• Emergency
  • 150 108

Efektivitas Angkak Sebagai Obat Tradisional Demam Berdarah

Efektivitas Angkak Sebagai Obat Tradisional Demam Berdarah

Indonesia dikenal memiliki berbagai macam obat tradisional untuk beberapa penyakit tertentu. Untuk demam berdarah, misalnya, ada angkak atau beras ragi merah yang dipercaya dapat menjadi obat. Dalam sejumlah penelitian, konsumsi angkak sejalan dengan peningkatan jumlah trombosit pada pasien demam berdarah. Angkak juga sering dikombinasikan dengan bahan makanan lain yang dipercaya sebagai obat, terutama jambu biji.

 


Mengenal Angkak

Angkak adalah hasil budi daya beras putih yang difermentasi dengan ragi Monascus purpureus sehingga warnanya menjadi merah. Karena itu, angkak juga disebut beras ragi merah. Budi daya ini berasal dari negeri Cina dan menyebar ke banyak negara, termasuk Indonesia. Di negeri asalnya, angkak merupakan salah satu obat tradisional yang dipercaya punya banyak khasiat. Beberapa olahan angkak pun digunakan untuk membuat masakan Cina, seperti bebek Peking yang warnya kemerahan.

Angkak juga dijual sebagai suplemen makanan yang antara lain berfungsi sebagai penurun kadar kolesterol. Angkak memang mengandung zat monacolin dari ragi yang secara kimiawi identik dengan bahan aktif obat penurun kolesterol lovastatin. Zat ini bekerja menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengurangi produksi kolesterol oleh hati. Zat monacolin K juga secara spesifik dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan adaptabilitas pembuluh darah.

Kadar kolesterol tinggi adalah faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Ketika kadar kolesterol dalam darah tinggi, pembuluh darah bisa menyempit atau mengeras sehingga memperbesar risiko serangan jantung serta stroke. Sebagai obat alami, angkak juga didapati punya efek samping yang lebih sedikit daripada beberapa obat-obatan resep dokter.

Sejumlah penelitian juga menemukan manfaat angkak dalam mencegah penyakit atau gangguan metabolisme serta mampu meredakan peradangan. Sebuah studi terhadap tikus pun mendapati bukti yang menyatakan angkak dapat membantu menurunkan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

 

Bisakah Angkak Dijadikan Obat Peningkat Trombosit untuk Pasien Demam Berdarah?

Di Indonesia, angkak diyakini bisa menaikkan kadar trombosit pasien demam berdarah. Berdasarkan sebuah penelitian, sejumlah pasien yang mengonsumsi angkak saat dirawat di rumah sakit karena demam berdarah didapati menunjukkan peningkatan jumlah trombosit yang lebih banyak daripada pasien yang tak mengonsumsi angkak. Penelitian lain menemukan trombosit tikus yang diberi angkak naik drastis hingga lebih dari 150 persen dibanding tikus yang tak diberi angkak.

Baca Juga:  Penyandang Diabetes Berpuasa, Bolehkah?

Pada dasarnya, pasien demam berdarah bisa mengonsumsi angkak selama memahami efek sampingnya. Efek samping angkak antara lain:

  • Perut terasa tidak nyaman
  • Ada sensasi panas di bagian atas perut dekat dada
  • Peningkatan jumlah gas di perut
  • Sakit kepala

Angkak juga berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Kandungan lovastatin dalam angkak berisiko membuat bayi lahir cacat dan mempengaruhi kualitas air susu ibu. Sebuah studi juga mendapati angkak mengandung kontaminan bernama sitrinin yang bisa menyebabkan gangguan hati. Meski begitu, penelitian terbaru terhadap sejumlah produk angkak tak menemukan kandungan sitrinin di dalamnya.

 

Kombinasi Angkak dan Jambu Biji untuk Obat Demam Berdarah

Sebagai obat tradisional demam berdarah, angkak kerap dikombinasikan dengan jambu biji merah. Keduanya sama-sama dipercaya bisa membantu peningkatan jumlah trombosit yang cenderung menurun pada pasien demam berdarah. Jambu biji mengandung vitamin C yang membantu menggenjot sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi virus dengue penyebab demam berdarah.

Selain itu, ada kandungan aktif trombinol yang bisa merangsang hormon trombopoietin di ginjal dan hati untuk meningkatkan jumlah produksi trombosit di dalam tubuh. Ada pula kandungan senyawa antioksidan kuersetin yang dapat melawan infeksi virus. Kandungan jambu biji merah lain yang bermanfaat dalam penyembuhan pasien demam berdarah adalah mineral fosfor yang dapat memperbaiki jaringan pembuluh darah yang mengalami kerusakan akibat infeksi.

Pasien demam berdarah dapat mengonsumsi angkak dan jambu biji dalam bentuk minuman ataupun makanan. Angkak biasanya diolah sebagai sup hangat. Selain membantu meningkatkan kadar trombosit, sup hangat angkak bisa menambah selera makan dan menghangatkan tubuh pasien. Pasien demam berdarah umumnya mengalami penurunan nafsu makan.

Baca Juga:  Gejala dan Pencegahan ISPA

Adapun jambu biji umumnya dikonsumsi sebagai jus. Sebaiknya tidak menambahkan gula, susu, atau kental manis pada jus jambu biji. Lebih baik lagi jika makan buah jambu segar langsung tanpa diolah. Khasiat jambu biji bisa didapatkan secara maksimal jika dikonsumsi tanpa tambahan bahan lain.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Pasien demam berdarah pada umumnya mesti menjalani rawat inap di rumah sakit. Dengan begitu, kondisinya lebih mudah dipantau. Ketika terjadi penurunan kondisi, dokter dan tim medis bisa segera mengambil tindakan yang diperlukan. Sebab, ada kemungkinan pasien mengalami demam berdarah serius yang lebih membahayakan daripada demam berdarah biasa yang gejalanya lebih ringan. Bila merasakan gejala demam berdarah serius seperti perdarahan di gusi atau hidung, muntah darah, sakit perut hebat, tubuh lemas, dan suhu tubuh naik turun, sebaiknya pasien tak menunda untuk datang ke rumah sakit.

 

Reviewed by:

dr. Mohammad Irfan SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam

 

Referensi:

Red Yeast Rice: Benefits, Side Effects and Dosage. healthline.com/nutrition/red-yeast-rice. Diakses 3 April 2022

Combination of Angkak (Red Yeast Rice), Red Guava (Psidium guajava Linn) Leaf Extract and Red Guava Fruit Juice Increase Thrombocyte in Quinine-Exposed Rats. http://iosrphr.org/papers/v5i4/A0540106.pdf. Diakses 3 April 2022

Red yeast rice supplement “has the potential to cause” liver damage, doctors warn. https://www.bmj.com/company/newsroom/red-yeast-rice-supplement-has-the-potential-to-cause-liver-damage-doctors-warn/. Diakses 3 April 2022

Penggunaan suplemen bahan alam oleh pasien demam. http://ejournal.litbang.kemkes.go.id/index.php/toi/article/download/7081/5359. Diakses 3 April 2022

Manfaat Angkak terhadap Kenaikan Trombosit pada Penderita DBD. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/viewFile/905/813. Diakses 3 April 2022

Bagikan ke :

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.