• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil dengan Cara Alami

Pada trimester pertama, para calon ibu umumnya mengalami morning sickness atau mual. Jika berlangsung terlalu sering, tentu saja hal ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman hingga menurunkan nafsu makan. Agar kesehatan tubuh tetap stabil dan nutrisi tubuh terpenuhi, ketahui cara mengatasi mual saat hamil secara efektif.

Di sini akan dibahas cara alami mengatasi mual,dengan tidak menggunakan obat-obatan kimia yang menggunakan resep dokter.

buat jani dokter primaya

Begini Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

cara mengatasi mual saat hamil

Mual selama kehamilan merupakan hal yang wajar, akan tetapi dapat berpengaruh pada mood dan nafsu makan bunda. Supaya gejalanya lebih terkendali, coba lakukan hal-hal berikut:

1. Menghirup Aromaterapi

aroma terapi

Aroma yang keluar dari aroma terapi membuat bunda merasa rileks. Pilih varian aroma yang menyegarkan, coba untuk mencari aroma favorit. Sebab, terkadang aroma favorit sebelum hamil dan setelah hamil berubah.

Dari sekian banyak varian aroma yang tersebar di pasaran, beberapa paling recomended untuk ibu hamil adalah aroma lemon, peppermint, spearmint, jeruk manis, dan jeruk mandarin.

Selain itu, aroma lavender, teh hijau, dan aroma alami lainnya juga memberi efek rileks untuk tubuh

2. Ubah Pola Makan

ubah pola makan

Pada saat merasakan gejala morning sickness, kebiasaan makan biasanya akan terganggu. Rasa tidak nyaman yang muncul kerap membuat nafsu makan ibu hamil menurun.

Meskipun begitu, jangan biarkan kondisi lambung sampai kosong. Untuk mengatasinya, ubah pola makan dengan mengonsumsi makanan porsi sedikit tetapi sering. Pilih menu-menu yang mengandung nutrisi tinggi.

Menu makanan yang bisa Anda pilih misalnya kentang, roti, bubur, sup ayam, dan biskuit. Pilihan makanan tersebut cukup efektif meredakan mual.

3. Lakukan Olahraga Ringan

olahraga ringan

Walaupun sedang mengandung,bunda tetap dianjurkan untuk melakukan olahraga rutin. Bukan olahraga pada umumnya, pilih jenis olahraga khusus yang baik bagi janin dan ibu hamil.

Faktanya memang selain menyehatkan, olahraga saat hamil juga meringankan rasa mual yang muncul. Bagi ibu hamil, sebaiknya memilih jenis olahraga ringan, misalnya berjalan kaki perlahan di pagi hari, renang, dan yoga.

Setidaknya lakukan olahraga setiap hari selama kurang lebih 30 menit atau sebanyak 3 kali seminggu tergantung kondisi tubuh. Membentuk kebiasaan seperti ini pada awalnya memang berat, tetapi lama-kelamaan para bunda akan terbiasa.

4. Sering Makan Camilan

makan camilan

Meski tampak sering diabaikan, ternyata makan camilan efektif mengurangi gejala mual. Hanya saja, jangan sampai ngemil sembarang makanan, terlebih yang berpotensi memperparah rasa mual dan mengandung zat berbahaya.

Tenang saja, ada banyak sekali daftar makanan yang aman untuk ibu hamil dengan catatan konsumsinya tidak boleh berlebihan. Camilannya sendiri berupa ubi, alpukat, popcorn, bubur beras merah, oatmeal, apel, granola, smoothies buah, coklat, salad buah, dan lainnya.

Baca Juga:  Stimulasi Prenatal Untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Janin

Hindari membiarkan lambung kosong karena memicu masalah kesehatan lambung. Meski terasa mual hingga ingin muntah, tetap usahakan mengonsumsi camilan secara berkala. Tetapi jaga agar perut tidak sampai kekenyangan.

5. Hindari Makanan atau Hal-Hal yang Berbau Menyengat

makanan berbau menyengat

Selama masa kehamilan, wanita cenderung sensitif terhadap bau-bauan, terutama di trimester pertama. Supaya tidak terlalu mual dan muntah, jauhi hal-hal yang memunculkan bau menyengat, baik itu sabun mandi, parfum, ataupun makanan.

Para bunda harus jauh lebih berhati-hati saat berada di luar rumah. Banyak sekali bau-bauan menyengat, bisa dari sampah, aroma rokok, knalpot mobil dan motor, atau aroma tubuh dari orang lain.

Usahakan selalu menggunakan masker saat keluar rumah. Tujuan utamanya agar penciuman tidak terlalu sensitif. 

6. Makan Permen

makan permen

Tidak sedikit ibu hamil yang mengaku bahwa gejala mualnya berkurang setelah mengonsumsi permen. Salah satu Jenis permen yang dapat direkomendasikan untuk mengurangi mual adalah permen jahe.

Jahe merupakan tanaman obat-obatan yang mengandung gingerol yang mampu meningkatkan motilitas lambung.

Maksud dari motilitas adalah peredaran makanan ke seluruh tubuh. Ketika motilitas baik, secara otomatis mual menjadi berkurang. Jadi bunda-bunda perlu menyetok permen jahe merk paling favorit.

7. Hindari Makanan yang Memicu Gejala Mual Semakin Parah

makanan pemicu gejala mual

Tidak semua jenis makanan cocok dikonsumsi ibu hamil. Bukan hanya bergizi, pilih juga menu yang mampu mengurangi rasa mual.

Menu makanan yang sebaiknya bunda hindari adalah makanan pedas dan berlemak. Perlu diperhatikan bagi pecinta makanan pedas termasuk seblak dan bakso mercon, hindari makanan-makanan tersebut selama kehamilan.

Makanan berlemak dan pedas dapat memicu naiknya asam lambung. Akibatnya, gejala mual pada trimester pertama kehamilan kemungkinan semakin parah jika terlalu sering mengonsumsi makanan dengan kriteria itu.

8. Istirahat Cukup

tidur cukup

Sewaktu hamil, bunda-bunda pasti merasakan tubuhnya mudah lelah meski tidak terlalu beraktifitas. Alhasil, gejala morning sickness semakin parah apabila tidak mendapatkan penanganan dengan benar.

Cobalah untuk istirahat cukup dan hindari hal-hal yang membuat pikiran stres. Banyak yang mengaku bahwa gejala morning sickness-nya berkurang drastis setelah menerapkan kegiatan ini.

Supaya keluarga mengerti kondisi Anda, komunikasikan kepada mereka tentang gejala-gejala yang muncul sehingga tidak terjadi kesalahpahaman, terutama bagi yang tinggal bersama mertua.

Baca Juga:  Ketahui Aplikasi Kehamilan yang Bagus Beserta Manfaatnya

9. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

cukupi kebutuhan cairan tubuh

Bukan dengan minum-minuman instan yang mengandung berbagai campuran zat aditif khusus makanan atau BTP (Bahan Tambahan Pangan). Dalam porsi tertentu memang BTP masih aman bagi tubuh, akan tetapi jika masuk ke dalam tubuh secara berlebihan, tentu saja dapat menyebabkan berbagai efek negatif.

Penuhi cairan tubuh dengan cara minum air putih yang cukup. Setidaknya minum air putih sebanyak 1,8 liter – 2,7 liter atau setara dengan 8-11 gelas setiap harinya. Selanjutnya, pada trimester kedua, tambah porsinya menjadi 2,2 liter – 3,3 liter atau setara dengan 9-14 gelas per hari.

Sedangkan pada trimester ketiga kehamilan, tingkatkan asupan cairan hingga 2,4 liter – 3,6 liter atau setara dengan 10-15 gelas per hari.

10. Tenangkan Pikiran

menenangkan pikiran

Mood swing merupakan gejala paling umum yang terjadi semasa hamil. Selain emosi yang tidak stabil, kondisi ini juga menyebabkan gejala mual dan muntah semakin intens.

Sebagai solusinya, ibu hamil perlu menenangkan pikiran. Caranya bisa dengan selalu berpikir positif. Selain itu, rutinkan untuk melakukan meditasi agar emosi lebih stabil dan semakin terkendali.

Ketiak pikiran tenang, gejala mual dan muntah juga akan berkurang. Paling penting, hindari hal-hal yang membuat emosi tidak stabil, baik yang memicu kemarahan, kesedihan, atau bahagia berlebihan.

11. Cium Aroma Menenangkan

aroma menenangkan

Apabila Anda tidak terlalu suka aroma terapi, cium aroma menenangkan yang ada di lingkungan, misalnya dari daun, batang pohon, atau bunga.

Setelah mencium aroma menenangkan, tubuh dan pikiran menjadi semakin rileks yang berdampak pada berkurangnya rasa ingin muntah.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara mengatasi mual saat hamil secara alami yang dapat bunda-bunda coba. Jika gejalanya semakin parah hingga menyebabkan ketidaknyamanan, sesegera mungkin konsultasi ke dokter. 

Narasumber:

dr. Idries Tirtahusada, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Primaya Hospital Bhakti Wara

Referensi:

  • Morning sickness. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1448/morning-sickness. Dikutip pada 30 Desember 2023
  • Faktor-faktor yang Menyebabkan Rasa Mual – Yankes Kemkes. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2852/faktor-faktor-yang-menyebabkan-rasa-mual. Dikutip pada 30 Desember 2023
  • JURNAL RISET KESEHATAN NASIONAL. https://ejournal.itekes-bali.ac.id/jrkn/article/download/367/206. Dikutip pada 30 Desember 2023
  • Journal of Health (JoH). https://journal.gunabangsa.ac.id/index.php/joh/article/download/529/212. Dikutip pada 30 Desember 2023
  • BAB I PENDAHULUAN – Digilib Esa Unggul. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Undergraduate-16981-BAB%20I.Image.Marked.pdf. Dikutip pada 30 Desember 2023

Share to :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.