan melebar. Akibatnya fungsi jantung tidak dapat bekerja normal dan mempengaruhi fungsi pompa darah ke seluruh tubuh.

Ada beberapa penyebab kardiomiopati, mulai dari kelainan genetik atau adanya penyakit kronis tertentu seperti halnya darah tinggi dan diabetes. Perlu khalayak luas ketahui, kardiomiopati ada 4 yakni kardiomiopati dilatasi, hipertrofik, restriktif, dan aritmogenik ventrikel kanan.

Selain Memperhatikan Ciri Ciri Otot Jantung, Begini Cara Dokter Mendiagnosis Kelainannya 

kelainan otot jantung

Tindakan pertama yang umumnya dokter lakukan untuk mendiagnosa penyakit adalah dengan menanyakan gejala-gejalanya pada pasien. Orang dengan gangguan ini biasanya akan merasakan nafas pendek, mudah lelah, pusing, nyeri dada, dan berdebar-debar.

Apabila pasien merasakan salah satu atau beberapa gejalanya, tindakan selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan menggunakan alat khusus berupa echocardiografi, MRI, pemeriksaan treadmil, CT scan, tes darah, dan kateterisasi jantung.

Serangkaian pemeriksaan dibutuhkan untuk memastikan apakah pasien benar-benar mengalami kardiomiopati atau penyakit lainnya yang gejalanya hampir serupa.

Pencegahan Penyakit Otot Jantung

penyakit otot jantung

Menyinggung perihal pencegahan penyakit kardiomiopati, sebenarnya harus melihat apa penyebab utamanya. Kardiomiopati umumnya menyerang orang yang mengalami obesitas, kurang olahraga, terlalu banyak merokok, kurang istirahat, dan terlalu sering stres.

Pencegahan dapat Anda lakukan dengan rutin berolahraga, tidak merokok secara berlebihan, menurunkan berat badan, dan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Di samping itu juga perlu melakukan medical check-up ke dokter atau rumah sakit.

Bagi yang sebelumnya sudah mengalami kardiomiopati namun telah sembuh, sebaiknya patuhi seluruh arahan dokter. Bila perlu, konsumsi secara berkelanjutan obat yang dokter resepkan.

Kapan Harus ke Dokter?

dokter jantung

Ketika muncul pertanyaan seperti ini, jawabannya yaitu ketika merasakan gejala terserang kardiomiopati. Perlu adanya pemeriksaan lebih lanjut apakah seseorang benar-benar terserang penyakit satu ini atau tidak.

Sebaiknya tidak melakukan self diagnosis karena akan sangat berbahaya apalagi jika tidak mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sebagai anggota medis atau orang-orang yang tertarik menekuni bidang sain kedokteran, memahami ciri ciri otot jantung menjadi salah satu hal paling penting. Manfaatnya adalah agar bisa membedakannya dengan otot lain.

 

Narasumber

dr. Wira Kimahesa Anggoro, SpJP

Dokter Spesialis Jantung

Primaya Hospital Tangerang

Referensi:

  • Kenali Jenis Otot Manusia dan Cara Kerjanya dalam Tubuh. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6366455/kenali-jenis-otot-manusia-dan-cara-kerjanya-dalam-tubuh. Diakses pada 30 Mei 2023.
  • Mengenal Ciri-Ciri Otot Jantung, Struktur, dan Fungsinya. https://kumparan.com/kabar-harian/mengenal-ciri-ciri-otot-jantung-struktur-dan-fungsinya-1xvKcmgp6hR. Diakses 30 Mei 2023.
Bagikan ke :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.