Sport Clinic: Cakupan Pelayanan Klinik Olahraga

Sport Clinic Cakupan Pelayanan Klinik Olahraga

Sport clinic adalah salah satu layanan modern dari rumah sakit yang hadir mengikuti perkembangan zaman. Unit ini tersedia untuk menangani berbagai masalah kesehatan terkait dengan aktivitas fisik, terutama olahraga. Aktivitas olahraga bisa menyebabkan cedera pada individu walaupun bukan sebagai atlet profesional. Mereka memerlukan penanganan yang lebih spesifik dan lebih baik dari tim dokter sub-spesialis , spesialis serta tim terkait.

 

Mengenal Sport Clinic

Sport clinic adalah bagian dari ilmu kedokteran  yang berkaitan dengan pencegahan (preventive) , penanganan,  perawatan dan upaya performa, baik pelaku olahraga non-profesional maupun profesional. Di rumah sakit, sport clinic memiliki tim yang terdiri atas dokter sub-spesialis sports injury, spesialis kedokteran olahraga,  fisioterapi olahraga , personal trainer dan personel lain dari lintas disiplin yang berhubungan dengan keolahragaan.

Fungsi sport clinic tidak hanya mengobati pasien, tapi juga mencegah penyakit atau cedera dan merehabilitasi pasien untuk memulihkan kondisinya. Unit rumah sakit ini menyediakan layanan operasi dan non-operasi. Tindakan operasi yang umum dilakukan adalah operasi rekonstruksi ligamen krusiat anterior atau anterior cruciate ligament (ACL) dan operasi bahu serta foot and ankle.

 

Siapa saja yang Membutuhkan Sport Clinic?

Sport clinic tidaklah eksklusif diperuntukkan bagi atlet yang mengalami cedera. Siapa pun yang cedera saat berolahraga, misalnya ketika joging santai di akhir pekan, juga dapat memperoleh layanan klinik tersebut.

Dokter di unit sport clinic dapat memberikan diagnosis dan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi pasien.

Tak perlu pula mengalami cedera dulu baru datang ke sport clinic. Pasien yang datang untuk berkonsultasi dan meminta rekomendasi untuk meningkatkan performa juga dapat dilayani, termasuk yang bertujuan mengikuti program latihan yang berhubungan dengan penyakit penyerta. misalnya pasien dengan gejala low back pain ( nyeri pada pinggang bawah) dapat dilakukan treatment melalui exercise yang sesuai dengan kondisi pasien tersebut.

 

Pelayanan di Sport Clinic

Di samping program pencegahan (preventive) , penanganan,  perawatan dan upaya performa, klinik olahraga menyediakan layanan untuk mengobati berbagai kondisi terkait dengan masalah keolahragaan. Contohnya:

Tendon achilles robek: robekan pada tendon yang menghubungkan bagian belakang ankle ke tumit akibat cedera atau terlalu sering digunakan dalam aktivitas.

Pergelangan kaki terkilir ( sprain) : kondisi ini tidak hanya terjadi saat berolahraga, kadang disertai ligamen robek.

Radang sendi : pembengkakan pada sendi di lutut, bahu, atau pinggul yang berfungsi sebagai kerangka tubuh agar dapat bergerak flexible .

Cedera ligamen lutut: ligament pada lutut ada yang disebut ACL, PCL,MCL atau LCL. Biasanya pemicu cedera adalah gerakan tiba-tiba yang mempengaruhi lutut.

Robekan meniskus lutut: robeknya meniskus pada lutut akibat aktivitas memutar dengan cepat.

Osteoartritis: peradangan sendi yang ditandai dengan rusaknya tulang rawan sendi.

Dislokasi bahu: bagian atas tulang lengan keluar dari soket bahu lantaran terjatuh, tertabrak, atau terpukul.

Tendinitis: peradangan pada tendon atau jaringan lunak yang menghubungkan otot dengan tulang, seringnya di pergelangan bahu, tangan , dan ankle

 

Tim Dokter

Sport clinic memiliki tim terkoordinasi yang bertugas dalam evaluasi, diagnosis, dan perawatan cedera yang terjadi akibat aktivitas olahraga. Tim lintas disiplin ini akan bekerja bersama-sama untuk memulihkan kondisi pasien agar dapat kembali beraktivitas fisik kembali bahkan mengembalikan pasien agar dapat berolahraga kembali (return to sports) . Selain itu, tim juga memberikan layanan preventif lewat konsultasi seputar kebugaran dan kesehatan fisik. Tim sport clinic tersebut meliputi:

Dokter Ortopedi Sub-spesialis Sports Injury : memberikan tindakan bedah ataupun non-bedah

Spesialis kedokteran Olahraga: membuat rencana program peningkatan kondisi pasien, serta menangani cedera non-bedah

Fisoterapi fisik olahraga: Bekerja sama dokter bedah ortopedi dan spesialis kedokteran olahraga untuk mengembangkan program rehabilitasi dan peningkatan kondisi pasien. Tergantung kebutuhan, pasien juga bisa memperoleh layanan dari personal trainer .

 

Fasilitas di Sport Clinic

Unit klinik olahraga di rumah sakit didedikasikan untuk mendukung pencegahan, perawatan, dan pemulihan pasien. Untuk itu, selain tim dokter yang mumpuni, diperlukan fasilitas yang memadai, antara lain:

  • Ruang periksa
  • modalitas fisioterapi terbaru dan tercanggih
  • Peralatan kebugaran
  • Alat untuk melatih kekuatan dan mobilitas
  • Ruang terbuka untuk aktivitas pemulihan pasien
  • Laboratorium
  • Ruang Fisioterapi yang nyaman dan privasi

 

Sport Clinic di Primaya Hospital

Primaya Hospital memiliki sport clinic yang berupaya menyediakan layanan berkualitas untuk masalah kesehatan terkait dengan aktivitas olahraga. Layanan ini mencakup promosi kesehatan bagi masyarakat agar terhindar dari penyakit dan cedera olahraga. Dengan dokter yang tepat dibidangnya dan tim medis yang berpengalaman serta dukungan teknologi terkini, Primaya Hospital akan membantu memberikan perawatan terbaik bagi pasien sehingga dapat mengembalikan pasien kembali berolahraga seperti semula bahkan lebih baik dari semula.

Primaya Hospital menerapkan standar internasional yang sama untuk pelayanan di setiap cabangnya di seluruh Indonesia. Hubungi sport clinic di Primaya Hospital guna mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pelayanan sports clinic.

 

Narasumber:

dr. Evan, M.Kes, Sp.OT(K)

Dokter Spesialis Orthopedi dan Trauma

Primaya Hospital Bekasi Timur

 

Referensi:

https://www.sciencedaily.com/terms/sports_medicine.htm

https://www.mayoclinic.org/departments-centers/sports-medicine-mayo-clinic/sections/overview/ovc-20437758

Bagikan ke :