• Emergency
  • 150 108
  • Chatbot

Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Mengatasinya

Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Mengatasinya

Ketika muncul flek hitam di wajah, reaksi orang pada umumnya adalah ingin tahu apa penyebabnya dan cara mengatasinya. Terdapat beragam penyebab flek hitam di wajah. Di antara banyaknya penyebab itu, sebagian besar tidak menyebabkan ancaman serius terhadap kesehatan. Namun kemunculan flek hitam tetap perlu perhatian karena bisa jadi berkaitan dengan masalah kesehatan yang lebih serius.

 


Mengenal Flek Hitam

Flek hitam adalah bercak yang tampak seperti noda berwarna lebih gelap pada kulit dibanding area sekitarnya. Selain berwarna hitam, kadang flek ini berwarna cokelat gelap. Flek hitam sering muncul pada wajah, tapi tak jarang didapati di area kulit lain, seperti tangan, kaki, dan punggung. Bercak gelap ini bisa muncul kapan pun, tapi paling sering dijumpai pada orang berusia separuh baya.

Penyebab flek hitam di wajah pada umumnya berhubungan dengan paparan sinar matahari dalam jangka panjang. Karena itu, bercak hitam itu acap didapati pada bagian tubuh yang biasa terpapar sinar matahari. Ada pula kemungkinan flek hitam terkait dengan masalah pada kulit atau merupakan efek samping obat-obatan tertentu.

Flek hitam juga sering disebut sebagai hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi terjadi ketika sel melanosit memproduksi melanin terlalu banyak di kulit. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit, mata, serta rambut. Makin banyak paparan sinar matahari, makin banyak produksi melanin yang bertujuan melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet. Pigmen yang berwarna gelap akan membuat kulit terhindar dari risiko lebih lanjut dari paparan sinar matahari.

 

Gejala

Warna gelap flek di wajah bergantung pada tone kulit seseorang. Ada yang berwarna hitam, ada juga yang cokelat. Cokelat pun ada yang cokelat gelap, ada juga yang cokelat terang. Yang sama adalah teksturnya jika penyebab flek hitam di wajah berhubungan dengan hiperpigmentasi. Selain itu, bercak tersebut tidak terasa sakit saat disentuh.

Ukuran dan bentuk flek hitam di wajah juga bervariasi. Biasanya bercak itu berbentuk oval dan datar dengan ukuran garis tengah sekitar 13 milimeter. Bercak flek juga sering muncul secara berkelompok dalam jumlah banyak sehingga lebih mudah terlihat karena warnanya berbeda dengan area kulit di sekitarnya.

 

Penyebab

Terdapat sejumlah penyebab flek hitam di wajah. Penyebab paling utama adalah radiasi ultraviolet sinar matahari, khususnya pada orang berusia separuh baya atau 45-65 tahun. Konsekuensi dari paparan sinar matahari dalam periode lama biasanya mulai muncul pada usia tersebut, terutama bila tak pernah memakai tabir surya atau melindungi kulit dari sinar matahari secara konsisten sebelumnya.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

Selain dari sinar matahari, menurut sejumlah penelitian, paparan cahaya dari gadget turut berkontribusi terhadap pembentukan flek hitam pada wajah. Sebab, gadget seperti telepon seluler pintar dan tablet memancarkan sinar biru yang juga merangsang produksi melanin berlebih di kulit wajah.

Penyebab flek hitam di wajah selain radiasi sinar termasuk:

  • Perubahan warna kulit setelah terjadi peradangan akibat jerawat, ruam, atau garukan
  • Melasma, lazim pada kalangan perempuan, disebabkan oleh perubahan hormon
  • Riehl melanosis, peradangan kulit karena paparan bahan kimia atau fisik
  • Efek samping obat-obatan yang membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari, seperti estrogen, tetrasiklina (antibiotik), dan amiodarone (obat jantung).
  • Iritasi kulit akibat penggunaan produk kosmetik
  • Bekas luka, misalnya akibat gigitan serangga

 

Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah

Penyebab flek hitam di wajah berpengaruh terhadap cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi bercak tersebut. Namun pada umumnya flek hitam pada wajah tak memerlukan perawatan. Meski begitu, tak sedikit yang ingin menghilangkan bercak ini demi alasan estetika wajah.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan:

1. Perawatan laser

Terdapat beberapa macam laser yang dapat digunakan untuk mengatasi flek hitam di wajah. Laser ini ditujukan ke melanin untuk memecah bercak gelap yang muncul.

2. Mikrodermabrasi

Prosedur ini menggunakan alat khusus untuk menghilangkan lapisan luar kulit sehingga terjadi pertumbuhan kolagen baru yang menggantikan kulit yang mengandung flek hitam.

3. Pengelupasan kimia

Metode ini mirip mikrodermabrasi, tapi menggunakan bahan kimia untuk mengelupas permukaan kulit.

4. Krioterapi

Penggunaan nitrogen cair terhadap flek hitam untuk membuatnya menjadi beku dan membuat sel kulit mati terlepas sehingga terbentuk sel kulit baru.

5. Krim pencerah kulit

Krim ini berfungsi menyamarkan flek hitam dan membuat kulit lebih cerah secara bertahap. Sebaiknya gunakan krim pencerah kulit dengan resep dokter yang lebih aman.

 

Kenapa Flek Hitam di Wajah Tambah Banyak?

Flek hitam di wajah bisa terus bertambah seiring dengan pertambahan usia karena merupakan dampak dari paparan sinar ultraviolet yang berkelanjutan. Ini terjadi terutama bila tak ada upaya khusus untuk mengetahui penyebab flek hitam di wajah dan cara mengatasinya.

Baca Juga:  Gangguan Kulit pada Batita

Bahkan bisa jadi flek atau bercak gelap mulai muncul di area kulit selain wajah, khususnya yang tidak terlindungi oleh pakaian. Pada lansia, bercak ini kerap dijumpai di tangan dan kaki. Penyebab flek hitam di wajah dan di tangan-kaki itu sama, yakni radiasi sinar ultraviolet secara terus-menerus.

 

Pencegahan

Meski flek hitam umum terjadi, ada sejumlah cara untuk mencegahnya. Di antaranya:

  • Membatasi atau menghindari aktivitas di luar rumah saat matahari bersinar terik, khususnya pada pukul 09.00-14.00
  • Mengenakan tabir surya SPF 30-50 bila beraktivitas di luar ruangan saat siang hari
  • Memakai pelindung wajah ketika berkegiatan di bawah sinar matahari, seperti topi dan masker
  • Menjalani perawatan wajah secara rutin untuk mendorong regenerasi sel kulit yang sehat dan membuang sel kulit mati
  • Membatasi penggunaan gadget
  • Menerapkan pola makan gizi seimbang
  • Berolahraga secara teratur

 

Kapan Harus ke Dokter?

Flek hitam secara umum berhubungan dengan radiasi sinar ultraviolet dan tidak membahayakan. Tapi bila Anda tidak yakin ketika melihat ada bercak gelap pada wajah, sebaiknya datangi dokter untuk memastikan apa penyebab flek hitam di wajah itu. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik serta menjalankan prosedur biopsi atau tindakan lain untuk menegakkan diagnosis. Terutama bila flek hitam itu mengalami perubahan bentuk dan warna serta tidak rata. Sebab, ada kemungkinan bercak yang muncul itu merupakan tanda kanker kulit melanoma yang serius dan butuh tindakan secepatnya.

 

Reviewed by

drMartha SaulinaSp.KK

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Primaya Hospital Tangerang

Referensi:

  • Pigmentation effects of blue light irradiation on skin and how to protect against them. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7496068/. Diakses 8 September 2022
  • Hyperpigmentation Therapy: A Review. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4142815/. Diakses 8 September 2022
  • Latest Insights into Skin Hyperpigmentation. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0022202X15526651. Diakses 8 September 2022
  • Hyperpigmentation. https://www.aocd.org/page/Hyperpigmentation. Diakses 8 September 2022
  • Management of hyperpigmentation: Current treatments and emerging therapies. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/pcmr.12986?af=R. Diakses 8 September 2022
  • Age spots (liver spots). https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/age-spots/symptoms-causes/syc-20355859. Diakses 8 September 2022
Bagikan ke :

Buat Janji Dokter

Promo

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.