Kehamilan : Tips Mengatasi Kekwatiran Menjelang Melahirkan

Halo bunda-bunda cantik, terutama bunda yang sedang dalam masa kehamilan. Kali ini dr. Christina Sitorus, Sp.OG selaku Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Primaya Hospital Bekasi Barat berbagi tips sederhana untuk mengurangi kekwatiran dan ketakutan yang kerap muncul menjelang
persalinan

  1. Pahami kondisi bunda dan kehamilan bunda dengan baik

Jika bunda yakin bahwa kehamilan bunda baik maka bunda akan lebih siap menghadapi persalinan. Bagaimana memastikan bahwa kondisi kandungan baik? Melakukan pemeriksaan kehamilan dengan dokter kandungan adalah cara terbaik untuk kondisi kehamilan serta resiko resiko tertentu pada kehamilan bunda, selain mengetahui pasti usia kehamilan dan waktu perkiraan lahir. Kapan kunjungan pertama ke dokter kandungan dilakukan? Kunjungan ke dokter kandungan pertama kali disarankan sesegera mungkin karena penentuan usia kandungan paling akurat dalam 3 bulan pertama kehamilan . Selain itu, penapisan resiko kehamilan melalui tanya jawab, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (pemeriksaan USG dan laboratorium) oleh dokter kandungan dapat dilakukan sedini mungkin. Dengan demikian  bunda memiliki waktu yang lebih panjang untuk melakukan antisipasi dan optimalisasi luaran kehamilan dan hal ini akan membuat bunda lebih tenang menghadapi persalinan

  1. Dapatkan informasi yang benar seputar persalinan

Pemahaman yang benar tentang kehamilan, persalinan bahkan menyusui dan perawatan bayi baru lahir akan mengurangi kewatiran dan membuat bunda lebih percaya diri menjalani persalinan.   Pemahaman yang benar dapat diperoleh melalui konsultasi dengan dokter kandungan, kelas bersalin serta media seperti website atau you tube yang terpercaya dan sebaiknya diskusikan informasi tersebut dengan dokter bunda untuk menghindari salah persepsi.

Baca Juga:  Mengenal Penyakit Batu Empedu

Beberapa hal yang perlu dipahami sebelum  persalinan:

  1. Tanda tanda bersalin dan hal hal yang dilakukan jika tanda tersebut muncul
  2. Tahapan persalinan dan hal hal yang mempermudah setiap tahap persalinan seperti pilihan untuk mengatasi nyeri, serta usaha untuk memperlancar setiap tahap persalinan.
  3. Kemungkinan resiko pada setiap tahap persalinan dan antisipasinya serta penanganan jika resiko tersebut muncul

Dengan pemahaman ini, bunda bersama pasangan serta keluarga dapat membuat pilihan tentang plan persalinan yang nyaman buat bunda.

  1. Ketahui hal hal yang membuat bunda kwatir dan bentuk mindset/affirmasi positif

Segera diskusikan setiap hal yang membuat bunda kwatir tentang kehamilan serta persalinan pada setiap kunjungan dengan dokter bunda. Bunda juga dapat membagikan kekwatiran bunda dengan orang orang yang bunda percayai seperti suami, orangtua atau teman sehingga rasa kwatir tersebut tidak menjadi beban.  Hindari mendengarkan cerita atau pengalaman yang tidak baik atau menakutkan seputar persalinan, karena hal tersebut hanya akan menambah kekwatiran bunda.  Bentuk pikiran dan affirmasi positif bahwa bunda pasti dapat melalui  persalinan dengan baik dan lancar.

  1. Ikuti kelas bersalin

Mengikuti kelas bersalin seperti yoga prenatal, senam hamil, latihan relaksasi, kelas hipnoborthing  bersama ibu ibu hamil lainnya dapat membuat bunda lebih semangat dan percaya diri menghadapi persalinan

  1. Tim dan suasana pendukung selama persalinan

Pendampingan oleh  tim pendukung selama persalinan seperti suami, keluarga serta teman yang menenangkan dapat memberi ketenangan dan mengurangi nyeri selama bersalin dan memperlancar persalinan. Menciptakan suasana yang dapat menenangkan bunda saat bersalin seperti mendengarkan musik favorit bunda, memegang tangan atau memeluk suami atau menerapkan teknik pernafasan atau relaksasi yang telah didapatkan melalui kelas bersalin  dapat megurangi nyeri atau stres saat bersalin.

Baca Juga:  Kehamilan Bayi Kembar

Sumber foto: Camylla Battani

Narasumber: dr. Christina Sitorus, Sp.OG

Bagikan ke :