• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kiri yang Tidak Boleh Disepelekan

Nyeri perut sebelah kiri umumnya bagian dari gejala penyakit asam lambung maupun kembung. Namun, dalam beberapa kondisi kondisi nyeri semacam ini juga patut Anda waspadai karena dapat berisiko terjadinya penyakit serius.

Sejatinya, ada cukup banyak hal yang mendasarinya terjadinya nyeri perut pada bagian kiri atas maupun bawah. Apabila Anda ingin tahu selengkapnya, maka cek dulu rinciannya berikut ini.

buat jani dokter primaya

Pengertian

Nyeri perut sebelah kiri

Nyeri perut sebelah kiri adalah kondisi di mana terjadi ketidaknyamanan pada bagian perut kiri atas maupun kiri bawah. Walau sering dianggap sepele, namun kondisi ini bisa menjadi tanda dari suatu penyakit serius.

Organ yang terletak di area sekitar perut bagian kiri atas meliputi lambung, limpa, ginjal kiri, pankreas, hati (bagian kiri), hingga kelenjar adrenal. Sementara pada bagian perut kiri bawah terdapat usus besar serta ovarium.

Mengingat banyaknya organ yang terletak di bagian ini, maka potensi penyakit yang mendasari nyeri semacam ini juga banyak. Jadi, dokter umumnya akan mendiagnosis secara menyeluruh guna mengetahui kondisi atau penyebab yang mendasarinya.

Beberapa contoh penyakit yang berhubungan dengan nyeri perut bagian kiri atas adalah kenaikan asam lambung, radang usus besar, devertikulitis, hingga hernia. Apabila kondisi ini tidak sembuh selama beberapa hari atau beberapa minggu, maka Anda harusĀ  mengunjungi dokter untuk pemeriksaan.

Kondisi Nyeri perut sebelah kiri
Gejala Utama Nyeri atau sakit pada perut bagian kiri
Dokter Spesialis Penyakit dalam
Penyebab Utama Gangguan organ yang berkaitan
Diagnosis Pemeriksaan fisik, wawancara medis, serta tes tahap lanjut
Faktor Risiko Tergantung penyakit yang mendasarinya
Pengobatan Sesuai dengan kondisi atau penyakit yang mendasarinya
Pencegahan Mengurangi faktor risiko

Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kiri

Nyeri perut sebelah kiri

Mengacu pada laman Cleveland Clinic, bahwa penyebab nyeri perut sebelah kiri bisa diakibatkan oleh beberapa hal yang meliputi:

1. GERD (Refluks Asam Lambung)

Seringkali, nyeri perut sebelah kiri atas merupakan gejala dari GERD atau refluks kenaikan asam lambung. Seseorang dapat dikatakan menderita GERD apabila dalam satu minggu terjadi lebih dari 2x kenaikan asam lambung tersebut. Ciri-cirinya yaitu nyeri ulu hati, panas, sakit perut, dan rasa gatal dan mengganjal pada tenggorokan.

Baca Juga:  BAB Berdarah: Gejala, Mencegah dan Mengobati

2. Kembung

Kembung merupakan proses terjebaknya gas di dalam usus maupun lambung. Bila gas yang dihasilkan dari proses pencernaan ini tidak dapat bergerak dalam usus, maka akan membuat perut terasa nyeri, melilit, begah, perut membesar, hingga kentut berlebih.

3. Gastritis

Berbeda dengan GERD, gastritis merupakan radang lambung yang terjadi akibat produksi asam lambung berlebih. Jadi, GERD sendiri bisa menjadi penyebab dari gastritis. Namun kondisi lain seperti infeksi bakteri H. Pylori maupun konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa mengakibatkan gejala yang sama.

4. Pankreatitis Akut

Saat pankreas tiba-tiba mengalami peradangan, maka hal itu disebut sebagai pankreatitis akut. Umumnya, akan timbul rasa nyeri di bagian perut kiri atas yang lama kelamaan menjalar hingga area punggung. Jika tidak ditangani dengan baik, bahkan dapat menyebar ke organ dalam lainnya.

5. Sindrom Iritasi Usus Besar

Disebut juga IBS, kondisi ini merupakan masalah pada usus besar yang gejalanya seolah-olah usus sedang mengalami iritasi padahal tidak. Gejala yang muncul yaitu sakit perut, nyeri, kadang sembelit kadang diare, kembung, dan sering kentut.

6. Angina

Angina merupakan nyeri bagian dada kiri atas hingga perut kiri atas karena otot jantung kekurangan oksigen. Jadi, senasi yang muncul seperti dada sedang diremas disertai dengan nyeri menusuk, dan rasa tidak nyaman di perut kiri atas, leher, maupun rahang.

7. Hernia

Apabila jaringan dinding otot perut lemah, maka usus maupun jaringan lunak dalam perut bisa menembusnya sehingga membentuk tonjolan. Kondisi ini akan lebih terasa nyerinya saat mengangkat beban berat, batuk-batuk, maupun membungkuk.

Baca Juga:  Hepatitis E: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

8. Kehamilan Ektopik

Yaitu kehamilan di luar rahim. Kondisi ini mengakibatkan ibu hamil mengalami rasa sakit pada perut, nyeri payudara, hingga perdarahan vagina.

9. Kolitis Ulseratif

Jenis jenis penyakit berupa peradangan usus besar. Kondisi ini mengakibatkan rasa sakit perut sebelah kiri, demam, penurunan berat badan, hingga diare berlendir yang kadang terdapat darah.

10. Divertikulitis

Saat kantong-kantong kecil pada usus mengalami inflamasi atau peradangan, maka itu bisa menjadi kondisi divertikulitis. Selain nyeri, kondisi yang sering dirasakan berupa demam dan feses berdarah.

11. Penyakit Ginjal

Beberapa gangguan ginjal seperti batu ginjal, infeksi ginjal, maupun gagal ginjal bisa berakibat pada rasa sakit di perut, mual, nyeri di area pangkal paha, hingga demam yang berkepanjangan.

12. Kista Ovarium

Merupakan penyakit kista atau kantong cairan nanah yang terletak di ovarium. Walaupun kebanyakan tidak menimbulkan gejala, namun bila pecah bisa mengakibatkan sakit perut bagian kiri dan juga bagian panggul.

Cara Mengatasi Nyeri Perut Sebelah Kiri

Mengutip dari laman Victoria State Gov, bahwa ada beberapa metode yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri semacam ini. Berikut ini contohnya:

  • Perbanyak minum air putih
  • Kurangi alkohol, kopi, teh, atau soda
  • Mandi air hangat
  • Istirahat cukup
  • Konsumsi obat maag
  • Konsumsi pereda nyeri
  • Hindari makanan pemicu

Kapan Harus ke Dokter?

Segera periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam apabila gejala nyeri perut sebelah kiri tidak kunjung hilang dalam waktu 1 minggu. Semakin cepat berkunjung ke dokter, maka semakin cepat pula penanganan yang dilakukan sehingga tidak terjadi komplikasi yang berbahaya.

Narasumber:

dr. Andalia Fitri, Sp. PD

Spesialis Penyakit Dalam

Primaya Hospital Bekasi Utara

Referensi:

  • Left Lower Abdominal Pain. https://patient.info/signs-symptoms/left-lower-quadrant-pain. Dikutip pada 28 Februari 2024.
  • Irritable Bowel Syndrome. https://gi.org/topics/irritable-bowel-syndrome/. Dikutip pada 28 Februari 2024.
  • Ovarian cysts. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ovarian-cysts/symptoms-causes/syc-20353405. Dikutip pada 28 Februari 2024.
  • Ectopic pregnancy. https://www.nhs.uk/conditions/ectopic-pregnancy/. Dikutip pada 28 Februari 2024.
  • Upper Abdominal Pain. https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/24736-upper-abdominal-pain. Dikutip pada 28 Februari 2024.
  • Abdominal pain in adults. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/abdominal-pain-in-adults#treatment-for-abdominal-pain-in-adults. Dikutip pada 28 Februari 2024.
Share to :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.