Sariawan Pada Ibu Hamil

Sariawan Pada Ibu Hamil, RS Awal Bros Bekasi Timur, pemeriksaan kehamilan

Sariawan adalah penyakit yang muncul pada jaringan lunak pada mulut atau pada dasar gusi yang berbentuk luka kecil dan dangkal dengan tepiannya yang berwarna merah akibat peradangan. Sariawan ini dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Adakah ibu hamil yang mengalami masalah ini selama kehamilan. Apa penyebabnya?

Dr. Ana Maria, Sp.OG selaku Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan (Obstetri dan Ginekologi) dari Primaya Hospital Bekasi Timur menjelaskan bahwa Sariawan pada ibu hamil ini biasanya disebabkan oleh perubahan hormon. “Selain itu sariawan pada ibu hamil bisa terjadi karena kurang higenis pada daerah gigi dan mulut, kurang vitamin C, asam folat atau vitamin B12 juga menyebabkan timbulnya sariawan,”jelas dokter Ana Maria.

Selama masa kehamilan, para ibu disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan seperti sayur dan buah. Kandungan yang terdapat pada sayur dan buah dapat memenuhi asupan gizi bagi ibu hamil dan menghindari munculnya berbagai penyakit termasuk sariawan. Apakah sariawan yang terus menerus dikarenakan ibu hamil tersebut stres? Dokter Ana Maria mengatakan bahwa faktor stres dalam hal ini adalah sebagai faktor pemicu bukan penyebab.

Baca Juga:  Hemodialisa Untuk Pasien Penyakit Ginjal Kronik

Pencegahan Sariawan Menurut Dokter Primaya Hospital

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan (Obstetri dan Ginekologi) dari Primaya Hospital Bekasi Timur, Dr. Ana Maria, Sp.OG menyatakan pencegahan sariawan pada ibu hamil dapat dilakukan dengan cara menjaga higenitas (kebersihan) di daerah gigi dan mulut. Membersihkan daerah gigi dan mulut dengan sikat gigi dan berkumur air secara teratur.

Pencegahan lain adalah dengan memenuhi asupan gizi terutama kebutuhan vitamin C, asam folat dan vitamin B12 yang banyak didapat pada sayur dan buah. Biasanya sariawan ini akan sembuh dengan sendirinya, tetapi apabila mengganggu sekali dapat diobati dengan sebelumnya konsultasi ke dokter spesialis gigi dan mulut agar mendapat pengobatan untuk sariawan yang aman untuk ibu hamil.

Baca Juga:  Perkembangan Janin dengan Kelahiran Prematur

Umumnya sariawan akan sembuh dengan sendirinya. Namun, jika sariawan tidak sembuh dalam waktu 7 hari sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Pusat Layanan Ibu dan Anak merupakan salah satu keunggulan Primaya Hospital. Lakukanlah pemeriksaan kehamilan demi kesehatan ibu dan anak. Primaya Hospital memiliki dokter kandungan dan dokter anak yang handal di bidangnya. Pusat Layanan Ibu dan Anak difasilitasi dengan pemeriksaan kehamilan USG 3D dan pemeriksaan kehamilan USG 4D oleh dokter obgyn. Primaya Hospital juga menyediakan medical check up dengan dokter spesialis kandungan. Temukan jadwal dokter obgyn kami di sini untuk melakukan konsultasi dokter kandungan.

Ilustrasi Gambar: William Stitt

Artikel terkait:

Baca Juga:  Cara Menyuburkan Kandungan Setelah Berhenti KB

 

Bagikan ke :