• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

5 Rahasia Mengatasi Mata Merah Karena Iritasi

5 Rahasia Mengatasi Mata Merah Karena Iritasi

Mata merah merupakan pertanda bahwa adanya iritasi pada mata. Gejalanya akan berakibat pada mata akan terasa gatal dan kasar. Apabila hal ini terjadi pada Anda, pastilah Anda akan menggosok-gosokkan mata Anda menggunakan tangan untuk menghilangkan hal tersebut. Namun, jika yang seperti itu Anda lakukan, justru mata Anda akan mengalami iritasi ‘berat’ dan semakin memerah.

Penyebab Mata Merah diakibatkan karena:

buat jani dokter primaya
  • Terdapat bakteri masuk kedalam mata
  • Terjadi sentuhan atau pergesekan tidak sengaja pada mata
  • Terlalu lama menatap layar ber-radiasi (TV, Komputer, Gadget)
  • Pemakaian lensa kontak terlalu lama
  • Terkena bahan ber-zat kimia (Shampoo/Sabun)
  • Mata lelah

Apakah Anda tidak ingin mengatasi mata merah dengan ‘obat’ yang mengandung bahan kimia? Sebaiknya lakukan cara lain yang alternatif lebih mudah dan alami untuk Mengatasi Mata Merah Karena Iritasi seperti berikut dibawah ini.

Tips Rahasia Mengatasi Mata Merah Karena Iritasi

1. Berkedip

Apakah Anda terlalu lama menatap layar komputer, TV, ataupun gadget Anda? Bisa jadi ini penyebab mata Anda memerah. Karena penglihatan Anda selalu fokus pada layar ber-radiasi tersebut, dan Anda menjadi lupa akan berkedip. Maka dari itu, luangkanlah sejenak untuk mengedipkan mata Anda beberapa kali supaya cairan biologis pada mata Anda dapat keluar dan akan melumasi mata Anda yang kering.

Baca Juga:  Cara Merawat Mata dengan Benar Bila Menggunakan Lensa Kontak?

2. Pandang Warna Cerah Alami

Seperti melihat warna hijau pada rerumputan dan dedaunan. Segeralah beranjak dari tempat Anda sekarang dan keluarlah ke halaman latar untuk mendapatkan warna-warna cerah alami tersebut. Dengan begitu, mata Anda yang iritasi dapat mereda dan akan terasa segar kembali.

3. Basuh Mata Dengan Air Steril

Cara ini sangat praktis dan simple sekali untuk Anda lakukan. Karena yang perlu Anda lakukan hanya membasuh mata Anda menggunakan air yang steril dan terjamin bersihnya. Hal ini dapat memusnahkan bakteri dan debu yang ada pada mata Anda sehingga mata yang terkena iritasi dapat segera mereda.

4. Usap Menggunakan Kain Lembab

Setelah Anda melakukan cara ke-3, pakailah kain yang lembab untuk mengeringkan mata Anda dari air. Usap juga area mata Anda supaya debu dan bakteri tidak kembali masuk kedalam mata Anda. Ingat, hanya usap dengan perlahan dan ringan saja, jangan terlalu ‘keras’. Dan jika Anda lakukan dengan benar, pasti mata Anda yang merah dapat dengan segera ‘sirna’ dan terasa sehat kembali.

Baca Juga:  Apakah Rabun Jauh Bisa Sembuh? Yuk Cek Faktanya!

5. Lakukan Senam Mata Ringan

Jika ke-4 cara sudah Anda lakukan, tidak salah apabila Anda melakukan cara kelima ini. Karena selain untuk meredakan mata merah. Senam mata ringan ini dapat mengendurkan otot syaraf tegang yang terdapat pada organ mata Anda. Lakukan senam mata ini seperti halnya menggerakkan bola mata Anda ke samping, atas dan bawah. Dengan sebentar saja, hal ini terbukti ampuh sekali.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai 5 Rahasia Mengatasi Mata Merah Karena Iritasi. Semoga bermanfaat, terimakasih.

 

Reviewed by

dr. Vincent Wang Tahija, Sp.M

Dokter Spesialis Mata

Primaya Hospital Bekasi Utara

Share to :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.